Spesifikasi Patung Garuda IKN yang Setara dengan Hampir 300 Gajah

| 21 Jul 2023 20:05
Spesifikasi Patung Garuda IKN yang Setara dengan Hampir 300 Gajah
Ilustrasi patung garuda IKN. (Foto: istimewa).

ERA.id - Pengerjaan patung garuda yang rencananya akan dipasang di Kantor Presiden yang berlokasi di Ibu Kota Negara (IKN) sedang dipercepat. Seniman atau pematung yang diamanahkan untuk membuat ikon dari IKN tersebut adalah Nyoman Nuarta asal Bali. Lantas bagaimanakah spesifikasi Patung Garuda IKN ini?

Nyoman mengerjakan pembuatan patung garuda itu di workshop miliknya, tepatnya di NuArt Sculpture Park Bandung. Hingga saat ini, pengerjaan pun sedang dalam proses. Sejak bulan Februari 2023, Nyoman menyediakan tempat khusus untuk menggarap mahakarya tersebut.

Patung garuda IKN ini terdiri dari bahan utama ribuan lembar pelat kuningan dan baja yang memenuhi ruang workshop Nyoman. Bahan-bahan tersebut dibentuk dengan mengikuti desain dari patung Garuda IKN.

Ilustrasi IKN (Foto via Twitter KSP)

Spesifikasi Patung Garuda IKN

Menurut Nyoman, pengerjaan patung garuda IKN ini dibagi menjadi 17 segmen. Adapun pada saat ini, sedang dilakukan pengerjaan bilah selubung tengah.

Nyoman menyebutkan, patung garuda IKN dibangun dengan sebanyak 4.854 bilah selubung, dan satu selubungnya mempunyai massa seberat 0,3 ton. Jika ditotal secara keseluruhan, patung garuda IKN memiliki bobot 1.456 ton. Berat tersebut setara dengan 290 ekor gajah, jika per ekor gajahnya mempunyai berat 300-500 kilogram.

Untuk merampungkan pengerjaan ribuan bilah selubung itu, dalam sehari Nyoman mampu mengerjakan 70-100 bilah rata-rata. Dengan demikian, dibutuhkan waktu selama 464 hari atau 15,5 bulan untuk menyelesaikan patung garuda IKN.

"Berat total selubung ini bisa disamakan dengan berat 290 Gajah. Dalam satu hari, kami bisa memproduksi 70 bilah selubung. Target selesai produksi bilah Januari 2024," jelasnya.

Memiliki Panjang 230 Meter

Adapun untuk panjangnya, jika dihitung dari ujung sayap kiri ke ujung sayap kanan, patung garuda mempunyai panjang 230 meter. Dengan kata lain, nantinya patung garuda ini akan menyelimuti kantor Presiden Indonesia.

Nyoman juga menjelaskan alasan pemilihan bahan kuningan dan baja untuk pembuatan patung garuda IKN. Dua bahan tersebut, menurut Nyoman paling tahan terhadap cuaca.

"Bahan antikarat, beberapa waktu akan karatan dulu. Tapi lama-lama akan berubah. Ini kuningan ada campuran timah, bahan dasar kan tembaga dicampur dan ada logam lain," ungkapnya.

Demikianlah ulasan tentang spesifikasi patung garuda IKN yang masih dalam proses pengerjaan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi