Bikin Deg-degan, Kelakuan Nekat Fans Ekuador Tampilkan Gestur 'Suap' Sampai Minta Bir di Piala Dunia 2022

| 21 Nov 2022 15:45
Bikin Deg-degan, Kelakuan Nekat Fans Ekuador Tampilkan Gestur 'Suap' Sampai Minta Bir di Piala Dunia 2022
Suporter Ekuador. (Twitter/@StoolFootball)

ERA.id - Timnas Qatar kalah 0-2 dari Ekuador dalam pertandingan pembuka Piala Dunia, Minggu 20 November 2022.

Bermain di Stadion Al Bayt yang berkapasitas 60.000. Timnas Qatar gagal meraih kemenangan, sekaligus jadi tim tuan rumah Piala Dunia pertama yang kalah dalam pertandingan pembuka Piala Dunia. Sebelum ini, dalam 92 tahun gelaran sepak bola Piala Dunia, tim tuan rumah tidak pernah kalah dalam pertandingan pembukaan.

Saat pertandingan berlangsung, perhatian tertuju kepada suporter Ekuador yang ada di stadion. Lewat akun @StoolFootball, dia membagikan video berisi, penggemar Ekuador sedang berdiri dan menunjukan gestur menggosok tangan. Hal itu dinilai menyindir isu suap saat pertandingan.

Kejadian itu buntut dari kontroversi, sebuah sundulan Valencia yang berhasil menciptakan gol. Namun dianulir oleh VAR karena offside.

Melihat suporter Ekuador yang sudah kelewatan, salah satu orang di kursi belakang, langsung menegur.

"Duduk dan tutup mulutmu!," kata orang di belakang yang mengenakan pakaian serba putih.

Selain itu, akibat di Qatar dilarang memperjual belikan alkohol secara bebas. Penggemar Timnas Ekuador protes dengan berteriak ingin meminum bir di stadion saat laga dimulai.

"Queremos cerveza, queremos cerveza!. (Kami ingin bir, Kami ingin bir!)," teriak para penggemar.

Tentu perilaku ini, menuai pro dan kontra. Banyak orang yang menilai orang-orang tersebut tidak menghargai budaya dari Qatar. Namun tidak sedikit yang membela, bahwa bir sudah jadi minuman wajib saat menonton sepakbola, bagi mereka.

Valencia jadi juru kunci kemenangan Ekuador, lewat tendangan penalti pada menit ke-16 dan menggandakan keunggulan setelah setengah jam pertandingan. Sayang, Valencia tampak cedera dan ditarik keluar lapangan pada menit ke-77.

Ekuador nanti akan bertemu Belanda dalam fase Grup A, Jumat, (25/11/2022). Sedangkan Qatar, harus meraih hasil 3 poin jika ingin menuju ke baba 16 besar, saat bertemu Senegal di hari yang sama.

Rekomendasi