Usai Pecat Karyawan Sepihak, Twitter Minta Pekerja Kembali Bekerja

| 07 Nov 2022 13:37
Usai Pecat Karyawan Sepihak, Twitter Minta Pekerja Kembali Bekerja
Twitter minta karyawan kembali (Unsplash/Joshua Hoehne)

ERA.id - Twitter Inc dilaporkan memanggil kembali para karyawan yang sebelumnya terkena imbas pemecatan. Hal ini disebut karena ada kesalahan pada proses pemecatan. 

Menurut laporan Bloomberg, pihak Twitter mulai memanggil kembali satu per satu karyawan yang dipecat secara sepihak. Laporan tersebut mengatakan karyawan yang dipecat sebagian lantaran terjadi kesalahan sebelumnya.  

Diketahui Twitter memangkas 3.500 pekerja atau 50 persen karyawannya sejak diakuisisi oleh Elon Musk. Tetapi dalam proses pemecatan, manajemen menyadari bahwa pekerjaan dan pengalaman mereka mungkin diperlukan untuk membangun fitur baru yang dibayangkan Musk. 

“Twitter baru-baru ini memberhentikan 50 persen karyawannya, termasuk karyawan di tim kepercayaan dan keselamatan,” kata kepala keamanan dan integritas perusahaan Yoel Roth dalam cuitannya awal pekan ini. 

Diketahui tim yang bertanggung jawab untuk komunikasi, kurasi konten, hak asasi manusia, dan etika pembelajaran mesin termasuk di antara mereka yang dipecat. Selain itu ada pula beberapa orang dari tim produk dan teknik.

Twitter memangkas tenaga kerjanya sebagai cara untuk memangkas biaya setelah akuisisi Musk, yang ditutup pada akhir Oktober. 

Menurut kesaksian mantan karyawan, banyak pekerja  mengetahui bahwa mereka kehilangan pekerjaan setelah akses mereka ke sistem di seluruh perusahaan, seperti email dan Slack, tiba-tiba ditangguhkan. 

Permintaan karyawan untuk kembali menunjukkan betapa terburu-buru dan kacaunya proses itu.

Setelah memecat setengah karyawannya, Musk disebut mendorong mereka yang tetap di perusahaan untuk bergerak cepat dalam mengirimkan fitur baru, dan dalam beberapa kasus, karyawan bahkan tidur di kantor untuk memenuhi tenggat waktu baru.

Twitter mengatakan sedang meluncurkan fitur baru ke paket berlangganan Twitter Blue, menawarkan tanda centang verifikasi untuk setiap pengguna yang membayar biaya bulanan. 

Perusahaan juga mengatakan akan segera meluncurkan fitur lain, termasuk setengah iklan, kemampuan untuk memposting video yang lebih panjang dan mendapatkan peringkat prioritas dalam balasan, sebutan, dan pencarian.

Sejauh ini belum diketahui apakah para mantan karyawan yang diminta kembali bersedia untuk bekerja. 

Rekomendasi