Fenomena Bunga Mekar di Antartika, Tanda Bumi Sedang Tidak Baik-Baik Saja

| 27 Sep 2023 16:05
Fenomena Bunga Mekar di Antartika, Tanda Bumi Sedang Tidak Baik-Baik Saja
Fenomena bunga mekar di antartika (x)

ERA.id - Fenomena bunga mekar di Antartika merupakan sebuah keajaiban alam yang menakjubkan dan jarang terjadi. Di tengah iklim yang ekstrim dan kondisi lingkungan yang keras, fenomena tersebut menjadi keajaiban alam yang mencengangkan.

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang fenomena luar biasa ini, dan berusaha mengungkap misteri di balik mekarnya bunga-bunga di salah satu tempat paling terpencil di dunia ini.

Fenomena Bunga Mekar di Antartika

Baru-baru ini, viral postingan di media sosial yang menyatakan jika bunga-bunga mekar di Antartika karena pemanasan global. Namun, banyak dari klaim tersebut yang disambut dengan skeptisisme.

Dilansir dari coopwb, Antartika hanya menjadi rumah bagi dua spesies tanaman berbunga yaitu rumput rambut Antartika dan tanaman pearlwort Antartika. Dua spesies ini menjadi unik di benua yang sebagian besar tertutup oleh es dan salju, dan menunjukkan keunikan dan ketahanan mereka dalam lingkungan yang begitu keras.

Perubahan iklim, khususnya pemanasan global, berdampak pada berbagai ekosistem, termasuk Antartika. Observasi telah menunjukkan bahwa dua tanaman berbunga di wilayah ini tumbuh jauh lebih cepat daripada sebelumnya. Peningkatan pertumbuhan tersebut langsung terkait dengan perubahan kondisi iklim.

Penelitian Ilmiah tentang Bunga Mekar di Antartika

Para ilmuwan di Universitas Insubria di Como, Italia, telah mempelajari fenomena mekarnya buka di Antartika tersebut. Berdasarkan penelitian telah dikonfirmasi bahwa dua jenis tanaman di Antartika, terutama rumput rambut Antartika dan pearlwort Antartika, mulai menyebar dengan tingkat yang luar biasa.

Sebuah tim yang dipimpin oleh Nicoletta Cannone, seorang peneliti dari Universitas Insubria, Italia telah mengukur pertumbuhan dua tanaman asli Antartika di Pulau Signy di Kepulauan Orkney Selatan.

Hasil dari penelitian menjelaskan jika lokasi-lokasi tersebut tidak hanya mengalami pertumbuhan yang lebih cepat, tetapi juga menjadi lebih padat oleh tanaman-tanaman setiap tahunnya seiring dengan pemanasan iklim.

Penelitian Ilmiah tentang Bunga Mekar di Antartika (Unsplash)

Menurut Discovering Antarctica, suhu di wilayah penelitian telah meningkat sekitar 3°C sebagai akibat dari perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia (yang berarti lapisan es yang stabil sekarang sudah mulai mundur).

Peter Convey, dari British Antarctic Survey, mengatakan kepada New Scientist: “Temuan yang paling baru dari ini bukanlah gagasan bahwa sesuatu tumbuh lebih cepat. Ini adalah bahwa kami berpikir mulai melihat apa yang hampir seperti perubahan tahap atau titik balik."

Sementara itu, Matthew Davey, di Scottish Association for Marine Science di Oban, UK, menambahkan: "Pengembangan yang dipercepat kini jelas terlihat di wilayah tersebut.”

“Penelitian ini memberikan kita set data komprehensif pertama yang menunjukkan seberapa cepat dan padat komunitas tanaman ini dapat berkembang.”

Para peneliti mengakui bahwa ada faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi pertumbuhan tanaman, seperti penurunan populasi anjing laut bulu - tetapi ini juga terkait dengan perubahan iklim.

Meskipun demikian, bunga-bunga di Antartika dapat dipahami sebagai tanda peringatan. Sementara bunga mekar biasanya melambangkan pembaruan dan harapan, di Antartika merupakan tanda peringatan potensial.

Lonjakan pertumbuhan baru-baru ini dari bunga-bunga asli bisa dianggap sebagai tanda peringatan yang mengkhawatirkan akan pemanasan global. Lanskap yang berubah tersebut menegaskan untuk mengatasi masalah lingkungan.

Dengan demikian, meskipun menarik untuk menyaksikan tanaman berbunga di Antartika, namun penting untuk dicatat bahwa hanya ada dua spesies yang ada.

Pertumbuhan cepat tanaman di Antartika menjadi pengingat tegas tentang dampak pemanasan global. Untuk itu, penting bagi semua orang untuk mengandalkan informasi yang akurat dan terverifikasi ketika membahas ekosistem yang rentan di Antartika.

Selain fenomena bunga mekar di antartika, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi