Mudah! Ini Cara Membuat Broadcast Channel Instagram dan Cara Kerjanya

| 20 Jun 2023 15:15
Mudah! Ini Cara Membuat Broadcast Channel Instagram dan Cara Kerjanya
Broadcast Channel Instagram (Meta)

ERA.id - Beberapa waktu lalu Instagram resmi meluncurkan fitur Broadcast Channel untuk para pengguna. Ini merupakan fitur yang bisa digunakan oleh para pengguna, termasuk kreator, untuk membuat pesan satu arah atau broadcast kepada para pengikutnya.

Sebelumnya, fitur ini hanya bisa digunakan oleh kreator terpilih. Saat ini Broadcast Channel bisa digunakan semua pengguna Instagram. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, cara membuat Broadcast Channel Instagram terbilang mudah. Simak informasi dari Era.id berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

Broadcast Channel Instagram

Dalam penggunakan Broadcast Channel Instagram, para pengikut hanya bisa memberikan respons berupa reaksi atau voting. Para pengikut tidak dapat mengirimkan pesan kepada pembuat broadcast.

Contoh Broadcast Channel Instagram (Meta)

Fitur ini memudahkan kreator dalam membagikan pengumuman, informasi, detail acara, dan konten di balik layar. Kreator bisa mengunggah berbagai jenis konten, seperti teks, foto, voice note, dan video. Kreator juga bisa mengundang kreator lain sebagai kolaborator ke dalam channel yang dibuat.

Broadcast Channel  Instagram merupakan salah satu strategi yang dimiliki Meta agar tampak lebih efisien. Kehadiran Broadcast Channel diiringi dengan penutupan fitur Live Shopping oleh Meta. 

Penutupan fitur Live Shoopping membuat toko tidak bisa lagi menandai produk selama live. Para kreator nantinya dapat memaksimalkan penggunaan Reels untuk berdagang atau membeli produk.

Menurut Mark Zuckerberg, secara bertahap fitur Broadcast Channel nantinya juga akan diperkenalkan di WhatsApp, Facebook, dan Messenger. Saat ini WhatsApp sebenarnya sudah memiliki fitur Broadcast Channel, tetapi baru bisa digunakan oleh perusahaan terpilih di sejumlah negara.

Cara Membuat Broadcast Channel Instagram

Jika Anda ingin menggunakan fitur Broadcast Channel Instagram, langkah yang harus dilakukan terbilang mudah. Berikut ini adalah cara melakukannya.

·         Masuk ke aplikasi Instagram.

·         Klik ikon DM Instagram yang terletak di pojok kanan atas layar.

·         Klik ikon berbentuk pena berbingkai yang terletak di pojok kanan atas.

·         Klik “Buat saluran siaran”.

·         Klik “Mulai”.

·         Berikan nama untuk Broadcast Channel Instagram Anda.

·         Klik “Buat saluran siaran”.

Sebenarnya, cara kerja Broadcast Channel Instagram tidak jauh berbeda dengan fitur Community yang ada di WhatsApp. Hal yang membedakan adalah kreator Broadcast Channel dapat mengirimkan pesan dalam berbagai bentuk. Selain itu, unggahan dari kreator dapat direspons oleh para pengikutnya, yaitu dengan memberi reaksi emoji atau mengikuti voting (jajak pendapat).

Jangan khawatir akan tertanggu dengan fitur ini sebab Anda bisa menonaktifkan Broadcast Channel Instagram. Selain itu, Anda juga dapat keluar dari kanal Broadcast Channel seseorang yang membuat Anda merasa terganggu.

Rekomendasi