Apakah Suara Ultrasonik Bisa Membunuh Tikus? Ini Faktanya

| 17 Jul 2024 21:02
Apakah Suara Ultrasonik Bisa Membunuh Tikus? Ini Faktanya
Ilustrasi tikus. (Foto: Freepik)

ERA.id - Salah satu metode yang dapat dipilih untuk membasmi tikus dari rumah yaitu dengan memanfaatkan suara ultrasonik. Sudah banyak video yang membagikan cara mengusir tikus dengan suara ultrasonik di platform seperti YouTube. Namun, apakah suara ultrasonik bisa membunuh tikus? Simak ulasannya di bawah ini.

Apakah Suara Ultrasonik Bisa Membunuh Tikus?

Alat yang diklaim efektif mengusir tikus adalah generator suara ultrasonik. Perangkat ini digunakan dengan cara membunyikan suara berfrekuensi tinggi secara terus-menerus, di atas tingkat yang mampu didengar oleh manusia.  

Seperti yang dilansir ERA, pada tahun 2015, tim peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University melakukan analisis pengaruh gelombang ultrasonik terhadap tikus.

Tikus memang cukup peka terhadap gelombang ultrasonik karena mempunyai jangkauan pendengaran di atas manusia.

Dalam penelitian tersebut, alat yang digunakan memancarkan 13 frekuensi antara 5 – 60 kHz yang dapat dipilih melalui keypad.

Skema pengujian yang dilakukan terhadap tikus memanfaatkan dua kandang yang dihubungkan oleh pipa. Pengujian diterapkan secara langsung dengan mengamati perilaku tikus terhadap makanannya selama 1 bulan.

Pengujian gelombang ultrasonik terhadap tikus dilakukan sejumlah 3 kali untuk setiap frekuensi. Dari pengujian tersebut, ternyata tikus tidak merespons terhadap alat.

Sementara itu, pengujian untuk frekuensi di atas 20 kHz, posisi makan tikus berubah dari kandang ke pipa. Hal ini menunjukkan, gelombang ultrasonik tidak cukup efektif untuk mengusir atau membasmi tikus.

Apakah suara ultrasonik bisa membunuh tikus? (Freepik)

Cara Alami Mengusir Tikus

Namun, tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa bahan alami yang dapat Anda coba untuk mengusir tikus. Beberapa di antaranya adalah bahan dapur yang sering Anda dapatkan di setiap dapur.

  • Kapur barus

Kapur barus mengandung bahan kimia yang dapat berdampak pada efek kesehatan jika dihirup secara berlebihan.

Bagi manusia, selama tidak berlebihan, kapur barus cenderung tidak terlalu membahayakan. Namun, aromanya bisa digunakan membasmi tikus. Anda dapat meletakkan kapur barus di sudut-sudut ruangan, lemari pakaian atau jalur yang sering dilewati tikus.

  • Kopi

Kopi mengeluarkan rasa pahit dan aroma yang kuat. Keduanya tidak disukai dan direkomendasikan untuk mengusir tikus.

Saat Anda menyeduh kopi, sebaiknya buang ampasnya di halaman rumah untuk menghalau tikus sekaligus menjadi pupuk kompos.

  • Cuka

Cuka juga dapat mengeluarkan aroma menyengat sehingga cocok dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Campurkan sedikit air dan cuka ke dalam botol semprot untuk menyemprot area yang kerap dilewati tikus. Cara ini harus Anda lakukan secara berkala.

  • Kantong teh

Seperti kopi, teh juga mempunyai aroma khas yang tidak disenangi tikus. Anda dapat menggunakan kantong teh atau teh bekas rebusan untuk menghalau hewan pengerat ini.

Caranya yaitu dengan membuat teh dengan kantong teh atau daun teh kering. Lalu, letakkan sisa ampasnya di berbagai sudut rumah.

  • Pasta gigi mint

Mint adalah tanaman yang dapat mengeluarkan aroma menyengat. Tanaman mint yang Anda tanam di halaman rumah dapat mengusir tikus.

Selain itu Anda juga bisa menggosokkan pasta gigi mint di tiang, dekat pintu, samping retakan, atau lubang tikus.

  • Kayu manis

Kayu manis mengeluarkan aroma yang kuat dan pedas sehingga sangat dibenci oleh tikus. Anda bisa menaruh beberapa batang kayu manis di laci, lemari, atau di bawah furnitur. Sehingga tikus tidak bisa mengigiti perabotan rumah.

  • Cengkih

Bumbu dapur seperti cengkih, lada dan serai juga dapat mengeluarkan aroma menyengat bagi tikus. Anda dapat menggunakan bumbu dapur ini untuk mengusir tikus.

Bungkus rempah-rempah ini dengan kain selanjutnya letakkan di area yang dilewati tikus. Selain itu, airnya juga dapat digunakan sebagai semprotan.

Demikianlah ulasan apakah suara ultrasonik bisa membunuh tikus dan bahan-bahan dapur yang bisa Anda gunakan untuk mengusir tikus.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi