Mengapa Durian Kanyao Mahal? Simak Fakta-faktanya!

| 31 Jul 2024 19:01
Mengapa Durian Kanyao Mahal? Simak Fakta-faktanya!
Ilustrasi durian. (Pixabay)

ERA.id - Ada tiga negara yang dijadikan rujukan oleh kebanyakan pecinta durian yang berburu buah yang legit dan beraroma tajam ini. Negara-negara yang disebut sebagai kampung halaman dari durian yang enak-enak untuk dinikmati tersebut antara lain Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Salah satu varietas durian di Thailand adalah durian kanyao yang pernah dinobatkan sebagai durian dengan harga jual paling mahal di dunia resmi oleh Guinness Book of World Record. Durian ini mempunyai beberapa fakta unik yang menjadi alasan mengapa durian Kanyao mahal dan dicari-cari.

Mengapa Durian Kanyao Mahal?

Di bawah ini adalah fakta unik durian kanyao yang dirangkum dari Good Durian dan menjadikan varietas durian ini menjadi mahal:

Mengapa durian kanyao mahal? (Pixabay)

Wilayah tanam

Durian kanyao mempunyai banyak nama dan penyebutannya sendiri tergantung lokasi durian ini dijual. Di Thailand, kanyao juga disebut sebagai durian nonthaburi yang populer.

Adapun di Malaysia dan Singapura, durian ini lebih populer dengan sebutan durian ganja, ganjao, atau tangkai panjang. Konon, durian kanyao pertama kali ditanam di tanah kota Nonthaburi, Thailand sebagaimana namanya berasal.

Sampai akhirnya durian ini menjadi populer dan migrasi bibit durian dilakukan ke sejumlah negara tetangganya. Durian serupa juga hadir di Malaysia sampai Singapura dan bisa dinikmati oleh banyak pecinta durian.

Jumlahnya terbatas

Pohon durian kanyao tidak dapat berbuah banyak seperti pohon durian pada umumnya.

Dalam satu pohon, durian kanyao hanya dapat dipanen sebanyak 3-4 buah saja. Itupun jika semua buahnya berhasil tanpa ada serangan hama atau kerusakan yang terjadi karena faktor lingkungan di sekitarnya.

Oleh karena itu, ada beberapa trik yang bisa dilakukan petaninya. Mulai dari memanfaatkan pupuk anti serangga sampai adanya payung-payung di atas pohon untuk menghindari sorotan panas matahari yang berlebihan pada durian.

Memiliki bentuk buah yang khas

Secara fisiknya, durian kanyao dapat dibedakan dengan durian-durian jenis lainnya. Salah satu ciri yang paling khas yaitu ukuran tangkai buah duriannya yang tidak sama dengan durian lain.

Anda akan mendapati tangkai yang lurus dan panjang pada durian kanyao. Bahkan ukuran tangkainya sendiri bisa 2-3 kali lipat dari tangkai durian biasanya. Bentuk buahnya tidak besar dan sama sekali tidak mengimbangi tangkainya yang panjang.

Varietas durian yang satu ini mempunyai bentuk bulat sempurna dengan warna duri-duri yang pucat. Durian kanyao tidak bisa berbuah dengan ukuran yang sangat besar, umumnya ukuran durian ini hanya mampu mencapai bobot 2 kilogram per buah.

Rasa legit yang unik

Penampilan daging buah duriannya sekilas tidak berbeda dengan varietas durian lain. Buahnya mempunyai daging yang besar dan tebal dengan biji berukuran sedang.

Daging buahnya berwarna pucat kekuningan dan hampir mirip dengan durian Monthong. Ketika disentuh, bagian paling luar dagingnya kering dan tidak basah atau terasa lengket.

Namun, ketika dinikmati dalam mulut, akan terasa durian yang buttery dan sangat manis. Jika terus dikunyah dan dilumat, lama-lama Anda akan merasakan sentuhan rasa asin yang unik dari durian termahal di dunia ini.

Rekor dunia resmi durian kanyao

Karena memiliki banyak keistimewaan, durian kanyao seringkali dijual dengan harga yang mahal. Bahkan varietas ini tergolong durian yang paling sering masuk pelelangan dan banyak calon pembeli yang mau mengeluarkan banyak uang demi mencicipi durian kanyao.

Salah satu yang termahal untuk jenis ini pernah terjual dengan harga 1,5 juta Baht atau setara dengan nilai Rp680 juta. Pelelangan durian ini berlangsung di NOnthaburi, Thailand atau kampung halaman durian kanyao itu sendiri.

Penyematan gelar durian termahal ini juga sudah resmi dicatat sebagai rekor dunia. Guinness Book of World Record mencatat durian kanyao sebagai yang termahal di dunia tepat pada tanggal 7 Juni 2019.

Demikianlah ulasan mengapa durian kanyao mahal. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencicipinya?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi