Fenomena Astronomi September 2023 dan Waktu Terbaik untuk Memotret Langit

| 05 Sep 2023 16:04
Fenomena Astronomi September 2023 dan Waktu Terbaik untuk Memotret Langit
Fenomena astronomi september 2023 (unsplash)

ERA.id - Terdapat beberapa fenomena astronomi September 2023 yang tidak boleh Anda lewatkan. Mulai dari penampakan Planet Jupiter hingga Equinox.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi fenomena-fenomena luar biasa ini yang akan memperkaya pengetahuan kita tentang alam semesta yang begitu luas dan misterius ini.

Fenomena Astronomi September 2023

Dilansir dari laman PhotoPills, berikut ini beberapa fenomena yang akan terjadi di Bulan September:

  • Galaksi Bima Sakti Terlihat

    Galaksi Bima Sakti Akan Terlihat Jelas (UnsplasH)

Pada bulan September, terlihat bahwa pusat Galaksi Bima Sakti di kedua belahan bumi semakin terlihat lebih jelas (fenomena ini tidak akan terlihat lagi pada bulan November).

Anda juga dapat menangkap cahaya zodiak. Di Belahan Bumi Utara, cahaya ini terlihat di sebelah timur, sebelum fajar ke arah matahari terbit. Di sisi lain, di Belahan Bumi Selatan, cahaya ini akan terlihat di sebelah barat, pada akhir fajar arah matahari terbenam.

  • Konjungsi Bulan dan Jupiter (4 September)

Jupiter akan melewati 3,2º selatan Bulan pada pukul 19:47 UTC. Bulan memiliki magnitudo -12,3, dan Jupiter memiliki magnitudo -2,7. Pada saat ini, fase Bulan adalah 71,6%.

  • Konjungsi Bulan dan Merkurius (13 September)

Merkurius akan melewati 5,6º selatan Bulan pada pukul 17:41 UTC. Bulan memiliki magnitudo -8,1, dan Merkurius memiliki magnitudo 2,0. Pada saat ini, fase Bulan adalah 1,7%.

  • Bulan Baru (15 September)

Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, sehingga sisi terang Bulan menghadap menjauh dari Bumi. Fase Bulan 0% akan terjadi pada pukul 01:41 UTC.

Penting dicatat adalah hari-hari di sekitar Bulan Baru sangat bagus untuk memotret langit malam. Pada bulan September, Pusat Galaksi Bima Sakti terlihat. Anda juga dapat menangkap Star Trails.

  • Konjungsi Bulan dan Mars (16 September)

Mars akan melewati 0,4º selatan Bulan pada pukul 19:20 UTC. Bulan memiliki magnitudo -8,7, dan Mars memiliki magnitudo 1,7. Pada saat ini, fase Bulan adalah 2,8%.

  • Neptunus berada dalam posisi berlawanan (19 September)

Pada pukul 11:09 UTC, Neptunus berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi dan akan terlihat sepenuhnya disinari oleh Matahari dengan magnitudo 7,8. Posisi ini lebih terang daripada pada waktu lain dalam setahun dan terlihat sepanjang malam, dan menjadi waktu terbaik untuk mengamati dan memotret Neptunus.

Namun, meskipun berada dalam jarak terdekat dengan Bumi, Anda tidak dapat membedakan Neptunus sebagai titik cahaya berbentuk bintang dengan mata telanjang. Gunakan teleskop untuk melihat planet ini.

  • Merkurius pada Elongasi Barat Terbesar (22 September)

Ketika Merkurius mencapai elongasi barat terbesarnya pada pukul 11:27 UTC, maka akan terletak 17,9º sebelah barat Matahari dan bersinar dengan magnitudo -0,5.

Orbit Merkurius lebih dekat dengan Matahari daripada orbit Bumi, yang berarti bahwa ia selalu terlihat dekat dengan Matahari dan pudar karena kecerahan Matahari sebagian besar waktu. Anda hanya dapat mengamatinya selama beberapa hari setiap kali ia mencapai perbedaan terbesar dengan Matahari (elongasi terbesar).

Fenomena ini berulang sekali setiap 3-4 bulan dan terjadi secara bergantian selama pagi atau sore, tergantung pada letak Merkurius akan berada di timur atau barat Matahari.

Ketika berada di sebelah barat Matahari, Merkurius terbit dan tenggelam tepat sebelum Matahari, dan terlihat sebelum Matahari terbit. Waktu terbaik untuk mengambil foto Merkurius adalah sebelum Matahari terbit.

  • Equinox September (23 September)

Equinox September akan berada pada pukul 00:58 UTC, sekaligus hari musim gugur pertama (equinox musim gugur) di Belahan Bumi Utara dan hari musim semi pertama (equinox musim semi) di Belahan Bumi Selatan.

Equinox September adalah waktu ketika Matahari "menyeberang" ekuator Bumi dari Belahan Bumi Utara ke Belahan Bumi Selatan.

Selain fenomena astronomi september 2023, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi