Profil Justin Hubner Pemain Naturalisasi dari Liga Inggris

| 06 Dec 2023 22:00
Profil Justin Hubner Pemain Naturalisasi dari Liga Inggris
Profil Justin Hubner (Instagram.com/@justinhubner5)

ERA.id - Profil Justin Hubner tengah menjadi sorotan setelah dirinya resmi merampungkan proses naturalisasi menjadi WNI. Justin Hubner merupakan pemain dari klub Inggris Wolverhampton Wanderes yang disiapkan untuk memperkuat Timnas Indonesia. 

Justin Hubner menjalani proses pengambilan sumpah menjadi WNI di kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta pada Rabu (6/12). Setelah melalui proses yang panjang untuk naturalisasi pemain, akhirnya Justin Hubner bisa membela Timnas Indonesia 

Sebelumnya, Justin Hubner diproyeksikan memperkuat timnas U-20 Indonesia pada ajang Piala Dunia U-20 2023. Namun pemain berdarah campuran Belanda tersebut tidak jadi tampil karena ajang tersebut batal digelar di tanah air. Lantas seperti apa profil Justin Hubner dan sepak terjangnya sebagai pemain profesional?

Profil Justin Hubner

Justin Hubner lahir di Den Bosch, Belanda, pada 14 September 2003. Justin Hubner lahir dari keturunan darah Belanda-Indonesia. Ibunya yang bernama Brigitte Prophitus berasal dari Belanda. Sementara darah Indonesianya mengalir dari kakeknya, Ferdinand Rudolf Hubner dari Makassar.

Justin Hubner tumbuh sebagai remaja yang cinta dan menekuni dunia sepak bola. Ia mengawali karier di dunia sepak bola dengan bergabung ke tim akademi Brabant Yout di Belanda. Pada tahun 2017, dirinya bergabung dengan Den Bosch Yout dan sempat dipromosikan ke tim U-17 Den Bosch.  

Profil Justin Hubner  (Dok. PSSI)

Sepak Terjang Justin Hubner sebagai Pesepakbola Muda

Justin Hubner direkrut untuk memperkuat tim Den Bosch U-17 pada 1 Juli 2018. Penampilan gemilangnya berasam Den Bosch membuat Justin Hubner dilirik oleh klub Wolverhampton Wanderers asal Inggris. 

Justin Hubner resmi berseragam Wolves U-18 pada 13 Januari 2020, kemudian tampil di Premier League U-18 musim 2019-2020. Pemain muda berbakat ini pun menjalani promosi ke Wolves U-21 dua tahun setelahnya. Hubner sempat merumput dalam laga di Premier League 2 2021-2022 bersama Wolves U-21. 

Penampilan Justin Hubner di Premier League

Justin Hubner pernah tampil di Premier League 2 dengan kontribusi yang mengesankan bagi klubnya Wolves U-21. Dalam sembilan kali laga, dirinya berhasil menyarangkan 4 gol. Sampai saat ini atau sebelum naturalisasi, Justin Hubner masih bermain bersama Wolves untuk berlaga di kompetisi liga Inggris.

Sebelum terbang ke Indonesia untuk menyelesaikan proses naturalisasi, Justin Hubner ikut memperkuat Wolves melawan Leicester City U-21. Dalam pertandingan yang digelar pada Selasa (5/12) tersebut timnya berhasil menang dengan skor 3-1. Hubner menjadi kapten da mampu menorehkan satu gol indah. 

Justin Hubner Memperkuat Timnas Belanda

Justin Hubner juga pernah bermain pada level timnas bersama tim junior Belanda. Ia berseragam Timnas Belanda U-19 pada 6 September 2021. Pemain berperawakan tinggi 1,87 centimeter ini tercatat ikut memperkuat Belanda sebanyak tujuh kali. 

Justin Hubner Sudah Tampil Bersama Timnas Indonesia

Justin Hubner pernah membela Tim Garuda sebanyak dua kali. Dirinya pernah dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk mengisi skuad Timnas Indonesia pada Oktober 2022. Bersama timnas, Justin melakoni debutnya pada 17 November 2022. 

Justin Hubner masuk skuad Garuda menjelang Piala Asia AFC 2023 dan Piala Dunia FIFA U-20 2023. Justin juga bergabung dengan timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Turki pada November 2022.

Demikianlah profil Justin Hubner pemain naturalisasi yang bermain di klub Inggris Wolves. Kehadiran Justin Hubner sebagai pemain muda diharapkan mampu memperkuat Timnas Indonesia dalam laga-laga selanjutnya. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi