Islam Makhachev, Pemenang Utama dalam Peringkat UFC Kelas Ringan yang Dilatih Khabib Nurmagedov

| 24 Oct 2022 15:51
Islam Makhachev, Pemenang Utama dalam Peringkat UFC Kelas Ringan yang Dilatih Khabib Nurmagedov
Islam Makhachev jadi juara UFC. (Foto: Twitter/@Islam Makhachev)

ERA.id - Islam Makhachev ditetapkan sebagai peraih utama dalam peringkat UFC kelas ringan 2022. Ia unggul setelah melewati laga puncak dan menundukkan Charles Olieveira.

Charles Oliveira dan Islam Makhachev bertarung di UFC. (foto: twitter @ufc)

Laga kali ini dapat dikatakan sebagai laga yang paling bersejarah karena kedua petarung mempunyai catatan kemenangan lebih dari 10 pertandingan.

Sebagaimana yang diketahui, pada tahun 2016, Makhachev pernah menjadi juara dunia sambo tempur dengan berat 74 kilogram.

Pada tanggal 9 Mei 2022, ia menduduki peringkat #4 pada peringkat UFC kelas ringan.

Profil Islam Makhachev

Islam Makhachev lahir pada tanggal 27 September 1991 dan dibesarkan di sebuah desa terpencil bernama Burshi yang saat ini merupakan bagian dari Republik Dagestan, Rusia.

Islam Makhachev juga bertumbuh dari keluarga muslim yang memiliki latar belakang gulat cukup baik.

Debut pertamanya diawali di Mixed Martial Art (MMA) pada Agustus 2010.

Pada saat itu, Makhachev bertanding dengan Magomed Bekbolatov di Tsumada Fighting Championship dan ia berhasil memenangkannya dengan gemilang.

Setelah itu, pada bulan Februari 2011, dia membuat debut M-1 Global dan berhadap-hadapan dengan Tengiz Khuchua.

Salah satu pertandingan M-1 Global yang dibuat oleh Makhachev ini cukup menarik perhatian karena mampu mengungguli Render Junio pada 2013, pemenang sabuk hitam Brazilian Jiu-Jitsu yang tak terkalahkan.

Sebelum pindah ke UFC pada September 2014, Makhachev mengikuti pertandingan M-1 Global terakhirnya.

Makhachev pernah mengungkapkan keinginannya untuk mengikuti jejak Khabib sang juara dunia atlet bela diri campuran.

Karier Makhachev di MMA dapat dikatakan terbilang lambat, terutama karena dia bermain di kelas yang sama dengan Khabib. Pada tahun 2015, Makhachev direkrut UFC setelah mendominasi MMA di Rusia lewat ajang M-1.

Kekalahan harus diterima Makhachev dari Adriano Martins saat menjalani duel keduanya di UFC, 3 Oktober 2015. Namun, setelah itu Makhachev berhasil mendapatkan 11 kemenangan beruntun dan ditetapkan sebagai juara dunia dengan mengungguli Oliveira.

Makhachev sendiri tidak melupakan jasa dan kebaikan Khabib dan Abdulmanap setelah meraih gelar sebagai juara dunia di UFC 280.

Dedikasi Kemenangan Makhachev

Hubungan yang erat antara Islam Makhachev dengan keluarga Khabib Nurmagomedov memang bukanlah hal yang bersifat rahasia lagi.

Oleh karena itu, setelah laga berhasil dilalui, Islam Makhachev mengakui bahwa kemenangannya di UFC 280 didedikasikan untuk mendiang ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov, karena sudah membentuknya dengan sedemikian keras.

Islam juga mendedikasikan kemenangannya kepada Khabib Nurmagomedov yang sudah menggantikan posisi ayahnya sebagai pelatih untuk dirinya di kelas ringan UFC.

Kemenangan Islam Makhachev di UFC 280 sendiri merupakan  sebagai bukti dari kebenaran perkataan Khabib Nurmagomedov.

Sebab, sebelum menjadi juara, berulang kali pria yang dijuluki The Eagles ini menyebut rekan seperguruannya pantas menjadi petarung elite kelas ringan.

Setelah resmi ditetapkan sebagai juara kelas ringan UFC, Islam Makhachev masih mempunyai ambisi untuk melampaui pencapaian Khabib Nurmagomedov dan telah menargetkan jawara kelas bulu, Alexander Volkanovski, sebagai lawan selanjutnya.

Demikianlah ulasan tentang Islam Makhachev, petarung yang menduduki urutan pertama dalam peringkat UFC kelas ringan.

Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi