Cara Mengaktifkan Passkey di WhatsApp Agar Privasi Lebih Terjaga

| 19 Oct 2023 18:05
Cara Mengaktifkan Passkey di WhatsApp Agar Privasi Lebih Terjaga
Cara mengaktifkan passkey di whatsApp (unsplash)

ERA.id - Tidak semua orang tahu cara mengaktifkan fitur passkey di WhatsApp, padahal keamanan dan privasi di dunia maya semakin penting dalam era digital ini.

Passkey merupakan lapisan keamanan tambahan yang memungkinkan Anda untuk menjaga akun WhatsApp Anda tetap aman dari akses yang tidak sah.

Artikel ini akan membahas langkah-langkah cara mengaktifkan passkey di WhatsApp, sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan lebih nyaman dan tenang.

Apa itu Passkey?

WhatsApp telah menangkap kekecewaan masyarakat terhadap kata sandi. Tidak sedikit para pengguna yang sulit untuk mengingat semua detail untuk masuk akun seperti tanggal lahir, tim olahraga, atau nama hewan peliharaan, tetapi hal itu juga dapat menghadapkan Anda pada celah keamanan.

Kejenuhan akan kata sandi telah membuat orang menggunakan kode yang sama untuk berbagai aplikasi dan layanan, hal tersebut kemudian membuka kemungkinan pelanggaran data, peretasan, dan upaya pemerasan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sekelompok perusahaan teknologi (termasuk Microsoft, Google, dan Apple) baru-baru ini mengadopsi standar masuk baru yang disebut passkey.

Secara singkat, passkey memungkinkan Anda untuk masuk ke akun Anda di komputer dan ponsel menggunakan biometrik seperti sidik jari, pemindaian wajah, atau PIN kunci layar.

Passkey diklaim lebih cepat, lebih andal, dan lebih aman dibandingkan kata sandi. Mereka juga berfungsi di semua perangkat Apple atau Android Anda melalui cloud, dan dapat dibagikan dengan orang lain.

Passkey diklaim lebih cepat, lebih andal (unsplash)

Di balik layar, fitur ini didukung oleh teknik yang dikenal sebagai kriptografi kunci publik. Ini pada dasarnya adalah metode untuk menyembunyikan (atau mengenkripsi) data sehingga hanya orang yang dimaksud yang dapat menggunakannya.

Seperti namanya, passkey bergantung pada seperangkat kunci: perangkat Anda memiliki kunci pribadi yang kemudian dipasangkan dengan kunci publik pada aplikasi atau situs web.

Kunci-kunci ini mirip dengan kode rahasia panjang yang terdiri dari sejumlah huruf dan angka yang teracak yang hanya diketahui oleh perangkat Anda. Tidak ada yang bisa melihat passkey Anda, termasuk situs web dan aplikasi.

Mereka hanya dapat memastikan bahwa Anda menggunakan kunci yang benar dengan menggunakan kunci publik di sisi mereka.

Melihat ke depan, beberapa perusahaan sudah mendukung passkey sebagai cara masuk ke layanan mereka, termasuk TikTok, PayPal, Nintendo, dan sekarang WhatsApp. Google sendiri menyatakan bahwa passkey mewakili kematian kata sandi dan otentikasi multi-faktor.

Cara Mengaktifkan Passkey di WhatsApp

Sebelum Anda dapat membuat passkey di Android, pastikan bahwa akun Google Anda terhubung ke ponsel Anda, layar kunci Anda sudah diatur, dan Anda memiliki versi terbaru Google Play Store terpasang.

Setelah langkah-langkah tersebut selesai, buka WhatsApp dan buka pengaturan (ketuk tiga titik di bagian kanan atas aplikasi pada halaman "chat" > pilih "pengaturan" dari menu drop-down).

Kemudian, ketuk "passkey" > buat passkey > lanjutkan. Di sini, Anda mungkin diminta untuk mengetuk "Gunakan kunci layar untuk membuat passkey Anda".

Anda juga akan mendapatkan opsi untuk membuat passkey setelah mendaftarkan nomor telepon Anda selama tahap setup.

Penting untuk dicatat bahwa fitur ini saat ini sedang direview Android, jadi mungkin perlu beberapa waktu hingga mencapai Anda.

Selain cara mengaktifkan passkey di whatsApp, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi