Profil Andhi Pramono Ketua Bea Cukai Makassar, Tengok Harta Kekayaannya

| 09 Mar 2023 15:03
Profil Andhi Pramono Ketua Bea Cukai Makassar, Tengok Harta Kekayaannya
Andhi Pramono (foto dari Antara)

ERA.id -Nama Andhi Pramono Kepala Bea Cukai Makassar tengah menjadi sorotan publik. Mencuatnya sosok Andhi Pramono menjadi perbincangan masyarakat merupakan buntut pemeriksaan beberapa pejabat atas kekayaannya. Banyak orang penasaran dengan profil Andhi Pramono. 

Akhir-akhir ini banyak pejabat yang diperiksa karena memiliki kekayaan yang fantastis dan suka pamer gaya hedon. Kasus ini merupakan efek domino dari aksi penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy Satriyo anak Rafael Alun Trisambodo mantan pejabat DJP.  

Setelah Rafael Alun diperiksa oleh Kemenkeu dan PPATK, publik berlanjut menyoroti Eko Darmanto Kepala Bea Cukai Yogyakarta yang sering pamer kekayaan. Kini giliran Andhi Pramono yang tengah dikorek harta kekayaannya. Seperti apa profil Andhi Pramono?

Profil Andhi Pramono

Andhi Pramono saat ini menjabat sebagai Ketua Bea Cukai Makassar, Sulawesi Selatan. Namanya mencuat setelah netizen menyoroti anaknya yang kerap pamer barang-barang branded. 

Andhi ternyata berasal dari Kota Salatiga, Jawa Tengah. Pria berusia 47 tahun ini merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Berdasarkan video wawancara di akun YouTube 55 TV, Andhi tumbuh di keluarga yang sederhana. Ayahnya bekerja sebagai guru, dan ibunya adalah ibu rumah tangga (IRT).

Masa kecil Andhi Pramono dihabiskan di kampung halamannya. Ia menempuh pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Salatiga. Lulus dari SMA, Andhi melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) mengambil jurusan Bea Cukai. 

Karier Andhi Pramono

Andhi Pramono (foto dari Antara)

Andhi Pramono memulai kariernya setelah lulus dari STAN. Ia mulai bekerja di Bea Cukai Batam pada tahun 1997. Andhi Pramono juga pernah memegang jabatan penting, di antaranya Kepala Bidang Kepabeaan  dan Cukai Kantor Wilayah DJBC Jakarta, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Teluk Bayur.

Selain itu, Andhi Pramono juga pernah dipercaya menjadi Kepala Seksi Penindakan di Kantor WIlayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Kepulauan Riau, Kepala Seksi Pabean dan Cukai V Kantor Pengawasan dan pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Palembang. 

Kekayaan Andhi Pramono

Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN),  total harta kekayaan Andhi Pramono yakni mencapai Rp15.753.365.726. Jumlah kekayaan tersebut dilaporkan pada 16 Februari 2023. Kekayaannya berasal dari beberapa sumber. 

Kekayaan Andhi Pramono secara rinci, yakni 13 alat transportasi dan mesin yang bernilai Rp1.846.800.000, aset tanah dan bangunan senilai Rp6.989.727.200, harta bergerak Rp706.500.000, surat berharga Rp2.995.829.885 dan juga kas dan setara kas senilai Rp1.214.508.641.

Netizen mulai mengkorek kekayaan Andhi Pramono saat mendapati anak dari kepala Bea Cukai Makassar ini sering memakai pakaian mewah branded. Netizen pun meminta kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mengawal dan mengecek harta Andhi Pramono. 

PPATK telah merespon permintaan banyak netizen untuk memeriksa kekayaan Andhi Pramono. Hasil analisis harta kekayaan Andhi Pramono telah diserahkan PPATK ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ya, kami sudah kirim HA ke KPK sejak awal 2022-an yang bersangkutan," kata Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, pada Rabu (8/3).

Saat ditanya apakah Andhi Pramono terindikasi melakukan perbuatan nominee, Ivan tidak menampik. Ivan hanya menyebutkan bahwa dugaannya demikian. Namun dirinya tidak menjelaskan terkait pemblokiran rekening Andhi Pramono. 

Beredar sebuah video yang menampilkan rumah mewah yang diduga kuat adalah huniannya Andhi Pramono. Rumah elit tersebut berada di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Sebuah akun Twitter @PartaiSocmed mengupload video yang berisi rekaman rumah mewah Andhi Pramono. Hunian tersebut berdiri mewah bagaikan istana.

Putri Andhi, Atasya Yasmine, juga ikut menjadi perbincangan karena sering pamer gaya hidup mewah. Atasya kerap mengunggah foto dirinya memakai pakaian branded di media sosial. 

"Ini tolong dikawal ya tuips! Info terakhir yg kami terima ybs sedang sibuk 'lobby' para anggota DPR, pejabat Bea Cukai dan Kemenkeu agar tidak kena kasus," tulis akun Twitter @PartaiSocmed.

Demikianlah profil Andhi Pramono Ketua Bea Cukai Makassar yang tengah disorot netizen atas kekayaannya. PPATK telah memeriksa harta kekayaan Andhi Pramono dan namun belum mengungkapkan secara detail mengenai ada tidaknya tindak nominee. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi