Cara Menghilangkan Bau Cat Tembok di Rumah Anda dengan Mudah

| 10 Sep 2023 12:15
Cara Menghilangkan Bau Cat Tembok di Rumah Anda dengan Mudah
Cara menghilangkan bau cat tembok (unsplash)

ERA.id - Penggantian cat tembok yang baru dengan warna indah seringkali membuat Anda terganggu dengan bau cat yang tajam dan tidak sedap. Untuk itu penting mengetahui cara menghilangkan bau cat tembok baru di rumah Anda!

Melalui artikel ini akan dibahas cara-cara efektif untuk menghilangkan bau cat tembok yang mengganggu, sehingga Anda dapat menikmati ruangan yang segar dan nyaman tanpa gangguan aroma yang tidak diinginkan.

Cara Menghilangkan Bau Cat Tembok

Dilansir dari Valspar Paint, Berikut ini terdapat beberapa tips menghilangkan bau cat yang mengganggu:

  1. Jaga ruangan tetap terventilasi

    jaga ruangan tetap terventilasi (unsplash)

Buka jendela, pintu, dan biarkan aliran udara tetap bergerak dalam ruangan. Tempatkan beberapa kipas angin yang berputar di sekitar ruangan, arahkan ke jendela yang terbuka, dan mereka akan membantu menghilangkan bau cat. Jangan hidupkan kipas angin sampai Anda selesai mengecat dan catnya sudah kering.

  1. Baking soda

Baking soda adalah bahan yang ajaib dan secara alami menyerap bau, sehingga sangat berguna di tempat-tempat seperti kulkas. Jika Anda ingin menggunakan baking soda untuk mengurangi bau cat, tuangkan baking soda ke beberapa piring dan sebarkan di seluruh ruangan. Biarkan semalaman dan kemudian buang di pagi hari.

Untuk benda-benda furniture atau perabotan rumah berbahan lunak seperti karpet atau sofa, taburkan baking soda di atasnya, biarkan semalaman, lalu bersihkan dengan vakum cleaner pada hari berikutnya.

  1. Arang aktif

Arang aktif adalah penyerap bau alami yang sering digunakan dalam alat penghisap asap kompor dan penjernih udara. Sama seperti dengan baking soda, letakkan sedikit arang aktif di atas piring dan sebarkan di seluruh ruangan. Biarkan selama sehari atau lebih, kemudian buang setelah bau hilang.

  1. Pertahankan suhu rumah Anda tetap sejuk

Jika Anda memiliki jendela terbuka dan ruangan sudah terventilasi dengan baik, maka seharusnya suhu ruangan sudah cukup sejuk. Namun, jika Anda mengecat di musim dingin, jangan nyalakan pemanas sampai catnya kering. Hal ini membantu mengurangi bau cat.

  1. Pilih cat dengan kandungan VOC rendah

Pilih cat dengan kandungan VOC (senyawa organik volatile) rendah untuk mengurangi bau. VOC adalah penyebab kuat dari bau cat yang tajam, jadi pastikan memilih cat dengan kandungan VOC rendah seharusnya membuat bau cat tidak terlalu kuat.

  1. Gunakan penjernih udara

Penjernih udara membantu menyerap bau dan menghilangkannya lebih cepat. Berbeda dengan kipas angin, penjernih udara tidak akan mempercepat proses pengeringan, tetapi tetap dapat menghilangkan bau, sehingga Anda bisa menyalakannya segera setelah mulai melukis.

  1. Bawang

Metode ini mungkin akan membuat rumah Anda berbau bawang sebentar, tetapi ini akan menghilangkan bau cat.

Bawang mengandung senyawa yang dapat menetralkan zat kimia penyebab bau cat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memotong bawang menjadi dua bagian dan letakkan di ruangan yang sedang Anda lukis.

  1. Dupa

Terkadang, cara terbaik untuk menghilangkan bau adalah dengan mengatupkannya dengan bau lain; temukan dupa yang Anda suka dan bakar selama beberapa jam untuk menyamarkan bau tersebut.

Selain cara menghilangkan bau cat tembok, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi