Bahaya Keseringan Masturbasi, Ancam Kenikmatan Bercinta Hingga Cedera Kelamin

Tim Editor

Ilustrasi wanita (Foto: Unsplash/Jan Zhukov)

ERA.id - Masturbasi identik dilakukan oleh pria, namun cara ini juga sering dilakukan oleh wanita juga. Masturbasi tergolong hal yang normal dilakukan. Namun, cara ini memiliki dampak bagi kesehatan fisik dan mental bagi pelakunya.

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Sama halnya dengan masturbasi yang bisa berdampak buruk apabila keseringan masturbasi. Dilansir dari Times od India pada Selasa (1/9/2020), berikut dampak buruk keseringan masturbasi.

1. Bumerang bagi kehidupan seksmu

Tidak diragukan lagi, masturbasi bisa membantu tetap aktif secara seksual. Tetapi jika kamu melakukannya secara berlebihan, hal itu justru jadi bumerang bagi kehidupan seksualmu. Kebiasaan masturbasi memang membuat tubuh memberi kepuasan tersendiri. Namun, ini bisa memengaruhi hubungan seks dengan pasanganmu. Nantinya, kamu jadi lebih nyaman masturbasi ketimbang berhubungan seks dengan pasangan.

2. Kesehatan mental

Woman In Black Brassiere Lying Down on Bed With RatsIlustrasi (Foto: Pexels/freestocks.org)

Masturbasi berlebihan juga memengaruhi kesehatan mentalmu. Jika kamu melakukan masturbasi terlalu sering bisa menutup diri dari banyak orang. Tentunya, ini berdampak negatif pada kesehatan mentalmu. Namun, jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya cari periksa ke dokter karena masturbasi berlebihan tidak termasuk dalam perilaku seks normal.

3. Cedera pada alat kelamin

Masturbasi yang berlebihan bahkan bisa membuat kulit vagina dan penis menjadi terkelupas. Apabila kondisinya sudah parah, khusus pria bisa memicu penyakit peyronie, yang berarti penumpukan plak di batang penis. Sehingga membuat ereksi terasa menyakitkan. 

4. Kecanduan

grayscale photography of woman opening her mouthIlustrasi (Foto: Unsplash/Emiliano Vittoriosi)

Hal yang berbau kecanduan tentu berefek kepanjangan. Sama halnya dengan kecanduan masturbasi dapat menyebabkan hilangnya kendali. Hal ini bisa menyebabkan kamu ingin terus melakukan lebih dari frekuensi wajar. Misalnya, dalam satu hari kamu lakukan masturbasi lebih dari sekali. 

Tag: seks bahaya kesehatan

Bagikan: