Nggak Cuma Efek Narkoba, Ternyata Makan Ikan Ini Bisa Bikin Halusinasi

Tim Editor

Ikan Sarpa salpa. (Foto: Monaco Nature Encyclopedia)

ERA.id - Mengonsumsi ikan memiliki manfaat bagi tubuh. Sebab ikan memiliki sedikit lemak jenuh, protein yang tinggi, vitamin D, kalsium, yodium, hingga berbagai nutrisi penting. Namun, tahukah kamu, ada ikan yang jika dimakan bisa membuat orang berhalusinasi?

Ikan itu bernama Sarpa salpa. Spesies ikan dari famili Sparidae itu banyak diklaim mengandung zat halusinogen. Artinya bisa menghasilkan efek halusinasi jika dikonsumsi.

Ikan pesisir yang tersebar luas ini biasanya ditemukan di Mediterania, Spanyol, serta di sepanjang pantai barat dan selatan Afrika. Kadang-kadang ikan ini juga ditemukan di perairan Inggris.

Spesies ikan ini dapat menyebabkan efek halusinogen yang mirip dengan LSD jika dimakan. Namun, berdasarkan laporan pemaparan, efeknya mungkin lebih menyerupai halusinogen delirian daripada efek psikedelik serotonergik seperti LSD, demikian dikutip Wikipedia

Pada tahun 2006, dua pria yang tampaknya memakan ikan mengalami halusinasi yang berlangsung selama beberapa hari (efek yang umum terjadi pada beberapa delirian alami). Kemungkinan munculnya halusinasi setelah mengkonsumsi ikan ini tergantung pada musim. Ikan Sarpa salpa juga dikenal sebagai "ikan pembawa mimpi" dalam bahasa Arab.

Spesies lain yang diklaim mampu menghasilkan efek halusinasi termasuk beberapa spesies ikan sea chub dari genus Kyphosus. Tidak jelas apakah toksin yang menyebabkan halusinasi diproduksi oleh ikan itu sendiri atau oleh alga laut dalam makanan mereka. 

Ikan halusinogen lainnya adalah Siganus spinus, disebut "ikan pembuat mabuk" di Pulau Reunion, dan Mulloidichthys flavolineatus (sebelumnya dinamai Mulloidichthys samoensis), yang sering disebut ikan "kepala hantu" di Hawaii.

Tag: sains Sarpa salpa ikan

Bagikan: