Tak Harus Modal Besar, Inilah Rahasia Jitu Bangun Bisnis Sukses dengan Modal Minimum Dimasa Pandemi Covid-19

Tim Editor

Ilustrasi rekan kerja (Foto: Pexels/Sora Shimazaki)

ERA.id - Di tengah situasi tak menentu saat ini dan pengetatan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), modal kerap kali menjadi salah satu aspek pertimbangan utama seseorang dalam mulai berbisnis. Padahal, strategi bisnis dan pemilihan target pasar yang tepat dapat menjadi sebuah landasan dasar untuk membangun bisnis yang menghasilkan walaupun dengan modal yang relatif kecil.

Demi mematahkan asumsi masyarakat seputar jumlah modal dalam memulai bisnis di masa pandemi Covid-19, berikut adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh para pelaku usaha yang ingin membangun bisnis dengan modal ratusan ribu berdasarkan rilis dari ShopeePay yang diterima Era.id pada Sabtu (17/7/2021).

1. Tentukan target pasar yang hendak disasar dan jadilah solusi bagi mereka

Ilustrasi target pasar (Foto: Pexels/Mikael Blomkvist)
Ilustrasi target pasar (Foto: Pexels/Mikael Blomkvist)

 

Menciptakan sebuah ide bisnis dapat dimulai dengan menentukan target pasar yang ingin disasar. Berangkat dari langkah tersebut, pelaku usaha kemudian dapat mulai menciptakan solusi dari permasalahan yang dimiliki oleh target pasarnya. Dengan begitu, para pelaku usaha dapat membangun strategi bisnis yang tepat dan menciptakan produk maupun jasa yang sesuai dengan masalah yang ingin dipecahkan oleh bisnis yang mereka rintis.

2. Memanfaatkan kekuatan platform digital

Tak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 telah mendorong percepatan transformasi digital dan menuntut masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia untuk beradaptasi dengan perkembangan era digital. Digitalisasi kini telah menjadi salah satu strategi yang efektif untuk menjangkau konsumen dan bersaing dengan pemain lain di industri.

3. Ukur risiko dengan cermat dan maksimalkan ‘modal’ lainnya

Ilustrasi modal pasar (Foto: Pexels/ undefined PhotoMIX Company)
Ilustrasi modal pasar (Foto: Pexels/ undefined PhotoMIX Company)

Dalam membangun sebuah bisnis, seorang pelaku usaha juga harus membuat proyeksi bisnis dengan perhitungan yang matang sehingga mereka dapat lebih siap menghadapi risiko bisnis ke depannya. Namun, risiko bisnis tersebut dapat diminimalisir dengan strategi persiapan modal yang lebih matang.

Modal yang dibutuhkan dalam membangun bisnis sebenarnya tidak melulu soal uang. Membangun bisnis dengan modal minim juga harus turut disertai dengan dukungan modal lainnya seperti keterampilan membangun dan menjaga relasi, kreativitas, menggunakan platform digital, berkomunikasi, negosiasi dan kepemimpinan.

Tag: tips bisnis online rahasia bisnis modal minimum bisnis

Bagikan: