Begini Aturan Penggunaan Ban Cadangan Mobil, Jangan Main Asal Pakai

| 17 Apr 2023 17:06
Begini Aturan Penggunaan Ban Cadangan Mobil, Jangan Main Asal Pakai
Ilustrasi pemasangan ban cadangan (Freepik/Senivpetro)

ERA.id - Ban cadangan atau serep memiliki kegunaan penting saat mobil mengalami kondisi darurat. Ban serep digunakan untuk mengatasi ban bocor atau kempis saat di perjalanan. Namun penggunaan ban serep tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Lantas bagaimana aturan penggunaan ban cadangan mobil?

Penggunaan ban serep memang sangat penting dalam kondisi darurat, namun tidak boleh digunakan terus menerus dalam jangka lama. Ban serep hanya dipakai sebagai pengganti sementara ketika ban utama bermasalah. Ukuran dan tapak ban serep rata-rata lebih kecil dan tipis dari bahan ban utamanya. 

Ilustrasi ban cadangan mobil (Freepik/Standret)

Ban serep hanya diperuntukkan bagi penggunaan dan jarak waktu tertentu. Namun masih banyak pemilik mobil yang belum paham aturan penggunaan ban cadangan mobil. 

Aturan Penggunaan Ban Cadangan Mobil 

Produsen mobil umumnya membekali ban serep pada setiap unit mobil buatannya. Pemilik mobil bisa menyimpan ban serep di bagasi atau menggantungnya di luar bagian belakang dekat bumper.

Adanya ban serep dapat membantu saat ban utama mobil bermasalah, apalagi saat di tempat yang jauh dari bengkel atau di malam hari. Apalagi saat Anda menempuh perjalana jauh, seperti mudik atau ke luar kota.

Namun banyak pemilik mobil yang menggunakan ban serep secara asal-asalan tanpa memperhatikan aturannya. Berikut ini aturan penggunaan ban cadangan mobil. 

Standar Ukuran Ban Serep

Standar ukuran ban serep mobil bisa berbeda-beda di setiap negara. Ada mobil yang menerapkan ban serep berukuran sama dengan ban utama. Ada juga negara yang memberlakukan ban serep berukuran kecil. Selain itu, ada pula negara yang tidak mewajibkan mobil dibekali ban cadangan. 

Sementara untuk di Indonesia, penggunaan ban serep termuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 47 ayat 1 dan 2. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa bentuk dan ukuran ban cadangan harus sama dengan ukuran ban utama. Pemakaian ban serep berukuran lebih kecil diperbolehkan, asalkan diameter ban harus sama dengan ban utama. 

Standar Kecepatan Laju Mobil saat Pakai Ban Serep

Kecepatan laju mobil juga harus diperhatikan saat menggunakan ban serep. Aturan batas normal laju mobil dengan ban serep yakni antara 60 km/jam sampai 80 km/jam. Semakin kecil ukuran ban serep mobil, maka kecepatannya pun harus lebih kecil lagi. Anda bisa mengetahui aturan kecepatan maksimal yang tertulis di permukaan ban serep. 

Standar Tekanan Angin Ban Serep

Pemilik mobil juga harus tahu standar tekanan angin ban serep. Anda bisa mengetahui informasi standar tekanan angin ban serep dengan melihat stiker yang diberikan oleh produsen mobil. Stiker ini biasanya terdapat di bagian pilar B bawah dekat jok pengemudik. 

Meski Anda jarang sekali menggunakan ban cadangan, tapi Anda perlu secara rutin memeriksa tekanan anginnya. Cek apakah tekanan anginnya berkurang atau habis karena sudah lama tidak digunakan. Anda perlu memberi tekanan angin sesuai aturan dari pabrik dan dilebihkan 2 psi sampai 10 psi untuk menjaga durasi tekanan angin tersebut di dalam ban mobil. Sebab ban mobil yang tidak digunakan bisa mengalami penguapan. 

Perawatan Ban Serep

Ban cadangan mobil juga membutuhkan perawatan khusus. Meski jarang dipakai dan selalu tersimpan, pemilik mobil tetap harus merawat ban serep agar kondisinya tetap baik atau prima. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk merawat ban serep mobil. Anda bisa melumasi permukaan ban dengan semir untuk menjaga kelembaban ban. Selain itu, bersihkan juga debu dan kotoran yang menempel pada ban serep.

Demikianlah aturan penggunaan ban cadangan mobil. Adanya ban serep sangatlah membantu di saat mobil mengalami kondisi darurat dan sulit menemukan bengkel. Namun penggunaan ban serep harus sesuai dengan aturan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi