Profil Sean Gelael, Perjalanan Karier, dan Prestasinya

| 16 Jan 2023 19:03
Profil Sean Gelael, Perjalanan Karier, dan Prestasinya
Pebalap Indonesia, Sean Gelael. (Foto: Dok. Tim Jagonya Ayam)

ERA.id - Muhammad Sean Ricardo Gelael atau yang lebih akrab dikenal dengan Sean Gelael adalah pembalap mobil asal Indonesia. Sean Gelael juga merupakan anak dari pemilik KFC (Kentucky Fried Chicken) Indonesia, Ricardo Gelael.

Profil Singkat

Muhammad Sean Ricardi Gelael lahir pada tanggal 1 November 1996. Sean Gelael merupakan putra dari mantan pembalap Indonesia, Ricardo Gelael dan aktris senior Indonesia, RA Sri Sudarini. Sean Gelael juga seorang cucu dari konglomerat dan pendiri KFC Indonesia, Dick Gelael.

Perjalanan Karir

Sean Gelael memulai kariernya di ajang balapan sejak tahun 2005. Saat itu Sean sudah mulai mengikuti ajang kejurnas Reli Sprint dengan menjadi navigator bagi ayahnya sendiri.

Sean Gelael kemudian turun di ajang gokart mulai musim 2009 di kelas Rotax Max Junior dengan tetap bertahan di ajang kejurnas reli.

Pada tahun 2010, Sean Gelael turun secara penuh di ajang gokart dan mulai tahun 2011 ia menjadi salah satu pembalap Indonesia yang turun di ajang gokart internasional.

Sean Gelael dan Valentino Rossi usai tim WRT 46 menduduki posisi ketiga dalam balap ketahanan Dubai 24 Jam di Dubai, Uni Emirat Arab, 14-15 Januari 2023. (Antara/Tim WRT 46)

Setelah itu pada tahun 2013, Sean Gelael pindah ke Eropa dan menggeluti ajang F3 Eropa selama 2 tahun. Momentum tersebut hanya permulaan yang membuatnya semakin sering muncul mengemudikan kendaraan di kancah kejuaraan dunia

Pada tahun 2015, Sean melanjutkan perjalanannya dengan mengikuti ajang balap World Series by Renault.

Sean juga ikut serta dalam balapan GP2 Series (yang kemudian berubah nama menjadi FIA Formula 2 pada tahun 2017) dan Asian LeMans Series selama setengah musim pada tahun tersebut.

Kemudian pada tahun 2016, Sean Gelael berkompetisi penuh di ajang GP2 Series bersama tim Campos Racing dengan rekan satu tim, Mitch Evans.

Sean Gelael juga ikut serta ambil bagian sebagai pembalap kelas LMP2 di balapan uji ketahanan European LeMans Series bersama SMP Racing dan World Endurance Championship bersama dengan tim Extreme Speed Motorsports.

Pada tahun 2017, Sean pindah ke tim Pertamina Arden dan terpilih sebagai pembalap tes di tim F1 Scuderia Toro Rosso (sekarang Scuderia AlphaTauri). Dalam tim tersebut, Sean Gelael ikut serta dalam tes yang berlangsung di Bahrain dan Hongaria.

Selanjutnya pada tahun 2018, Sean pindah Ke tim Prema Racing dengan rekan seatu timnya, Nyck de Vries. Sean mampu menduduki posisi kedua di Monaco Feature Race.

Sean Gelael kembali bersaing di tim Prema Racing dengan rekan setim baru, yaitu juara dunia Formula 3, Mick Schumacher. Di musim tersebut, Sean Gelael hanya mampu finish di urutan 17 driver championship.

Pada tahun 2020, Sean meninggalkan Prema Racing dan bergabung dengan tim DAMS bersama rekan satu timnya, Dan Ticktum.

Sean Gelael pernah mengalami cedera di Catalunya sehingga digantikan oleh Juri Vips.

Prestasi

1. Third Place In Second Race at British Formula 3 Championship (2013)

Sean berkompetisi di Seri Internasional Formula 3 Inggris 2013 bersama Antonio Giovinazzi. Sean mengemudi untuk Double R Racing. Sean menaiki podium pertamanya di Silverstone dengan finis ketiga di balapan kedua dengan menyelesaikan delapan balapan di klasemen keseluruhan akhir.

2. Runner Up at GP2 Series (FIA Formula 2 Championship) (2016)

Sean berkompetisi penuh waktu di Seri GP2 dengan Campos Racing. Ia bermitra dengan Mitch Evans. Sean menempati posisi kedua di belakang rekan setimnya Evans yang memenangkan perlombaan.

3. Third Place at European Le Mans Series Endurance Racing (2021)

Sean berkompetisi di Monza 4 Jam Tahun 2021 dengan Jota Sport. Ia mengemudi bersama pembalap Malaysia, Jazeman Jaafar. Sean menempati urutan ketiga dalam ajang tersebut.

4. Runner Up at FIA World Endurance Championship (2021)

Sean mencapai sebuah prestasi pada ajang balap FIA World Endurance Championship 2021. Di musim perdananya bersama tim asal Inggris Jota Sport, Sean berhasil menggapai posisi kedua di klasemen LMP2.

5. Third Place at Endurance Racing 6 Hours of Spa Francorchamps (2022)

Sean Gelael menggapai prestasi gemilang dengan kemenangan pertamanta pada balap ketahanan mobil bersama dengan tim WRT pada tahun 2022 lalu.

Sean Gelael tidak hanya dikenal dengan nama belakang keluarga yang sudah tidak asing sejak lama, namun Sean mampu membuktikan diri memiliki prestasi yang patut dibanggakan setelah melalui perjalanannya yang juga patut diperhitungkan.

Demikianlah penjelasan tentang profil Sean Gelael yang memiliki prestasi membanggakan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi