Profil Ronny Talapessy Pengacara Bharada E, Pernah Tangani Kasus Ahok

| 16 Feb 2023 20:08
Profil Ronny Talapessy Pengacara Bharada E, Pernah Tangani Kasus Ahok
Ronny Talapessy (Rizky AP-VOI)

ERA.id - Ronny Talapessy menitikan air mata haru usai Richard Eliezer Pudhilang Lumiu mendapat vonis 1 tahun dan enam bulan penjara. Pengacara Bharada E tersebut merasa senang karena vonis kliennya lebih ringan. 

Ronny Talapessy memang menjadi sosok yang disorot oleh masyarakat dalam persidangan kasus pembunuhan Brigadir J oleh Ferdy Sambo. Profil dari Ronny Talapessy pun banyak dicari oleh publik. 

Pada saat persidangan terdakwa Bharada E di PN Jakarta Selatan pada Rabu (15/2) Ronny mendampingi kliennya dan menyimak putusan yang dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim. Ronny terlihat bahagian penuh keharuan saat mendengar vonis yang diberikan kepada kliennya lebih ringan dari tuntutan jaksa. 

Ronny Talapessy menjadi sosok penting yang membuat Bharada E berani mengungkapkan kebenaran dalam kasus tersebut. Lantas seperti apa profil Ronny Talapessy dan pengalamannya sebagai pengacara?

Profil Ronny Talapessy

Ronny Talapessy merupakan seorang pengacara yang juga politisi dari PDI Perjuangan. Sebelum menjadi pengacara dalam kasus pembunuhan Brigadir J, Ronny pernah menangani sejumlah kasus penting. 

Ronny Talapessy (Rizky Adytia-VOI) 

Pengacara bernama lengkap Ronny Berty Talapessy tersebut lahir di Maluku pada 10 Oktober 1984. Ronny Talapessy menempuh pendidikan sarjana hukum di Universitas Atmajaya Jakarta. Ia juga memiliki gelar Magister Hukum dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Ronny juga menempuh program studi doktor di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Dalam keorganisasian, Ronny Talapessy tergabung sebagai anggota di Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin). Selain itu, ia juga aktif di Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi). 

Sepak Terjang Ronny Talapessy sebagai Pengacara

Nama Ronny Talapessy mulai dikenal ketika menjadi salah satu kuasa hukum mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama. Selain itu, ia juga mempunyai pengalaman menangani permasalahan hukum yang penting lainnya. 

Tim Kuasa Hukum Ahok

Ronny Talapessy menjadi salah satu anggota dalam tim pengacara Basuki Tjahja Purnama alias Ahok pada tahun 2016. Pada waktu itu, ia menangani kasus dugaan penistaan agama dengan nama Ahok sebagai terlapornya. 

Kuasa Hukum Korban Tabrakan Maut Tugu Tani

Ronny juga pernah menangani kasus tabrakan maut di Tugu Tani yang menewaskan sebanyak sembilan orang. Ronny dipercaya menjadi pengacara hukum keluarga korban kecelakaan maut yang terjadi di Jakarta Pusat tersebut. 

Pengacara Tio Pakusadewo

Ronny Talapessy juga pernah ditunjuk sebagai pengacara aktor kawakan Tio Pakusadewo. Ronny dipercaya untuk menjadi pengacara dalam kasus narkoba yang menjerat Tio Pakusadewo. Namun dalam penanganan kasus tersebut ia mengundurkan diri. 

Ronny Talapessy Aktif sebagai Politisi

Ronny Talapessy juga aktif sebagai kader PDIP. Ronny pernah mencalonkan diri sebagai anggota legislatif PDIP dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten II pada tahun 2019. Pada waktu itu, ia maju dengan membawa Program Pegacara Desa yang bertujuan menghadirkan hukum secara nyata dalam bentuk advokasi masyarakat untuk mewujudkan keadilan sosial.

Pada tahun yang sama, Ronny Talapessy ditunjuk menjadi Wakil Ketua Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan PDIP ProvinSI DKI Jakarta. Jabatan tersebut ia emban sampai tahun 2024 mendatang. Selain itu, Ronny juga pernah memegang jabatan sebagai Ketua Bidang Hukum dan HAM dalam organisasi sayap PDIP.

Ronny Talapessy Ditunjuk sebagai Kuasa Hukum Bharada E

Ronny Talapessy ditunjuk sebagai pengacara ketiga yang mendampingi Bharada E, setelah Nahot Silitonga dan Deolipa Yumara. Ronny menjadi kuasa hukum ditunjuk langsung oleh keluarga Bharada E.

Ronny Talapessy merasa terpanggil untuk mendampingi Bharada E karena melihat posisi lemah kliennya sebagai polisi dengan pangkat paling rendah. Ronny pernah mengatakan bahwa dirinya hadir sebagai prodeo atau memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma.

Ronny menyampaikan rasa terima kasih kepada Majelis Hakim karena telah mengambil keputusan yang menurutnya adil. Ia mengatakan bahwa keputusan hakim telah mewakili rasa keadilan banyak orang dan keadilan bagi Bharada E. 

Demikianlah ulasan mengenai profil Ronny Talapessy pengacara dari Bharada E. Ronny merasa puas dengan vonis hakim dan mengatakan bahwa putusan tersebut sesuai dengan targetnya. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi