Cara Deteksi Kerusakan Power Steering Elektrik dengan Mudah di Rumah

| 04 Nov 2023 08:02
Cara Deteksi Kerusakan Power Steering Elektrik dengan Mudah di Rumah
Cara deteksi kerusakan power steering elektrik (unsplash)

ERA.id - Power steering elektrik adalah teknologi kendaraan modern yang membuat pengendalian mobil lebih mudah dan nyaman. Namun, perangkat tersebut juga dapat mengalami kerusakan seiring waktu. Lantas bagaimana cara deteksi kerusakan power steering elektrik?

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai tanda dan metode untuk mendeteksi kerusakan pada komponen penting ini sehingga Anda dapat segera mengambil langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.

Banyak kendaraan modern dilengkapi dengan fitur power steering. Fitur ini memungkinkan pengemudi mengendalikan mobil tanpa harus memberikan tenaga yang besar untuk menggerakkan roda kemudi.

Berbeda dengan masalah mekanis lainnya pada kendaraan Anda, masalah power steering seringkali menunjukkan tanda-tanda sebelum sepenuhnya mengalami kerusakan.

Tanda peringatan ini akan terus muncul hingga masalahnya terselesaikan atau sistemnya gagal sepenuhnya. Dilansir dari Aamco Minnesota, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi kerusakan power steering:

Cara Deteksi Kerusakan Power Steering Elektrik

  1. Bunyi mendesing dan berdecit

Setiap bunyi mendesing dari kendaraan Anda bukanlah pertanda baik dan perlu segera diperiksa. Saat mendengar bunyi berdecit atau mendesing ketika Anda memutar kemudi atau saat mengemudi dengan kecepatan rendah, maka hal tersebut bisa mengindikasikan adanya kerusakan pada fitur power steering.

  1. Kesulitan memutar kemudi

Salah satu tanda kerusakan roda kemudi yang paling umum adalah kesulitan memutar kemudi. Dalam kebanyakan kasus, ini biasanya disebabkan oleh kurangnya cairan power steering atau kebocoran dalam sistem. Ini juga bisa berarti bahwa pompa power steering Anda telah aus dan perlu diganti.

Salah satu tanda kerusakan roda kemudi yang paling umum adalah kesulitan memutar kemudi (unsplash)
  1. Kemudi berdenyut atau bergetar

Gejala ini biasanya terasa saat mobil sedang dalam keadaan diam. Dalam kebanyakan kasus akan datang tiba-tiba dan membuat kemudi bergetar bolak-balik.

Kemudian dalam banyak kasus, biasanya ada retakan besar pada sabuk. Getaran ini juga hanya terjadi pada saat Anda memutar kemudi pada titik tertentu. Jika Anda tidak yakin apakah masalahnya ada pada sabuk penggerak, maka hubungi seorang mekanik profesional.

  1. Cairan Power Steering Rendah

Mekanik akan merekomendasikan jadwal layanan perawatan reguler untuk menghindari kasus di mana cairan Anda rendah. Jika Anda mengalami tingkat cairan power steering yang rendah, maka bisa berarti Anda memiliki kebocoran dalam sistem.

Perlu diketahui, tingkat cairan yang rendah akan menyebabkan pompa power steering Anda mendesing atau mendesing saat memutar kemudi.

  1. Ada Sensasi Melayang

Masalah ini diakibatkan jika roda kemudi power steering Anda memiliki gear kemudi yang aus. Hal tersebut seringkali disebabkan oleh kurangnya pelumasan dari pompa cairan power steering.

Biasanya mekanik handal akan memeriksa kebocoran cairan power steering saat mengganti gear. Penggunaan yang berlebihan juga bisa mengindikasikan adanya gear roda kemudi yang rusak.

Salah satu tanda kerusakan power steering adalah jika Anda perlu memutar kemudi lebih banyak sebelum kendaraan merespons. Hal ini menjadi indikasi bahwa gear roda kemudi power steering Anda sedang bermasalah.

Selain cara deteksi kerusakan power steering elektrik, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi