Persiapan Touring Sepeda Motor yang Harus Dilakukan, Jangan Asal 'Gas' Aja!

| 07 Oct 2022 23:35
Persiapan Touring Sepeda Motor yang Harus Dilakukan, Jangan Asal 'Gas' Aja!
Ilustrasi pengecekan sepeda motor (unsplash)

ERA.idTouring menjadi kegiatan yang biasa dilakukan oleh komunitas sepeda motor. Terlepas dari jenis dan tujuan komunitas tersebut, persiapan touring sepeda motor tetap harus diperhatikan.

Perjalanan jarak jauh yang bisa saja memakan waktu hingga berhari-hari membutuhkan persiapan yang matang. Ini merupakan hal yang sangat penting demi menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan. Berikut ini adalah berbagai tips bagi Anda yang akan melakukan touring sepeda motor, dikutip Era dari laman Suzuki.

Persiapan Touring Sepeda Motor Demi Keselamatan

1.    Tubuh Fit

Kondisi tubuh adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Sejak beberapa hari sebelum keberangkatan, jaga kesehatan tubuh Anda dengan menjalankan gaya hidup sehat.

Tak hanya pola makan dan olahraga, waktu dan durasi istirahat juga harus diperhatikan. Jika dibutuhkan, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin.

2.    Pemeriksaan Kendaraan

Tubuh mungkin sudah fit, bagaimana dengan kendaraannya? Anda harus memeriksa kesiapan sepeda motor yang akan digunakan untuk touring.

Ini adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai kendaraan bermasalah di tengah jalan saat digunakan, apalagi perjalanan jauh. Periksalah setiap komponen yang ada di sepeda motor, baik yang besar maupun yang kecil, misalnya ban, rem, oli, oli gardan, lampu, karburator (jika menggunakan motor berkarburator), dan sebagainya.

3.    Persiapkan Barang-Barang Penting

Identitas diri dan Surat Kendaraan

Anda harus membawa surat keterangan nomor kendaraan (STNK), surat izin mengemudi (SIM), dan kartu tanda penduduk (KTP). Ini merupakan kelengkapan yang harus dibawa oleh warga negara yang mengendarai kendaraan bermotor.

·         Jas hujan, helm, dan sepatu

Helm adalah barang yang harus digunakan saat mengendarai sepeda motor. Selain sebagai syarat berkendara, ini juga menjadi pelindung kepala Anda. Sepatu juga demikian, ini akan melindungi kaki Anda selama melakukan perjalanan dengan sepeda motor.

Anda sebaiknya juga menggunakan jaket yang tebal agar kondisi fit Anda bisa terjaga sepanjang perjalanan. Selain itu, siapkan pula jas hujan sehingga tidak mudah terserang penyakit saat hujan turun karena kedinginan.

·         Ponsel

Ponsel memiliki berbagai fitur yang sangat membantu kehidupan sehari-hari, termasuk saat touring. Anda bisa menggunakan ponsel untuk berkomunikasi, melihat peta, mencari tempat makan, mencari rekomendasi penginapan, dll.

·         Power Bank

Sebagai antisipasi ponsel Anda kehabisan daya, bawa pula power bank. Belum tentu Anda bisa mengecas di berbagai tempat.

·         Uang tunai

Anda mungkin merasa sudah cukup ketika membawa kartu kredit atau kartu ATM. Namun, tidak semua tempat menyediakan mesin ATM dan menerima kartu kredit. Oleh sebab itu, tetap siapkan uang tunai di dompet Anda.

·         Obat dan P3K

Ilustrasi P3K (unsplash)

Obat-obat dasar atau obat sehari-hari harus dibawa pula. Selain itu, siapkan pula P3K untuk memberikan pertolongan pertama jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan di jalan.

·         Tool Kit

Perlengkapan otomotif seperti obeng, kunci, baut, dan sebagainya bisa disiapkan sebagai antisipasi jika terjadi masalah dengan sepeda motor di tengah jalan. Jika posisi Anda jauh dari bengkel, ini bisa menjadi P3K untuk sepeda motor.

·         Flat Tire Repair Kit

Peralatan ini akan berguna jika Anda mengalami kebocoran ban di daerah yang jauh dari tukang tambal ban. Di dalam paket peralatan ini terdapat pompa, obeng, lem, dan karet untuk menambal ban.

·         Pakaian Ganti

Bawalah beberapa pakaian ganti dan alat mandi ringkas jika Anda ingin melakukan touring yang memakan waktu cukup lama. Pilihlah hal-hal ringkas yang tidak membebani perjalanan.

Rekomendasi