Fungsi Oli Gardan Matic, Waktu Penggantian, dan Efek Terlambat Ganti

| 06 Oct 2022 19:05
Fungsi Oli Gardan Matic, Waktu Penggantian, dan Efek Terlambat Ganti
Ilustrasi oli gardan (unsplash)

ERA.id - Sepeda motor matic membutuhkan dua jenis oli, yaitu oli mesin dan oli gardan matic. Seperti oli mesin, oli gardan matic juga harus diganti secara berkala dengan jangka waktu tertentu.

Ilustrasi motor matic (unsplash)

Jadwal penggantian oli gardan matic lebih lama dibandingkan oli mesin. Sayangnya, hal ini kadang membuat pengguna lupa melakukan penggantian. Jika oli gardan terlambat diganti, beberapa efek buruk bisa terjadi pada motor.

Pengertian dan Fungsi Oli Gardan

Dikutip Era dari laman resmi Suzuki, oli gardan merupakan pelumas yang dibutuhkan oleh sepeda motor untuk melicinkan komponen transmisi otomatis. Dengan pelumas tersebut, komponen-komponen yang saling bergesekan tidak cepat rusak.

Masa pakai oli gardan terbilang lama sebab tidak mudah rusak layaknya oli mesin. Disarankan, waktu penggantian oli gardan matic adalah 8.000 km. Jika berdasasrkan waktu, sekitar 3 hingga 4 bulan pemakaian.

Letak box gardan jauh dari ruang pembakaran. Inilah yang membuat oli gardan tidak cepat rusak akibat panas. Kerusakan oli gardan bisa terjadi akibat penggunaan dan debu atau air yang masuk dari selang CVT, misalnya saat menerang banjir.

Ketika oli gardan rusak, tingkat kekentalannya menurun. Warna oli juga akan berubah menjadi coklat susu akibat debu dan kotoran yang masuk. Jika oli gardan kotor, pengurasan harus dilakukan saat penggantian oli gardan agar komponen di dalam box gardan benar-benar bersih.

Penggantuan oli gardan secara rutin akan membuat performa motor matic tetap bagus. Lebih jelas soal fungsi oli gardan, simak penjelasan berikut.

1.    Melapisi Komponen CVT

Fungsi utama oli gardan adalah melapisi seluruh komponen transmisi CVT (continuously variable transmission). Tanpa lapisan oli, gesekan antarkomponen akan menciptakan overheat dan hal ini harus dihindari karena bisa merusak komponen yang saling bergesekan tersebut. 

2.    Gerak Transmisi Lebih Lancar

Oli gardan membuat gerakan jadi lebih halus, mengingat pergantian gear pada motor matic terjadi secara otomatis. Dengan demikian, kinerja transmisi matic jadi lebih lancar. Perubahan kecepatan pun menjadi lebih aman.

Motor matic harus mampu mengubah kecepatan dalam kondisi drastis ataupun statis, baik perubahan kecepatan dari tinggi ke rendah maupun sebaliknya. Penggantian oli gardan secara teratur membuat kinerja motor jadi lebih bagus dan lebih awet.

Efek Terlambat Ganti Oli Gardan Matic

Jika Anda lupa atau tidak tahu kapan harus mengganti oli gardan, Anda bisa bertanya kepada teknisi di bengkel resmi yang terakhir Anda datangi. Terlambat mengganti oli gardan bisa berakibat buruk pada motor matic, salah satunya terjadi kerusakan komponen. Berikut ini adalah beberapa efek jika oli gardan terlambat diganti.

1.    Suara Kasar pada Mesin

Jika mesin motor mengeluarkan suara yang kasar saat dihidupkan, bisa saja hal tersebut akibat kerusakan pada sistem transmisi. Kemungkinan, hal tersebut akibat penurunan kekentalan oli gardan.

Ketika digunakan, hal tersebut bisa lebih terasa. Suara menjadi lebih keras saat kecepatan dinaikkan atau diturunkan. Suara kasar tersebut muncul akibat gesekan pada transmisi yang bekerja terlalu keras karena pelumas sudah tidak bekerja dengan optimal.

Komponan yang terus bergesekan dengan keras tanpa pelumas nantinya akan terkikis. Beberapa waktu berjalan, kerusakan yang lebih parah bisa terjadi.

2.    Terasa Lebih Bergetar

Selain suara, body dan setang motor juga terasa lebih bergetar. Getaran tersebut terasa bahkan saat Anda berjalan di atas jalan yang halus.

Getaran bisa disebabkan oleh berbagai hal. Untuk mengetahui apakah getaran keras tersebut disebabkan oleh sistem transmisi, Anda bisa melakukan tes dengan mengendarai motor di jalan menurun.

Jika saat digunakan di jalan menurun getaran motor terasa lebih keras, tipbang gardan yang fungsinya menahan beban motor sudah tidak bekerja. Penyebab utama dari hal tersebut adalah oli yang kinerjanya sudah tidak baik.  

3.    Bearing Gardan Rusak

Bearing gardan merupakan komponen yang menempel pada bak CVT. Fungsi dari Komponen ini adalah menyelaraskan putaran mesin dan puli bagian depan. Jika oli gardan matic sudah tidak baik, bearing gardan juga akan mengalami kerusakan. 

Rekomendasi