Profil Immanuel Ebenezer, dari Relawan Jokowi Hingga Bela Ganjar Jadi Capres

| 08 Feb 2023 17:05
Profil Immanuel Ebenezer, dari Relawan Jokowi Hingga Bela Ganjar Jadi Capres
Profil Immanuel Ebenezer (Antara)

ERA.id - Artikel ini akan membahas profil Immanuel Ebenezer dan beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui.

Di tahun 2022 lalu Immanuel Ebenezer (Noel) dicopot dari Komisaris Utama PT Mega Elektra, anak usaha PT Pupuk Indonesia. Sebelumnya ia dikenal sebagai ketua relawan Jokowi Mania.

Fakta dan Profil Immanuel Ebenezer

  1. Biodata

Nama: Immanuel Ebenezer

Nama lengkap: Immanuel Ebenezer Gerungan

Nama julukan: Noel

Tempat Tanggal Lahir: Riau, 22 Juli 1975

Riwayat Pendidikan: pendidikan sarjana bidang sosial di Universitas Satya Negara Indonesia

  1. Pernah Diangkat Menjadi Komisaris

Noel pernah diangkat menjadi komisaris oleh Erick Thohir pada Juni 2021 silam. Noel mendapatkan kursi jabatan di PT Mega Eltra yang merupakan anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia.

PT Mega Eltra bergerak di berbagai bidang usaha seperti perdagangan hingga jasa pembangunan konstruksi.

Perlu diketahui, PT Mega Eltra merupakan anggota holding perusahaan pelat merah yakni PT Pupuk Indonesia (Persero). Perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan, jasa konstruksi dan keagenan, hingga industri cat.

  1. Relawan Jokowi

    Immanuel Ebenezer (Noel) bersama Presiden Jokowi (Ist)

Noel pada tahun 2019 lalu pernah terlibat dalam sebuah kelompok relawan presiden Joko Widodo yang bernama kelompok Jokowi Mania (JoMan) saat maju dalam Pilpres 2019.

Perlu diketahui, Noel terlibat dalam kampanye yang mendukung calon Presiden Joko Widodo beserta wakilnya, Ma'ruf Amin. Pada waktu itu Noel berposisi sebagai ketua dalam kelompok tersebut.

  1. Saksi dalam Persidangan Munarman

    Immanuel Ebenezer Pernah Bersaksi untuk Munarman (Ilham/era.id)

Noel menjadi viral dan mencuat ke publik dan media setelah menjadi saksi yang meringankan Munarman dalam sidang kasus tindak pidana terorisme yang digelar pada tanggal 23 Februari 2022 di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

  1. Aktif Membela Ganjar Pranowo

Setelah membela Jokowi, Noel kemudian aktif memberikan dukungan pada gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Noel memberikan dukungan agar Ganjar menjadi calon presiden pada pemilihan umum 2024.

  1. Konflik dengan Politisi PDIP

Perlu diketahui, meskipun mendapat dukungan namun Ganjar belum diusung secara resmi oleh KPU. Dukungan Noel tersebut diberikan lantaran keanggotaannya dalam kelompok Jokowi Mania.

Lantaran hal tersebut, Noel sempat menuai konflik internal dengan politikus PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu. Konflik dimulai setelah berdebat panas soal mengusung Ganjar sebagai calon presiden melalui kelompok yang bukan merupakan partai politik.

  1. Harta Kekayaan

Dikutip dari kompas (dari laman elhkpn.kpk.go.id), Noel memiliki harta kekayaan sebesar Rp 2.960.334.005 per 24 Maret 2021. Di antara hartanya, tanah dan bangunan di Kota Depok, Jawa Barat menjadi penyumbang terbesar dengan total Rp 2,2 miliar.

Noel diketahui juga memiliki dua buah mobil dan tiga buah motor yang totalnya Rp 634 juta. Ada pula harta bergerak lain dan kas yang masing-masing bernilai Rp 108.500.000 dan Rp 17.834.005.

Berikut rincian harta kekayaan Immanuel Ebenezer, dikutip dari elhkpn.kpk.go.id:

●        Tanah dan Bangunan Seluas 83 meter persegi/83 meter persegi di Depok, hasil sendiri senilai Rp 700 juta.

●        Tanah dan Bangunan Seluas 160 meter persegi/160 meter persegi di Depok, hasil sendiri senilai Rp 1,5 miliar.

●        Mobil Mitsubishi Pajero Tahun 2020, hasil sendiri senilai Rp 500 juta.

●        Mobil Kia Picanto Tahun 2015, hasil sendiri senilai Rp 100 juta.

●        Motor Honda Beat Tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 11 juta. Motor Honda Spacy Tahun 2011, hasil sendiri senilai Rp 6 juta.

●        Motor Yamaha NMAX Tahun 2015, hasil sendiri senilai Rp 17 juta.

●        Harta bergerak lainnya senilai Rp 108,5 juta.

●        Kas dan setara kas senilai Rp 17.834.005.

Selain profil Immanuel Ebenezer, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi