Legenda Sepakbola Franz Beckenbauer Meninggal Dunia pada Usia 78 Tahun

| 09 Jan 2024 21:59
Legenda Sepakbola Franz Beckenbauer Meninggal Dunia pada Usia 78 Tahun
Legenda sepakbola franz beckenbauer meninggal dunia (X)

ERA.id - Legenda sepakbola franz beckenbauer meninggal dunia. Kabar tersebut tentu menjadi duka mendalam bagi para fans sepakbola seluruh dunia.

Franz Beckenbauer adalah salah satu pemain sepak bola terbesar Jerman yang menjadi kapten tim nasional dalam meraih kemenangan Piala Dunia pada tahun 1974. Menariknya, Franz kemudian memenangkan turnamen tersebut lagi sebagai manajer pada tahun 1990.

Legenda Sepakbola Franz Beckenbauer Meninggal Dunia, Begini Sosoknya

"Dengan kesedihan mendalam, kami mengumumkan bahwa suami kami dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal secara tenang dalam tidurnya pada hari Minggu, dikelilingi oleh keluarganya," demikian pernyataan keluarganya pada hari Senin 8 Januari 2024.

Franz Beckenbauer mendapat julukan "the Kaiser" yang berarti "Kaisar", dan menjadi sosok sentral dalam beberapa pencapaian olahraga terbesar di Jerman. Ia lahir di Munich pada tahun 1945 dan memperkuat Bayern Munich.

Beckenbauer adalah sosok yang elegan dan dominan di lapangan saat membela Jerman Barat dan Bayern Munich pada tahun 1960-an dan 70-an. Dengan ketenangan di atas lapangan dan distribusi bola mudah yang mencirikan penampilan tengahnya, ia hampir menciptakan peran sweeper pertahanan tengah dan mencapai kesuksesan terbesarnya.

Perlu diketahui, Beckenbauer mengumpulkan 103 caps untuk Jerman Barat, memenangkan kejuaraan Eropa 1972, dan kemudian Piala Dunia di tanah air sendiri.

Beckenbauer meninggal di usia 78 tahun (X)

Bayern Munich di era Beckenbauer juga menjadi tim klub terbaik di dunia pada pertengahan tahun 1970-an, dengan memenangkan tiga Piala Eropa berturut-turut dan tiga gelar Bundesliga berturut-turut. Beckenbauer sendiri dua kali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa.

Ketika menjadi manajer timnas, tim Jerman Barat yang dipimpinnya kalah dalam final Piala Dunia 1986 dari Argentina tetapi berhasil meraih juara empat tahun kemudian di Italia sebagai tim gabungan Jerman.

Setelah pensiun sebagai pelatih, Beckenbauer beralih ke administrasi sepak bola. Namun, pada tahun 2016, ia didenda oleh komite etika FIFA karena tidak bekerjasama dalam penyelidikan korupsi terkait Piala Dunia 2018 dan 2022.

Selama beberapa tahun berikutnya, Beckenbauer terlibat dalam menangani masalah kesehatan, dan terakhir kali ia muncul di Allianz Arena Bayern Munich adalah pada Agustus 2022, saat itu ia hadir dalam pertandingan antara Bayern Munich dan Borussia Monchengladbach.

Atas meninggalnya Beckenbauer, ucapan belasungkawa mengalir dari seluruh penjuru Jerman dan komunitas sepak bola global. Kanselir Jerman Olaf Scholz menyampaikan duka cita dan mengakui Beckenbauer sebagai pemain terbesar yang menginspirasi antusiasme untuk sepak bola Jerman.

Kemudian Uni Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) juga menyebut Beckenbauer sebagai salah satu anak terbaik sepak bola Eropa dan Bundesliga Jerman dengan menggambarkannya sebagai ikon sejati.

Di luar Jerman, Premier League Inggris menyatakan bahwa 'Der Kaiser' akan selalu dikenang sebagai sosok elegan dan dominan.

Rudi Voller, pemenang Piala Dunia 1990 dan direktur tim nasional Jerman, menyebut waktu bersama Beckenbauer sebagai salah satu waktu istimewa terbesarnya. Dalam pernyataannya, Voller mengakui kehilangan sosok hebat dalam sepak bola Jerman dan kehilangan seorang teman baik.

Selain legenda sepakbola franz beckenbauer meninggal dunia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi