Video Keris Dihancurkan Tuai Banyak Kecaman, Kolektor: Teliti Besinya

Tim Editor

Keris (Keriswarisan.com)

ERA.id - Beredar video penghancuran keris di suatu tempat. Siapa yang menghancurkannya, belum diketahui pasti. Tapi video itu sudah banyak ditanggapi dan dibuatkan tagar #SaveKeris di Twitter.

Dari pandangan orang Islam tertentu, keris dianggap sebagai benda yang memancing munculnya musyrik. Maka, adanya keris, wajib dijauhkan dari pribadi seseorang agar tidak terjebak dengan dosa seperti itu.

Di sisi lain, keris malah dianggap sebagai warisan budaya yang harus dijaga. Sebab, Pangeran Diponegoro dan raja-raja Nusantara dulunya, yang Islam, banyak memakai keris untuk pegangan, hiasana baju tradisional dan alat tempur. Meski tak luput, keris sendiri dipakai untuk hal-hal berbau klenik.

Pengoleksi badik dan keris, Nor Sidin, dalam suatu kesempatan bersama Era pernah berujar bahwa keris jangan dilihat sebagai benda bertuah melulu. Barang itu bisa dijangkau nalar ilmiah sebab pendidikan sudah makin maju sekarang.

"Banyak orang yang sudah meneliti keris, sejarahnya, dan kandungan besi atau meteoritnya. Itu kan peradaban. Dari sana bisa ketahuan, soal asalnya, mineral dari bahan baku keris itu sendiri dan lain-lain. Jadi, kita bisa melacak kekayaan alam kita serta khasanah budaya Nusantara."

Ia memberi contoh, bahwa ada keris yang jika mengiris orang, maka orang yang teriris badannya bisa membiru dan keracunan. Di masyarakat awam, hal itu dianggap magis dan klenik. Nor Sidin punya pendapat berbeda.

"Coba teliti besi keris itu. Dari mana asalnya, apa kandungannya, apakah memang beracun atau tidak. Jadi berpikir jernih itu, jangan selalu diidentikkan dengan hal-hal di luar nalar. Pendidikan sudah modern kok, masa tidak paham penelitian."

Sekadar diketahui, dalam sejarah Islam juga dikenal senjata yang dipakai untuk berperang. Seperti pedang Zulfikar milik Rasulullah Muhammad, yang diberi ke Ali Bin Abi Thalib. Kekuatannya diceritakan sungguh dahsyat.

Menghubungkan hal itu, banyak warganet yang bertanya, kenapa penghancur keris dalam video itu tidak menghancurkan pusaka peninggalan Rasul? Sebab, itu sama-sama senjata dan punya tafsir magis sendiri.

Tag: viral

Bagikan :