Rekomendasi 5 Kamera Fotografi Terbaik 2022, Anda Sudah Punya?

| 03 Sep 2022 11:03
Rekomendasi 5 Kamera Fotografi Terbaik 2022, Anda Sudah Punya?
Kamera x t30, salah satu kamera fotografi terbaik (official Fujifilm)

ERA.id - Fotografi merupakan bidang yang disukai dan diminati banyak orang. Para penghobi mendapatkan kesenangan saat hasil foto tampak bagus dan estetik. Sementara, pekerja di bidang ini memperoleh uang dengan menjual hasil jepretannya.

Fotografi bisa dilakukan dengan berbagai perangkat, termasuk ponsel. Namun, kamera fotografi terbaik akan membuatnya menjadi lebih maksimal.

Beberapa di antara Anda mungkin sudah cukup lama hidup di bidang fotografi. Berbagai teknik dan perangkat pernah Anda coba. Seiring berjalannya waktu, muncullah keinginan untuk melakukan kegiatan ini menggunakan kamera berspesifikasi tinggi.

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi kamera dari Era untuk Anda gunakan sehingga hasil jepretan semakin memukai, disadur dari tom’s guide.

Rekomendasi 5 Kamera Fotografi Terbaik

1. Sony a6100

Kamera ini memiliki kualitas gambar yang sangat baik dan set fitur yang mantab. Berbagai hal tersebut membuat kamera Sony a6100 tak hanya menajdi kamera mirrorless terbaik, tetapi mungkin kamera terbaik.

Kamera ini dibuat dengan baik. Perhatian pada bagian ergonomi membuat kamera Sony a6100 pas dan nyaman di tangan Anda. Selain itu, semua kontrol mudah dijangkau tangan.

Sony a6100 memiliki kemampuan yang baik dalam mengambil gambar secara tajam dan jernih dalam situasi apa pun. Autofokus yang dimiliki cerdas dan cepat sehingga membantu Anda saat membidik objek. Kunggulan yang lain, kamera ini disokong oleh baterai yang tahan untuk 420 bidikan. Secara umum, ini memungkinkan Anda melakukan sesi foto selama sehari tanpa mengisi daya baterai.

Sony a6100 juga bisa merekam video 4K, dan memiliki jack mikrofon untuk menangkap audio secara baik. Namun, dalam perekaman gambar, Anda perlu melihat pula Sony a6500 atau a6600, terutama dalam hal stabilisasi gambar.

2. Fujifilm X-T30

Kamera Fujifilm X-T30 adalah salah satu kamera mirrorless terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan—kurang lebih—di bawah $1.000. Kamera ini memiliki tampilan retro dan banyak dial, tetapi dilengkapi layar sentuh artikulasi yang lebih modern.

X-T30 mampu mengambil gambar yang fantastis dalam berbagai pengaturan pencahayaan. Selain itu, kamera ini memiliki banyak pengaturan dan filter artistik untuk mendapatkan lebih banyak variasi gaya dalam fotografi.

Dibekali prosesor yang cepat, Fujifilm X-T30 memungkinkan Anda mengambil video DCI 4K pada 30 fps. Sayangnya, Anda terbatas pada klip 10 menit.

3. Canon EOS Rebel T8i

Seperti pendahulunya, T8i mampu mengambil gambar dengan sangat baik dan memiliki beberapa panduan bawaan yang berguna untuk membantu pemula mempelajari kamera tersebut.

EOS Rebel T8i juga bisa merekam video dengan resolusi 4K, sedangkan framerate dibatasi pada 24 fps. Hal tersebut sudah cukup untuk Anda yang ingin merekam film berkualitas tinggi. Ini juga memiliki jack mikrofon untuk menangkap audio dengan lebih baik, bahkan bisa merekam video secaara vertikal yang ideal untuk konten media sosial.

4. Canon EOS R6

Kamera Canon EOS R6 memiliki harga yang terbilang tinggi. Namun, kemampuan yang ditawarkan juga tidak main-main. Canon EOS R6 termasuk kamera mirrorless dengan sensor full-frame 20MP dan unggul dalam hal autofokus.

Canon EOS R6, salah satu kamera fotografi terbaik (id canon)

Kamera ini sangat akurat saat melacak objek, termasuk hewan peliharaan yang bergerak cepat. Tak tanggung-tanggung, kamera ini bahkan bisa mengunci mata anjing saat ia berlari dan menempel kamera tersebut.

Stabilisasi gambar juga terbilang istimewa, lensanya bisa memberi Anda 8 stop ekstra. Dalam pengujian yang dilakukan oleh tom’s guide, bidikan tajam pada kecepatan rana 2 atau bahkan 4 detik didapatkan secara teratur. Pencahayaan dari kamera ini juga sangat cemerlang, pembidikan objek pada ISO 6400 hampir tidak menunjukkan noise. Gambar terbaik didapatkan pada angka 102.400.

Sayangnya, 20 megapiksel mungkin tidak cukup bagi semua orang. Video juga sedikit kurang: merekam 4K hingga 60 fps, tetapi masalah panas berlebih berarti hanya bisa melakukan perekaman selama 30 menit-an.

5. Panasonic Lumix S5

Panasonic Lumix S5 full-frame mungkin tampaknya bukan kandidat yang cocok untuk vlogger, tetapi bodinya yang relatif ringkas dan fitur video yang luas—banyak yang diwarisi dari saudara kandung S1H kelas atas—adalah faktor yang memenuhi syarat.

Panasonic Lumix S5 (panasonic.com)

Namun, karena fitur-fitur tersebut dan label harga yang relatif tinggi, S5 paling cocok digunakan oleh orang-orang yang menginginkan kamera hybrid dengan kemampuan yang melampaui vlogging. Stabilisasi gambar lima sumbu menghasilkan 5 stop OIS, hal tersebut bisa diperkuat menjadi 6,5 stop dengan lensa L-mount yang stabil.

LCD yang terang dan dapat diartikulasikan sepenuhnya, slot kartu ganda, jack mikrofon dan headphone, pengisian daya USB, dan bodi tahan debu dan percikan melengkapi beberapa fitur menarik dari S5. Kemampuan salah satu kamera fotografi terbaik Ini mungkin bukan untuk semua orang, tetapi memiliki banyak keunggulan bagi orang yang tepat. 

Rekomendasi