Ternyata Air Mineral Botol Punya Tanggal Kedaluwarsa

Tim Editor

Ilustrasi (Willfried Wende dari Pixabay)

ERA.id - Bukan cuma makanan dalam kemasan yang memiliki tanggal kedaluwarsa, air mineral botol ternyata juga punya tanggal kedaluwarsa lho. Kok bisa?

Kamu pasti berpikir bagaimana mungkin air mineral yang umumnya diambil dari mata air pegungungan alami dan tanpa bahan pengawet bisa kedaluwarsa. Tapi coba kamu lihat, tutup botol di air mineral, pasti tertera tanggal kedaluwarsanya.

Begini penjelasannya, tanggal kedaluwarsa pada air mineral botol itu bukanlah untuk air di dalam botolnya melainkan untuk botol atau kemasannya itu sendiri. Hal itu dikatakan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, dilansir dari klikdokter.com, Selasa (16/2/2021).

"Air adalah senyawa kimia, seperti oksigen dan besi, yang secara alami terdapat di alam. Karena itu, mereka (air) tidak dapat kedaluwarsa dan dapat bertahan selamanya dalam wadah alaminya," ujar dr. Astrid.

Botol air mineral, merk Aqua ataupun merk apa pun memiliki bahan dasar yang sama yaitu termoplastik atau Polyethylene Terephthalate (PETE/PET). Plastik jenis ini akan mengalami penurunan kualitas dalam setidaknya 2 tahun, hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas air.

Ilustrasi botol mineral. (Foto: Istimewa)

 

Selain itu, pada suhu tertentu di atas rata-rata, bahan PET juga melepaskan beberapa kimia, walaupun tidak terlalu berisiko dalam jumlah kecil. Namun, akan berdampak buruk bagi kesehatan jika dalam kumulatif jumlah besar. Sehingga biasanya tanggal kadaluwarsa pada air mineral ditetapkan dua tahun setelah hari produksinya.

Pencantuman tanggal kedaluwarsa pada kemasan air mineral botol dimulai pada 1987 di New Jersey, Amerika Serikat.

New Jersey menjadi negara bagian pertama dan satu-satunya di AS yang mengeluarkan undang-undang agar semua produk pangan --termasuk air kemasan-- memiliki tanggal kedaluwarsa 2 tahun atau kurang dari tanggal pembuatan.

Ketika undang-undang ini disahkan, pencetakan tanggal kedaluwarsa menjadi standar industri bagi produsen air minum dalam kemasan di seluruh negeri.

Standar itu lalu dipakai oleh seluruh negara, termasuk Indonesia. Jadi, bisa dibilang ini adalah masalah aturan dan manfaatnya bagi produsen itu sendiri.

Di Indonesia, pencantuman tanggal kedaluwarsa pun ada dalam peraturan. Ini merujuk pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label Iklan dan Pangan.

Jadi sekarang paham kan, kenapa ada tanggal kedaluwarsa pada botol air mineral. Hal itu bukan karena air mineralnya, melainkan kemasannya yang jika digunakan terlalu lama mengeluarkan zat kimia berbahaya.

Tag: botol air mineral botol air mineral kedaluwarsa kedaluwarsa

Bagikan: