Apa Itu Videotron dan Teknologi Apa Saja yang Digunakan?

| 18 Jan 2024 13:03
Apa Itu Videotron dan Teknologi Apa Saja yang Digunakan?
Apa itu videotron (unsplash)

ERA.id - Di era teknologi visual ini videotron menjadi salah satu elemen yang mendominasi tampilan kota-kota modern. Dikenal sebagai layar LED besar di ruang publik, apa itu videotron?

Videotron telah menjadi suatu fenomena yang merubah cara kita berinteraksi dengan informasi dan hiburan di lingkungan perkotaan. Artikel ini akan membahas apa itu videotron, bagaimana teknologinya berkembang, dan dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari serta iklan di kota-kota masa kini.

Apa Itu Videotron?

Videotron atau layar LED adalah suatu media yang dapat menampilkan video atau teks menggunakan teknologi Light Emitting Diode (LED). LED bekerja dengan mengkonversi listrik menjadi cahaya menggunakan semikonduktor.

Di masa depan penggunaan videotron akan semakin meningkat dengan dukungan regulasi pemerintah, serta manfaat penggunaan videotron yang lebih efektif dan efisien dibandingkan media konvensional seperti billboard.

Aplikasi penggunaan videotron sendiri sangat beragam, dapat digunakan di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor).

Namun, videotron yang digunakan di indoor biasanya tidak memerlukan tingkat kecerahan yang tinggi, karena secara umum jarak pandang dalam penggunaan indoor tidak terlalu jauh, sehingga mata manusia perlu diberikan tingkat informasi yang tidak terlalu terang.

Sementara itu, videotron yang berlokasi di area outdoor memerlukan tingkat kecerahan yang sangat tinggi, karena cahaya dari videotron akan berhadapan langsung dengan sinar matahari.

videotron outdoor biasanya menggunakan teknologi lampu DIP (unsplash)

Untuk videotron outdoor sendiri, biasanya menggunakan teknologi lampu DIP, sedangkan untuk videotron indoor, umumnya menggunakan lampu SMD. Keunggulan dari SMD sendiri adalah kualitas warna yang dihasilkan dan juga sudut pandang yang lebih baik.

Di masa lalu, perbedaan harga videotron antara SMD dan DIP cukuplah besar, tetapi sekarang dengan kemajuan teknologi harga SMD semakin mendekati harga DIP.

Perlu diketahui, sebagian besar videotron indoor menggunakan teknologi SMD, sedangkan videotron outdoor menggunakan teknologi DIP. Namun, ada juga videotron outdoor yang menggunakan teknologi SMD dengan pitch 6 ke bawah.

Videotron outdoor dan indoor juga memiliki tingkat ketahanan air dan debu yang berbeda. Umumnya videotron outdoor dapat tahan air dan debu, sementara videotron indoor cenderung tidak tahan air dan debu.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tingkat ketahanan videotron, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut tentang tingkat IP (Ingress Protection). Biasanya IP terdiri dari dua digit, di mana digit pertama menggambarkan ketahanan terhadap debu, sedangkan digit kedua menggambarkan ketahanan terhadap air.

Viral Gara-Gara Videotron Anies

Soal videotron menjadi viral lantaran munculnya videotron Anies Baswedan yang menjadi perbincangan sibuk di media sosial Indonesia. Tagar yang viral beberapa waktu lalu  ternyata terhubung dengan capres Anies Baswedan dan komunitas pendukung Anies yang menyatakan diri sebagai penggemar K-Pop.

Selain itu, netizen ramai membahas penurunan konten Anies Baswedan yang dipasang sebagai iklan di videotron di Bekasi dan Jakarta.

Viral videotron Anies Berasal dari akun Olppaemi Project. Akun tersebut mengklaim mewakili pihak penyelenggara proyek yang memasang videotron Anies.

Melalui akun X @olpprpject, Olppaemi Project menyampaikan bahwa iklan Anies tidak ditampilkan lagi dengan alasan "di luar kendali mereka", meskipun iklan tersebut seharusnya dijadwalkan tayang selama seminggu ke depan.

Selain apa itu videotron, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi