Profil Ahmad Ridha Sabana, Ketua Umum Partai Garuda

| 16 Oct 2023 15:05
Profil Ahmad Ridha Sabana, Ketua Umum Partai Garuda
Ahmad Ridha Sabana (Foto: Istimewa)

ERA.id - Partai Garuda, atau yang singkatan dari Partai Gerakan Perubahan Indonesia, merupakan partai politik Indonesia yang mempunyai sejarah perjalanan yang cukup menarik. Partai ini dikepalai oleh ketua umum yang memberikan peran dalam mengarahkan partai menuju tujuan politiknya. Dalam artikel ini akan dibahas profil Ahmad Ridha Sabana.

Berawal dari Partai Kerakyatan Nasional (PKN)

Partai Garuda merupakan bentukan nama baru dari Partai Kerakyatan Nasional (PKN), yang sebelumnya didirikan oleh Harmoko, seorang mantan Ketua Umum Golkar, Menteri Penerangan, dan Ketua DPR/MPR RI periode 1997-1999.

Transformasi partai ini sendiri merupakan perkembangan dan evolusi partai dalam dunia perpolitikan Indonesia.

Perjalanan Perolehan Dukungan Partai Garuda

Secara resmi, Partai Garuda didirikan pada tahun 2015 dan pada tahun 2019 turut berpartisipasi dalam Pemilihan Umum. Meskipun belum berhasil memperoleh wakil di DPR RI, partai ini berhasil menempatkan wakil di beberapa DPRD tingkat provinsi ataupun kabupaten/kota.

Sekjen DPP Garuda Johanna Murtika (kiri) Ketua DPD Garuda Kalteng, Hamidan/ANTARA/Ronny NT

Profil Ahmad Ridha Sabana, SE

Ahmad Ridha Sabana lahir pada 22 Januari 1972, dan merupakan seorang pengusaha dan politikus Indonesia. Ahmad Ridha Sabana aktif dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pusat dan menjadi nominasi sebagai ketua KNPI untuk periode 2011-2014. Saat ini dirinya menjabat sebagai Ketua Umum Partai Garuda, jabatan yang diamanahkan untuknya pada tahun 2015 sejak partai politik tersebut didirikan.

Sejak tahun 2014, ia juga menjabat sebagai presiden direktur jaringan televisi komersial PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia (TPI), milik Siti Hardiyanti Rukmana (Tutut), putri sulung Soeharto. Saat menjabat sebagai presiden direktur TPI, Ridha memberikan dukungan terhadap kepemilikan jaringan Tutut melawan tantangan hukum oleh taipan media Hary Tanoesoedibjo. Namun, pada Februari 2018, Ridha menjelaskan kepada wartawan bahwa dia tidak lagi menjabat sebagai direktur utama TPI.

Ridha juga tercatat sebagai pemilik Gala Group, yang di bawahnya terdiri dari beberapa perusahaan: Gala Galaatama (kontraktor, perdagangan dan pemasok), Gala Jayatama (penyuplai dan integrator sistem), Gala Griyatama (real estate), dan Gala Surya Karyatama (industri kimia). Sejak tahun 2009, Ridha tercatat sebagai Presiden Direktur di sebuah perusahaan bernama Lintas Technologies.

Selanjutnya pada tahun 2014, Ridha mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD DKI Jakarta, mewakili Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) di Jakarta Timur, walaupun secara administratif alamatnya tercatat di Jakarta Selatan. Dalam pencalonan tersebut, Ridha memperoleh 3.691 suara.

Peran dan Pengaruh Partai Garuda

Walaupun Partai Garuda belum berhasil mendapatkan wakil di DPR RI, peran partai ini dalam tingkat daerah dan juga upaya transformasinya dari PKN menjadi Partai Garuda memperlihatkan adanya upaya untuk tetap relevan dalam dunia perpolitikan Indonesia.

Partai Gerakan Perubahan Indonesia atau Partai Garuda terus memberikan dukungan dan berupaya untuk membangun dukungan dan memberikan perannya dalam politik Indonesia.

Dengan sejarah yang mencakup transformasi dan kepemimpinan yang beragam, partai ini berupaya untuk memberikan pengaruh dalam dinamika politik di tingkat nasional ataupun lokal.

Demikianlah ulasan tentang profil Ahmad Ridha Sabana, ketua umum Partai Garuda.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi