Sejarah Duren Tiga, Apa Benar Berasal dari Nama Buah Durian?

| 31 Aug 2022 15:20
Jalan Duren Tiga (Wikipedia)

ERA.id - Nama jalan Duren Tiga disorot setelah menjadi lokasi pembunuhan Brigadir J. Kelurahan yang terletak di Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan ini ternyata memiliki cerita yang unik. Melalui artikel ini ERA akan dibahas sejarah Duren Tiga secara singkat.

Duren Tiga berbatasan dengan Kelurahan Tegal Parang di sebelah utara, Kelurahan Pela Mampang dan Bangka di sebelah barat, Kelurahan Rawa Jati di sebelah timur dan Kelurahan Kalibata di sebelah selatan.

Sejarah Duren Tiga Berasal dari Nama Pabrik

Meskipun mengandung unsur nama buah, nama Duren Tiga sejatinya bukanlah dari buah durian. Akan tetapi, masih banyak orang yang yakin jika pada masa dulu di wilayah Duren Tiga terdapat tiga pohon duren (durian) besar yang tumbuh dan berbuah lebat.

Masih banyak yang yakin jika di Duren Tiga dulu ada 3 pohon durian besar (Wikipedia)

Ketika masa kotapraja Jakarta Raya, wilayah Duren Tiga dan Kalibata merupakan satu wilayah kelurahan. Maka tidak jarang jika banyak orang membandingkan Duren Tiga dengan nama di wilayah lainnya seperti Tanjung Duren dan Duren Sawit.

Asal-usul Duren Tiga diketahui berdasarkan buku berjudul “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” yang ditulis Zaenuddin HM. Buku terbitan Ufuk Press (Oktober 2012) tersebut mengungkapkan fakta sejarah yang menjelaskan asal-usul nama Duren Tiga.

Zaenuddin menjelaskan jika nama Duren Tiga bukan berasal dari pohon duren, melainkan berasal dari nama sebuah pabrik. Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari para sesepuh setempat, pada zaman dahulu di wilayah Duren Tiga terdapat pabrik korek api bermerek “Duren Tiga”.

Pabrik Duren Tiga terletak di tepi Jalan Duren Tiga Raya, yang berseberangan dengan kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan kini menjadi pabrik timbangan.

Perlu diketahui, korek api yang diproduksi pabrik Duren Tiga memiliki ciri khas yaitu memiliki kotak korek yang berwarna hitam dan terdapat gambar tiga buah durian.

Seperti diketahui, pada tahun 1960 hingga 1980-an, korek api dengan bahan gas masih belum banyak digunakan, sehingga korek api kayu masih sangat merakyat.

Lantas apakah pabrik Korek Api Duren Tiga bangkrut? Dilansir dari Wikipedia, ternyata pabrik legendaris tersebut sudah pindah ke wilayah Jawa Barat.

Duren Tiga yang Diyakini dari Buah Durian

Rachmat Ruchiat penulis buku “Asal Usul Nama Tempat di Jakarta” menjelaskan jika dirinya tidak menolak penamaan Duren Tiga yang berasal dari buah durian, meskipun belum ada catatan sejarah yang valid.

Rachmat mengatakan jika Duren Tiga adalah pemukiman yang muncul setelah Batavia berkembang. Perkembangan tersebut merambat dari utara ke selatan, dari Pelabuhan Sunda Kelapa ke daerah-daerah belum terjamah.

Meskipun belum ada bukti tertulis, Rachmat menjelaskan jika bukan berarti membatalkan cerita-cerita berkembang di masyarakat tentang asal muasal Kelurahan Duren Tiga.

Menurut Rachmat banyak nama tempat dan wilayah di Jakarta yang diberikan sesuai dengan ciri khas daerah itu.

Pada masa kini wilayah Duren Tiga tidak jauh berbeda dengan kampung-kampung di Jakarta.

Duren Tiga menjadi kawasan permukiman padat penduduk dan mayoritas dihuni oleh para pegawai. Jalan macet yang menghubungkan Mampang Prapatan dan Pancoran adalah ciri khas wilayah ini.

Selain sejarah Duren Tiga, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi