Profil Al Nassr FC, Klub Bola Saudi Arabia yang Berhasil Meminang Cristiano Ronaldo

| 03 Jan 2023 14:20
Profil Al Nassr FC, Klub Bola Saudi Arabia yang Berhasil Meminang Cristiano Ronaldo
Al Nassr dan Ronaldo/ Foto: IST

ERA.id - Saat ini Al Nassr FC sedang ramai dibicarakan karena bergabungnya Cristiano Ronaldo pada hari Sabtu, 31 Desember 2022.

Kabarnya klub ini menyediakan gaji yang sangat besar untuk Cristiano Ronaldo seperti yang sudah ditandatangani sesuai kontrak hingga tahun 2025 mendatang.

Al Nassr and Ronaldo/ Photo: IST

Lantas, bagaimana profil Al Nassr FC yang mampu mencatat sejarah sepakbola dunia dengan meminang CR7 sebagai pemain? Simak ulasan beserta fakta-faktanya di bawah ini.

Profil Al-Nassr FC

Pada tahun 1955, Zeid bin Mutlag mendirikan Al-Nassr FC dan menjadi profesional pada tahun 1960.

Sistem yang diterapkan klub ini bersifat presidensial dan kerap dikelola oleh pangeran dan Syekh Saudi. Adapun presiden klub yang pertama adalah Abdul Rahman bin Saud Al Saud. Dan saat ini posisi tersebut ditempati oleh Masli Al-Muamr yang dipilih oleh dewan pada tahun 2017.

Al-Nassr adalah klub kedua tersukses yang ada di Arab Saudi. Mereka sudah menggondol gelar juara Saudi Professional League sebanyak sembilan kali, masih tertinggal dari Al-Hilal yang sudah menjadi juara sebanyak 18 kali.

Al-Nassr memiliki kandang Mrsool Park yang bermarkas di Riyadh. Klub tersebut didirikan pada tanggal 24 Oktober 1955. Saat ini, yang menjadi juru taktiknya adalah Rudi Garcia.

Al-Nassr sendiri sudah memiliki beberapa pemain bintang. Beberapa pemain yang sudah berhasil didatangkan oleh Al-Nassr antara lain Luis Gustavo, David Ospina, dan Alvaro Gonzales.

Sebenarnya, Al-Nassr bukanlah klub asing bagi para pemain yang akan menyelesaikan masa akhir kariernya di Eropa. Peraih Ballon d'Or, Hristo Stoichkov, pernah memperkuat Al-Nassr sebelum Ronaldo.

Adapun di kursi pelatih, Walter Zenga dan Fabio Cannavaro pernah tergabung dalam daftar juru taktik klub yang memiliki jersey kebanggaan biru-kuning tersebut.

Setelah kesepakatan ini ditandatangani, Ronaldo akan tercatat sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia dalam sejarah.

Al-Nassr, Klub Paling Berprestasi di Asia

Klub Arab Saudi merupakan salah satu klub yang paling berprestasi di Asia. Mereka sudah mengoleksi piala yang tertumpuk dalam lemari dengan sembilan gelar liga, tiga Piala Putra Mahkota, serta dua Piala Super Saudi.

Mereka juga pernah dinobatkan sebagai juara Piala Asia dan juara Piala Super Asia sebanyak dua kali.

Saat ini Al-Nassr FC berada di bawah kepemimpinan pelatih Rudi Jose Garcia, seorang pelatih yang juga mengawali kariernya sebagai pemain dalam karir persepakbolaan karena ia juga merupakan anak dari mantan pesepak bola yang mulai belajar dari tempat ayahnya melatih para pemain bola saat Rudi Garcia berusia 18 tahun.

Lalu apa saja alasan Cristiano Ronaldo memilih untuk bergabung dengan klub Timur Tengah Al-Nassr FC? Berikut penjelasannya:

1. CR7 Hengkang dari Manchester United Secara Kontroversial

Sebelum resmi memutuskan keluar satu bulan yang lalu, CR7 sempat mengejek Manchester United. Beberapa saat setelah mengumumkan perpisahan, Ronaldo mengunggah foto di akun Instagram pribadinya.

Foto tersebut berupa gambar CR7 yang sedang mengenakan jam tangan mewah baru. Di mana jam tangan tersebut merupakan hasil kerja sama antara Ronaldo dengan Jacob & Co. Hal menariknya adalah, jam tangan ini memperlihatkan detail Ronaldo dengan jersey Real Madrid sedang membobol gawang MU.

Namun, karena cintanya kepada para penggemarnya dan kepada klubnya tersebut tidak pernah berubah, CR7 tetap mengharapkan hal yang terbaik untuk Manchester United.

2. Visi Al-Nassr FC yang Menginspirasi

Ronaldo telah menandatangani kontrak hingga musim panas 2025, dan menurut laporan, CR7 akan mendapatkan $75 juta per tahun untuk menjadikannya pemain dengan bayaran tertinggi dalam sejarah.

“Saya senang menjalani liga sepak bola baru di negara yang berbeda," ucap Ronaldo dalam pernyataan Al-Nassr yang menginfokan kesepakatan tersebut.

“Visi, tentang apa yang Al Nassr lakukan dan kembangkan di Arab Saudi baik dalam sepak bola pria maupun wanita sangat menginspirasi. Kita dapat melihat dari penampilan Arab Saudi baru-baru ini di Piala Dunia bahwa negara ini memiliki ambisi sepakbola yang besar dan banyak potensi,” jelas Cristiano Ronaldo lagi.

3. Berbagi Pengalaman di Asia

Sebagai pemain yang memiliki gelar Greatest of All Times (GOAT), CR7 tidak ingin ruang geraknya hanya di daerah Eropa, tetapi dia juga ingin mengukir pengalaman yang berbeda dengan berlaga di Asia, khususnya di salah satu klub Arab Saudi, Al-Nassr FC. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi