Diresmikan Jokowi, Papua Football Academy Terinspirasi dari PON

| 31 Aug 2022 20:08
Diresmikan Jokowi, Papua Football Academy Terinspirasi dari PON
Kegiatan Papua Football Academy (papuafootballacademy)

ERA.idPapua Football Academy (PFA) sudah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 31 Agustus 2022 di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua. Presiden menilai Tanah Papua telah melahirkan talenta-talenta yang luar biasa dalam bidang sepak bola.

Jokowi saat meresmikan PFA (Antara)

Selain itu, PFA diharapkan oleh banyak pihak dapat mencetak talenta-talenta baru dalam dunia sepak bola.

Dilansir dari laman resmi PFA, Papua Football Academy adalah wadah bagi putra Papua untuk menimba ilmu sepak bola dan pendidikan formal yang mempersiapkan siswanya menjadi individu yang kompetitif, kreatif, dan berdaya saing.

Sejarah Terbentuknya Papua Football Academy

Dimulai dari pesta pergelaran PON XX di Provinsi Papua pada Oktober 2021, momen tersebut menjadi awal pembicaraan pembentukan akademi sepak bola di Papua.

Terbentuknya PFA tidak lepas dari antusias masyarakat Kabupaten Mimika sebagai salah satu tuan rumah PON XX, bakat luar biasa dan kecintaan anak Papua terhadap sepak bola.

PFA juga mendapat dukungan penuh PT Freeport Indonesia yang pedulu terhadap olahraga di Indonesia. Hal tersebut menggerakkan hati Presiden RI Joko Widodo untuk sebuah ide: akademi sepak bola bagi anak Papua.

PFA yang berlokasi di Kota Timika menjadi wadah bagi talenta-talenta asal Papua untuk mengecap ilmu sepak bola dengan baik dan benar. Tak hanya itu, lewat kehidupan asrama, seluruh siswa juga mendapatkan pendidikan formal dan keterampilan.

Semuanya diharapkan menjadi bekal bagi siswa Papua Football Academy untuk menjadi pemain sepak bola dan individu yang berkembang, baik di dunia pendidikan dan keterampilan.

Siapa Saja Anggota Papua Football Academy?

Peserta Papua Football Academy adalah siswa pilihan dari berbagai daerah di Papua melalui seleksi ketat. Seleksi mencakup teknis sepak bola, kesehatan, bakat, dan psikotes. Semua dilakukan oleh profesional di bidangnya, termasuk pelatih berlisensi.

Para pelatih PFA (papuafootballacademy)

Selain itu, Papua Football Academy memiliki sarana berupa lapangan latihan taktik dan pertandingan, serta pusat kebugaran yang terletak di Mimika Sports Centre di Kota Timika.

PFA juga menyediakan ruangan untuk belajar secara formal dan keterampilan yang dibutuhkan yang kami sebut “Markas PFA”.

Tak hanya berlatih, siswa Papua Football Academy juga akan mengikuti turnamen lokal maupun nasional dan tidak tertutup bagi turnamen internasional. Semua pertandingan tersebut berguna  untuk memberikan kesempatan bertanding, mempraktekkan hasil latihan, serta menjalin persahabatan dengan anak-anak lain dari berbagai daerah.

Kemampuan setiap individu memperlihatkan hasil didikan di Papua Football Academy adalah target utama yang ingin dicapai. PFA mempersiapkan anggotanya menjadi individu yang kompetitif, adaptif, dan berani mengambil keputusan dalam berbagai kesempatan, baik di lapangan maupun kehidupan.

Visi dan misi PFA sendiri adalah memberikan pendidikan dan mengoptimalkan talenta anak Papua menjadi pemain sepak bola yang berintelegensi, kompetitif, percaya diri, adaptif, dan berpeluang menjadi pemain sepak bola profesional di Tanah Air dan Internasional.

Kini PFA memiliki beberapa pelatih diantaranya Pelatih Kepala Ardilles Rumbiak yang merupakan pelatih berlisensi B Nasional. Kemudian ada dua asisten pelatih yaitu Kelly Pepuho dan Melky Papare yang juga memiliki lisensi pelatih B Nasional.

Selain Papua Football Academy, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi