Profil Thomas Djiwandono, Keponakan Prabowo yang Dilantik Jadi Wakil Menteri Keuangan II

| 18 Jul 2024 18:02
Profil Thomas Djiwandono, Keponakan Prabowo yang Dilantik Jadi Wakil Menteri Keuangan II
Profil Thomas Djiwandono (kiri). (Foto: Dok. ANTARA)

ERA.id - Keponakan Prabowo Subianto yang juga Politikus Partai Gerindra, Thomas Djiwandono akan dilantik sebagai Wakil Menteri Keuangan II. Simak profil Thomas Djiwandono di bawah ini.

"Nanti pelantikannya di istana. Kita buatkan presscon [konferensi pers] untuk teman wartawan," jelas Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Deni Surjantoro kepada para wartawan saat ditemui di Press Tour Kemenkeu, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/7/2024).

Profil Thomas Djiwandono

Dunia bisnis dan Tommy, sapaan akrab Thomas, memang sangat erat. Keponakan Prabowo Subianto ini mempunyai 'darah biru' ekonom. Dilansir dari laman Partai Gerindra, Tommy, lahir di Jakarta, pada tanggal 7 Mei 1972.

Dia adalah putra dari mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Soedradjad Djiwandono. Adapun Soedradjad merupakan suami dari Biantiningsih Miderawati, kakak kandung Prabowo Subianto. Dengan demikian, dia juga masih cicit R.M. Margono Djojohadikusumo, pendiri Bank BNI 46.

Tommy menempuh pendidikan S1 bidang sejarah di Haverford College Pennsylvania. Dia selanjutnya meneruskan studi master di bidang hubungan internasional dan ekonomi internasional John Hopkins University. Tommy juga sempat menempuh pendidikan di School of Advanced International Studies, Washington DC.

Thomas Djiwandono (Foto: dok. VOI)

Pernah Jadi Wartawan

Kariernya berawal sebagai seorang wartawan pada tahun 1993. Selanjutnya, Tommy mendalami profesi sebagai analisis keuangan di Whetlock NatWest Securities, Hong Kong. Pada tahun 2006, Tommy pindah ke perusahaan pamannya Hashim Djojohadikusumo di Arsari Group. Ia menduduki jabatan sebagai Deputy CEO Arsari Group, perusahaan agribisnis.

Berikut beberapa karier yang pernah dilalui Thomas Djiwandono:

  • Wartawan Magang Majalah Tempo (1993)
  • Wartawan Indonesia Business Weekly (1994)
  • Analis di Whetlock NatWest Securities, Hong Kong
  • Deputy CEO Arsari Group (2006)
  • Bendahara Parta Gerindra (2014-2019)

Dilansir dari laman resmi Gerindra, dalam bidang politik, Tommy terlibat dalam partai Gerindra. Tommy juga sempat menjadi Caleg di Provinsi Kalimantan Barat. Saat ini dia menjadi Bendahara Umum Partai Gerindra.

Selama Pilpres 2014, saat pasangan Prabowo-Hatta diusung, peran Tommy sangat penting bagi Koalisi Merah-Putih (KMP) dalam keperluan logistik. Tommy mendedikasikan dirinya dengan selalu mencatat aktivitas keuangan partai dengan sangat rapi.

Sementara itu, Sri Mulyani dan Thomas sudah dua bulan menjalin komunikasi dan koordinasi mengenai tata kelola fiskal dan siklus APBN. Sri Mulyani memiliki panggilan khusus ke Thomas, yaitu Mas Tommy.

"Itu namanya Pak Tommy Djiwandono, aku manggilnya mas sih, pak terlalu tua. Mas Tommy Djiwandono untuk yang belum kenal," jelas Sri Mulyani dalam konferensi pers setelah bertemu dengan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran, pada Jumat, 31 Mei 2024.

Gugus Tugas Sinkronisasi adalah tim yang dibentuk Prabowo-Gibran untuk menjalani transisi dari pemerintahan Presiden Joko Widodo ke pemerintahan baru hasil Pemilu Presiden 2024 beberapa waktu lalu. Tim ini diketuai oleh pentolan Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, serta Ahmad Muzani sebagai wakil ketua tim.

Dalam tim tersebut, Thomas Djiwandono ditetapkan sebagai anggota bidang keuangan, dengan anggota Budi Djiwandono, Sugiono, serta Prasetyo Hadi. Semua tokoh tersebut berasal dari Partai Gerindra.

Demikianlah ulasan mengenai profil Thomas Djiwandono, yang dilantik Jokowi sebagai Wakil Menteri Keuangan II.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi