Tsamara Amany Jadi Staf Khusus Erick Thohir, Begini Rekam Jejaknya

| 13 Dec 2023 20:46
Tsamara Amany Jadi Staf Khusus Erick Thohir, Begini Rekam Jejaknya
Tsamara amany jadi staf khusus erick thohir (FB)

ERA.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengumumkan penunjukan Tsamara Amany, mantan Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), sebagai staf khususnya. Tsamara Amany jadi staf khusus Erick Thohir, siapakah dia?

Sebelumnya, Tsamara Amany diminta oleh Erick untuk memfokuskan perannya pada penyelenggaraan kebijakan publik.

Keputusan Erick tersebut menandai langkah baru di lingkup pemerintahan, di mana dia diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung pembangunan dan perumusan kebijakan di sektor Badan Usaha Milik Negara.

Tsamara Amany Jadi Staf Khusus Erick Thohir, Berikut Profil Lengkapnya

  1. Anak Pengusaha Tambang

Tsamara Amany dilahirkan di Jakarta pada tanggal 24 Juni 1996. Ia merupakan anak dari seorang pengusaha tambang bernama Muhammad Abdurachman Alatas.

Pada tahun 2018, Tsamara menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) di bidang Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina, Jakarta.

Kemudian mendekati Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Tsamara bergabung dengan PSI dan diangkat sebagai Juru Bicara pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Joko Widodo - KH. Ma'ruf Amin.

  1. Lulusan Luar Negeri

Selanjutnya, Tsamara Amany melanjutkan pendidikan tingkat S2 di New York University dengan mengambil jurusan studi master dalam bidang Public Policy & Media Studies. Selama kuliah Tsamara meraih prestasi gemilang, ditandai dengan kelulusannya dengan predikat cum laude dan IPK 3,86, yang dicapai dalam waktu 3,5 tahun.

Tsamara Amany melanjutkan pendidikan tingkat S2 di New York University (Antara)
  1. Awal Karir di Dunia Politik

Karier Tsamara dalam dunia politik mulai mencuat ketika ia menjadi juru bicara pasangan Joko Widodo dan KH. Maruf Amin dalam Pemilihan Presiden 2019.

Namun sebelumnya, Tsamara telah terlibat dalam Komunitas Pendukung Ahok (Kompak) dan memulai karir di sektor pemerintahan sebagai staf magang Gubernur DKI Jakarta selama 4 bulan.

Sebelumnya, tepatnya pada tahun 2017, Tsamara bergabung dengan PSI dan menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Eksternal. Meskipun pernah mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI Dapil Jakarta II, namun Tsamara tidak berhasil meraih kursi tersebut.

  1. Mundur dari PSI

Tsamara Amany mengumumkan pengunduran dirinya secara resmi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pada 18 April 2022.

Padahal pada periode sebelumnya, Tsamara menjabat sebagai Ketua DPP PSI. Alasannya mundur didasarkan pada pertimbangan pribadi, dengan keinginan untuk mengeksplorasi hal-hal baru di luar ranah partai politik.

"Dalam waktu ini, saya ingin fokus berkontribusi untuk Indonesia melalui jalur-jalur yang berbeda, termasuk fokus dalam mendukung isu-isu perempuan dan berdedikasi untuk kepentingan perempuan," ungkap Tsamara.

  1. Alasan Erick Thohir Angkat Tsamara jadi Staf

Erick Thohir memilih Tsamara Amany sebagai staf khusus di Kementerian BUMN karena kebutuhan suara generasi muda. Tsamara sendiri diketahui terlibat dalam merumuskan Employee Well-Being Policy yang mencakup isu kesehatan mental.

Perlu diketahui, Kementerian BUMN meluncurkan program tersebut untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan bahagia, mempengaruhi produktivitas dan kepuasan karyawan.

Beberapa layanan baru termasuk jaminan kesehatan tambahan, layanan kesehatan mental, literasi finansial, dan daycare.

Erick menyoroti pentingnya daycare dan literasi finansial sebagai langkah ke depan dalam mendukung karyawan. Program ini juga bertujuan mengatasi masalah kesehatan mental, khususnya di kalangan generasi muda.

Selain alasan Tsamara Amany jadi staf khusus Erick Thohir, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi