Cara Mengubah Voice Note Menjadi Text di WA

| 22 Aug 2024 20:31
Cara Mengubah Voice Note Menjadi Text di WA
Mengubah voice note menjadi text di wa (freepik)

ERA.id - Siapa bilang chat di WhatsApp harus ribet? Anda bisa kok lebih efisien dengan mengubah pesan suara menjadi teks. Penasaran cara mengubah voice note menjadi text di wa?

Fitur ini sangat berguna, terutama ketika kamu ingin menyimpan catatan penting atau sekadar ingin membaca kembali pesan yang panjang. Ingin tahu caranya? Simak artikel ini!

Bagaimana Cara Mengubah Voice Note Menjadi Text di WA?

  1. Mentranskripsi Pesan Suara WhatsApp ke Teks dengan Media.io

Aplikasi transkripsi online Media.io tersedia di perangkat Windows, Mac, Android, dan iPhone Anda.

Panduan di bawah ini menggunakan aplikasi WhatsApp di iPhone untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana cara mengubah pesan suara WhatsApp menjadi teks

Fitur transkrip pesan suara harus diaktifkan pada perangkat (freepik)
  • Langkah 1: Unduh Pesan Suara WhatsApp

Di iPhone Anda, tekan lama pesan suara, ketuk "Teruskan", ketuk "Bagikan" pada sudut kanan bawah layar berikutnya, ketuk "Simpan ke File", dan simpan file ke telepon lokal Anda atau iCloud.

Catatan: Jika Anda menggunakan Android, Anda dapat membuka folder "File Saya > Penyimpanan Internal > WhatsApp > Media > Pesan Suara WhatsApp" untuk mengakses file pesan suara.

  • Langkah 2: Unggah Pesan Suara WhatsApp ke Transkripsi Media.io

Buka Safari (atau browser web lainnya) di perangkat iPhone Anda, kunjungi URL https://www.media.io/app/sound-to-text , ketuk "Unggah video atau audio", ketuk "Pilih File", dan cari serta unggah pesan suara WhatsApp ke portal.

Catatan: Di smartphone Android, Anda dapat langsung menuju folder pesan suara dan mencari serta mengunggah file ke aplikasi Transkripsi Media.io.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Cara menyadap wa pacar dari jarak jauh tanpa diketahui

  • Langkah 3: Transkripsikan Pesan Suara WhatsApp ke Teks

Ketuk "Transkripsikan Sekarang", ketika diminta, masukkan ID dan kata sandi Wondershare Anda untuk masuk, dan tunggu sementara Transkripsi Media.io memproses pesan suara WhatsApp menjadi teks.

Kemudian lihat pratinjau pesan yang telah ditranskripsi. Jika sudah benar, unduh dan simpan ke ponsel Anda.

  1. Menggunakan WhatsApp

Fitur transkrip pesan suara harus diaktifkan pada perangkat Anda untuk dapat menggunakannya. Setelah diaktifkan, penerima pesan dapat melihat transkrip pesan suara, namun pengirim tidak dapat melihat transkrip.

Kemudian tanda terima untuk pesan suara akan ditampilkan berdasarkan pengaturan yang diaktifkan dalam pengaturan privasi Anda. Berikut ini cara menyalakan atau mematikan transkrip pesan suara:

  • Buka Pengaturan WhatsApp.
  • Ketuk Obrolan.
  • Nyalakan atau matikan Transkrip Pesan Suara.
  • Saat mengaktifkan Transkrip Pesan Suara, pilih Bahasa Transkrip Anda.
  •  Atau, saat mengaktifkan transkrip pesan suara untuk pertama kali, Anda dapat mengetuk Mulai dari transkripsi suara. Ketuk Pilih bahasa, pilih Bahasa Transkrip Anda, dan pilih kapan Anda ingin mengunduh bahasa dengan mengetuk Siapkan sekarang atau Tunggu Wi-Fi.

Bagaimana cara melihat transkrip pesan suara?

Anda dapat mengaktifkan transkrip pesan suara pada perangkat Anda. Caranya dengan mengetuk buka tutup menu di pesan suara untuk menampilkan lebih banyak transkripsi.

Namun transkrip pesan suara mungkin membutuhkan beberapa saat untuk tersedia. Jika Anda menerima kesalahan "Transkrip tidak tersedia", mungkin karena: pengaturan bahasa transkrip Anda tidak cocok dengan bahasa pesan suara, beberapa kata tidak dikenali (mungkin karena suara latar), bahasa pesan suara tidak didukung, atau transkrip pesan suara tidak akurat.

Selain cara mengubah voice note menjadi text di wa, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi