Jenis Mobil SUV Berdasarkan Ukuran dan Dimensi

| 21 Jan 2024 10:05
Jenis Mobil SUV Berdasarkan Ukuran dan Dimensi
Jenis mobil suv (unsplash)

ERA.id - Salah satu segmen mobil yang mendapatkan perhatian khusus adalah Sport Utility Vehicle (SUV). Terdapat beberapa jenis mobil SUV dari berbagai brand terkemuka yang menawarkan berbagai keunggulan yang membedakannya dari jenis mobil lainnya.

SUV tidak hanya memberikan kenyamanan berkendara di berbagai medan, tetapi juga menjadi simbol gaya hidup aktif dan petualangan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis mobil SUV dan mengulas keunggulan-keunggulan yang membuatnya diminati.

Jenis Mobil SUV

Tidak dapat dipungkiri bahwa popularitas SUV telah tumbuh signifikan selama bertahun-tahun. Pertumbuhannya begitu besar sehingga kini ada banyak pilihan terkait dengan jenis kendaraan ini.

Anda dapat mendapatkan hampir semua jenis yang diinginkan di kelas SUV. Di sisi lain, dengan begitu banyak opsi, akan sangat sulit membedakan antar model. Jadi, apa saja jenis SUV yang tersedia saat ini?

Ketika Anda akan memutuskan membeli SUV mana yang tepat untuk Anda, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pertama-tama, terletak pada sasis mobil. Kedua, Anda harus tahu ukuran yang Anda cari. Terdapat berbagai ukuran mobil SUV di antaranya:

  • Compact crossover
  • Crossover
  • Mid-size
  • Full-size

Memilih Mobil SUV Berdasarkan Ukuran

Jika Anda masih bingung bagaimana perbandingan ukuran mobil SUV, mari kita coba lebih dalam. Dalam segmen crossover, SUV akan lebih mirip mobil dan akan menjadi SUV terkecil yang dapat Anda beli.

Tipe SUV crossover membuat berkendara lebih seperti mobil daripada truk dan biasanya dilengkapi dengan mesin empat atau enam silinder. Meskipun mobil jenis ini dapat menangani off-roading, sebenarnya tidak dibuat untuk jalan berbatu.

Namun kabar baiknya, Anda dapat menghemat pengeluaran karena SUV crossover mengkonsumsi bahan bakar yang jauh lebih baik dibandingkan dengan saudaranya yang lebih besar.

SUV Berukuran Penuh Memiliki Ukuran super besar (unsplash)

Kemudian untuk SUV berukuran sedang akan lebih mirip seperti truk. Jenis SUV ini mampu menangani medan yang lebih kasar ketika dilengkapi dengan penggerak empat roda.

Sebagian besar waktu SUV berukuran sedang akan dilengkapi dengan mesin enam silinder, namun bisa memiliki mesin delapan silinder di bawah kap mesin. Selain itu, Anda akan memiliki lebih banyak ruang di dalam SUV berukuran sedang terutama di kursi bagian belakang.

Kemudian ada SUV yang berukuran penuh mirip truk yang membuat Anda akan memiliki kemampuan membawa lebih banyak barang dengan jenis SUV ini. Mobil jenis ini juga akan memberikan posisi berkendara yang lebih tinggi dan memberikan traksi yang lebih baik dalam kondisi jalan licin.

Meskipun demikian, terdapat kerugian dari SUV berukuran penuh adalah sulit untuk bermanuver dan lambat untuk dipercepat. Selain itu, peluang terjadi kecelakaan rollover juga jauh lebih tinggi pada jenis SUV ini.

Jenis mobil SUV berukuran penuh juga merupakan kendaraan paling tidak efisien bahan bakar dalam kelas ini karena memiliki mesin bertenaga enam atau delapan silinder yang kuat.

Berikut ini beberapa contoh SUV yang akan Anda temui di beberapa kelas:

  1. Compact Crossovers

  • Toyota RAV4
  • Honda CR-V
  1. Mid-size Crossovers

  • Dodge Journey
  • Jeep Cherokee
  1. SUV Berukuran Sedang

  • Kia Sorento
  • Jeep Grand Cherokee
  1. SUV Berukuran Penuh

  • Ford Explorer

Selain jenis mobil suv, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi