Mengerikan! Tumpukan Jenazah COVID-19 di India, Faktanya

Tim Editor

Akun facebook Mohammed Abdul Aziz membagikan video tumpukan jenazah yang diklaim sebagai korban COVID-19 (Dok. Turnbackhoax.id)

ERA.id - Akun facebook Mohammed Abdul Aziz membagikan video jenazah yang sudah dikafani dan ditumpuk di dekat tembok dan tiang pada 24 Juni 2020. Video tersebut diklaim sebagai tumpukan korban COVID-19 di Rumah Sakit Osmania, India.

Dalam unggahan tersebut, dituliskan juga sebuah status dalam bahasa asing. Berikut terjemahannya dikutip dari laman turnbackhoax.id:

"Beginilah kondisi Rumah Sakit Osmania, jangan anggap virus ini sebagai lelucon dengan membawa tubuh Corona. Kumohon."

Penjelasan

Setelah ditelusuri, video tersebut merupakan video tahun 2013 sebelum pandemi COVID-19. Video yang diunggah akun facebook tersebut mirip dengan video pada kanal Youtube IndToday yang berjudul "Unclaimed bodies pile up at OGH mortuary, Hyderabad Osmania General Hospital". Kanal Youtube tersebut mengunggah video ini pada 25 Desember 2013. 

Dalam keterangan pada video tersebut disebutkan, jenazah tersebut tak diklaim. Sementara, rumah sakit hanya memiliki satu kamar jenazah yang mampu menampung 32 jenazah dengan fasilitas freezer.

Baca juga: Dua Nakes Klinik Unpad Reaktif Rapid Test, Pas Diswab Hasilnya Negatif

Adapun jenazah lainnya yang ditumpuk sudah dalam kondisi buruk dengan bau menyengat. Akibatnya, staf rumah sakit dan pasien terimbas bau tersebut hingga akhirnya The Greater Hyderabad Municipal Corporation (GHMC) memfasilitasi kremasi jenazah tersebut.

Lebih lanjut, IndToday mengklarifikasi video lama yang viral tersebut. Mereka mengakui video milik mereka yang viral menunjukkan kondisi yang menyedihkan dari kondisi kamar mayat di Rumah Sakit Osmania. Tumpukan mayat tersebut berada di kamar mayat selama enam tahun. 

IndToday mengatakan video tersebut dipublikasikan pada 25 Desember 2013. Karena itu ia meminta agar pengguna whatsapp tak salah mengartikan itu sebagai video baru. Bila video ini beredar lagi maka yang menyebarkannya yang akan menanggung konsekuensi hukumnya. 

Berikut kutipan klarifikasinya lengkapnya: 

"IndToday Clarifies on Viral Video:

IndToday informs their esteemed viewers that a video belonging to IndToday has been tampered with and has been viralled on social media showing the pathetic condition of Osmania Hospital Mortuary. The video showing several

piles of dead bodies, kept for days together in the morgue, is actually six year old. It’s Youtube video published on December 25, 2013. IndToday requests Whatsapp users not to mistake it as the fresh video and also not to panic.

If anyone circulates the video, he/she will be responsible for the legal consequences whatsoever.

Thank you,

Stay Home, Stay Safe! this is the link 0f that old Vdeo https://youtu.be/4EnfUhGznkM"

Berdasarkan penelusuran tersebut, dapat disimpulkan video tersebut bukanlah jenazah COVID-19. Tapi hanya tumpukan jenazah yang tak diklaim siapapun. Video tersebut juga direkam sejak 2013. Karena itu, unggahan video tersebut merupakan konten yang salah.

 

Sumber: https://turnbackhoax.id/2020/07/21/salah-kondisi-jenazah-korban-covid-19-di-rumah-sakit-osmania-india/

Tag: berita hoaks viral india covid-19 pandemi COVID-19

Bagikan: