Buaya Masuk ke Mall Hebohkan Warga Palu Sulteng

| 30 Nov 2020 16:00
Buaya Masuk ke Mall Hebohkan Warga Palu Sulteng
Ilustrasi buaya (Wikimedia Commons)

ERA.id - Sebuah video memperlihatkan seekor buaya masuk ke dalam mall yang berada di Kota Palu, Sulawesi Tengahm viral. Hal itu sempat membuat warganet heboh. Alasannya, mereka baru kali ini melihat buaya masuk mall.

Dari akun Instagram @makassar_iinfo, buaya itu diketahui masuk dalam area Palu Grand Mal (PGM), salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Palu yang berlokasi di Jalan Ponegoro, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (27/11/2020).

Banyak yang menanggapi insiden masuknya buaya ke dalam mall. Seperti kata akun ini, “Kalo d makassar itu di anggapmi buaya jadi jadian,” ujar akun @muhammadfajar_al_makassary.

Dilansir Kompas.com, Kapolres Palu AKBP Riza Faisal menjelaskan, kejadian munculnya buaya di Palu Grand Mall tersebut terjadi pada Jumat (27/11/2020) siang.

Buaya yang masuk ke dalam mall itu, menurutnya, hanya berkeliaran di halaman parkir mall dan tidak sampai masuk ke dalam bangunan mall.  “Cuma di halaman saja,” jelas Riza.

Lantas apa yang menyebabkan buaya itu masuk ke dalam area mall? Riza menduga, habitat buaya tersebut mulai terganggu. “Info yang saya dapat, habitat buaya tersebut terganggu jadinya ada buaya yang muncul di sekitar Pantai Talise.”

Lokasi Palu Grand Mall memang dekat dengan Pantai Talise. Riza menyebut, saat peristiwa terjadi, buaya tersebut segera diamankan oleh polisi, TNI, Damkar, petugas Mall dan warga sekitar.

Sementara Kepala Seksi Wilayah Konservasi 1 BKSD Sulteng Haruna menyebutkan, buaya tersebut berjenis kelamin betina dengan panjang 2,9 meter dan diuga ia sedang menyimpan telur-telurnya di sebuah ruko kosong di sebelah PGM.

"Dugaan kami saat si buaya akan kembali ke air, ada manusia, akhirnya buaya mencari jalan lain dan terjebak di parkiran itu," tandasnya.

Tags : viral
Rekomendasi