Apa Itu Industri 4.0 dan Bagaimana Aplikasinya di Masa Kini?

| 16 Jan 2024 22:05
Apa Itu Industri 4.0 dan Bagaimana Aplikasinya di Masa Kini?
Apa itu industri 4.0 (unsplash)

ERA.idIndustri 4.0 mencerminkan revolusi besar dalam dunia manufaktur dan teknologi informasi yang mengubah cara kita memandang produksi dan otomasi. Lantas apa itu industri 4.0 dan apa saja aplikasinya?

Artikel ini akan membahas secara mendalam apa yang sebenarnya dimaksud dengan Industri 4.0, dampaknya terhadap berbagai sektor, dan bagaimana perubahan ini membentuk masa depan industri.

Apa Itu Industri 4.0?

Kini dunia sedang mengalami transformasi signifikan terkait cara kita memproduksi berbagai produk berkat digitalisasi manufaktur. Transisi ini begitu kuat sehingga disebut sebagai Industri 4.0 yang mewakili revolusi keempat yang terjadi dalam manufaktur.

Mulai dari revolusi industri pertama (mekanisasi melalui tenaga air dan uap) hingga produksi massal dan lini perakitan dengan menggunakan listrik pada industri kedua, kemudian revolusi industri keempat akan mengambil apa yang dimulai pada industri ketiga dengan adopsi komputer dan otomasi.

Revolusi industri 4.0 akan meningkatkan industri 3.0 dengan sistem pintar dan otonom yang didukung oleh data dan pembelajaran mesin. Meskipun beberapa menganggap Industri 4.0 hanya sebagai kata pemasaran, namun sebenarnya pergeseran sedang terjadi dalam manufaktur.

Industri 4.0 Mengoptimalkan Komputerisasi Industri 3.0

Pada awal diperkenalkan, komputer mulai masuk dalam Industri 3.0 dan menjadi teknologi yang benar-benar baru. Namun sekarang dan ke depan seiring perkembangan Industri 4.0, komputer terhubung dan berkomunikasi satu sama lain hingga akhirnya membuat keputusan tanpa melibatkan manusia.

Industri 4.0 melibatkan peran kecerdasan buatan atau AI (unsplash)

Kombinasi sistem siber-fisik, Internet of Things, dan Internet of Systems membuat Industri 4.0 menjadi kenyataan dan pabrik pintar. Akibat dukungan dari mesin pintar yang semakin cerdas seiring akses mereka terhadap lebih banyak data, pabrik-pabrik akan menjadi lebih efisien, dan produktif.

Pada akhirnya, jaringan mesin akan terhubung secara digital satu sama lain dan menciptakan berbagi informasi yang menghasilkan kekuatan sejati dari Industri 4.0.

Industri 4.0 memang membawa revolusi dalam proses manufaktur melalui digitalisasi dan konektivitas. Meskipun beberapa organisasi belum sepenuhnya menyadari dampaknya atau menghadapi kesulitan menemukan bakat yang diperlukan, banyak yang telah mulai menerapkan perubahan ini.

Pada masa kini aplikasi Industri 4.0 mencakup identifikasi peluang, optimasi logistik, penggunaan peralatan otonom, robotika, manufaktur tambah, serta pemanfaatan Internet of Things dan cloud. Semua ini bertujuan meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam proses produksi.

Meski masih dalam tahap evolusi, perusahaan yang mengadopsi teknologi Industri 4.0 telah mengenali potensinya. Namun, mereka juga dihadapkan pada tantangan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja dan merekrut individu dengan keahlian yang sesuai.

Pada masa kini pergeseran menuju masa depan industri yang lebih cerdas dan terhubung terlihat tidak terelakkan. Dalam 30 tahun mendatang, kita mungkin baru dapat sepenuhnya memahami dampak Industri 4.0.

Yang pasti, perusahaan yang proaktif dalam mengadopsi teknologi ini lebih siap menghadapi perubahan dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh era manufaktur yang semakin terhubung dan efisien.

Selain apa itu industri 4.0, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi