Kampus dengan Jurusan AI di Indonesia dengan Prospek Kerja Tinggi di Masa Depan

| 15 May 2024 23:02
Kampus dengan Jurusan AI di Indonesia dengan Prospek Kerja Tinggi di Masa Depan
Kampus dengan jurusan ai di indonesia (freepik)

ERA.id - Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelegence (AI) telah menjadi fenomena global yang telah merevolusi berbagai sektor. Menariknya, kemudian muncul kampus dengan jurusan AI di indonesia.

Ketertarikan terhadap AI yang terus meningkat telah mendorong perguruan tinggi untuk membuka jurusan terkait. Hal tersebut tentu menjadi kabar gembira bagi para calon mahasiswa yang ingin terjun ke dunia AI.

Kampus dengan Jurusan AI di Indonesia

  1. Telkom University

Telkom University (Tel-U) berkomitmen untuk mempersiapkan generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan menawarkan beberapa program studi yang relevan dengan perkembangan kecerdasan buatan (AI).

Lima jurusan yang sesuai dengan tren AI di Tel-U adalah S1 Informatika, Sains Data, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknologi Informasi, dan Sistem Informasi.

  1. Universitas Teknokrat Indonesia (Lampung)

Menurut situs resminya, ada beberapa alasan mengapa Universitas Teknokrat Indonesia menjadi pelopor dalam bidang AI di Lampung.

Pertama, program studi Informatika di Teknokrat selalu memperbarui kurikulum agar sesuai dengan perkembangan terbaru di bidang AI. Selain itu, Teknokrat memiliki pusat penelitian dan pengembangan teknologi informasi yang aktif dalam riset AI.

Universitas ini juga menjalin kerjasama dengan perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia untuk memperkuat jaringan dan mengembangkan aplikasi AI. Dosen-dosen yang berkualitas dan berpengalaman dalam bidang AI turut berperan dalam kegiatan riset dan pengembangan, menjadikan Teknokrat siap mencetak lulusan berkualitas yang kompetitif di era industri 4.0.

  1. Binus University

Binus terus berinovasi dalam menyediakan layanan pendidikan terbaik berkelas dunia di Indonesia. Salah satu inovasi terbaru adalah pembukaan jurusan Artificial Intelligence (AI) pada tahun 2023, yang menjadi bagian dari School of Computer Science.

  1. Universitas Airlangga (UNAIR)

Pada tahun 2023, Universitas Airlangga (UNAIR) meluncurkan program studi S1 Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Program ini berfokus pada pengembangan integrasi robotika dan kecerdasan buatan untuk menciptakan sistem otonom yang dapat diterapkan di berbagai bidang.

UNAIR meluncurkan program studi S1 Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (freepik)

Mahasiswa di UNAIR akan mempelajari dasar-dasar matematika dan fisika, ilmu komputer, mekatronika, elektronika, sistem kendali, sistem siber-fisik, desain robot, aplikasi robotika, serta integrasi AI dalam sistem robot.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Program studi Kecerdasan Artifisial di UGM tersedia pada jenjang S2 dan bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan dasar-dasar kecerdasan buatan guna menyelesaikan masalah nyata di berbagai bidang seperti sains, teknologi, kesehatan, sosial ekonomi, pangan, dan ketahanan nasional.

Lulusan prodi AI di UGM memiliki prospek karir sebagai peneliti, dosen, guru, data scientist, data analyst, AI specialist, AI engineer, AI scientist, machine learning engineer, business intelligence developer, AI entrepreneur, serta chief AI scientist di start-up.

  1. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga membuka program sarjana Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan pada tahun 2023. Menurut situs resmi UNAIR, program studi ini fokus pada pengembangan integrasi robotika dengan kecerdasan buatan untuk menciptakan sistem otonom yang dapat diaplikasikan di berbagai bidang.

Mahasiswa jurusan AI di UNAIR akan mempelajari ilmu komputer, mekatronik, penerapan robotika, serta integrasi kecerdasan buatan dalam sistem robot, dan banyak lagi. Lulusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan memiliki prospek karir sebagai tenaga ahli robotika, tenaga ahli kecerdasan buatan, dan ahli otomasi industri.

Selain kampus dengan jurusan ai di indonesia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi