7 Tips Menabung Harian, Ringan dan Berbuah Nyata, Berani Coba?

| 20 Nov 2022 10:15
7 Tips Menabung Harian, Ringan dan Berbuah Nyata, Berani Coba?
Ilustrasi menabung (unsplash)

ERA.id - Kebutuhan semakin banyak, tetapi Anda tetap perlu menabung demi masa depan. Jumlahnya tak harus banyak, yang penting dilakukan dengan disiplin. Ada tips menabung harian yang bisa Anda coba.

Jika Anda ingin menabung setelah uang terkumpul selama beberapa minggu atau bahkan bulan, hal tersebut bisa membuat proses menabung tidak efektif. Sementara, menabung harian bisa lebih menunjukkan hasil, bahkan jika uang yang Anda tabungkan terbilang sedikit. Dikutip Era dari Regions dan Gramedia, berikut adalah tips yang bisa Anda ikuti.

Tips Menabung Harian yang Mudah Dilakukan

1. Lunasi utang

Jika Anda mencoba menghemat uang, tetapi masih ada beban utang yang besar, menabung jadi tidak efektif. Oleh sebab itu, mulailah dengan menyelesaikan masalah ini agar menabung lebih efektif.

Anda tidak yakin? Jumlahkan berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk membayar utang setiap bulan. Anda akan segera melihat datanya. Setelah Anda bebas dari utang, uang di tangan Anda bisa dengan mudah ditabung.

2. Tetapkan tujuan

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah memvisualisasikan tujuan Anda menabung. Jika butuh motivasi, buatlah target menabung beserta timeline agar lebih mudah dalam melakukannya.

Sebagai contoh, Anda mau beli rumah dalam tiga tahun dengan uang muka 20 persen. Nah, sekarang Anda memiliki target dan tahu berapa banyak uang yang perlu Anda tabung setiap bulan untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Gunakan celengan transparan

Botol plastik tak terpakai bisa memberikan manfaat yang nyata untuk mengumpulkan uang. Anda bisa menjadikannya celengan. Dengan bentuk yang transparan, Anda bisa tahu seberapa banyak yang Anda simpan sehingga lebih termotivasi untuk terus menabung.

4. Hemat makan

ilustrasi bekal makan (unsplash)

Tips menghemat uang yang jelas adalah melakukannya setiap hari. Salah satu pengeluaran yang dilakukan setiap hari adalah makan siang. Oleh sebab itu, tekan pengeluaran Anda terkait biaya makan siang. Anda bisa membawa bekal atau membeli makanan dengan harga yang lebih murah.

Satu hari mungkin tidak terlalu terlihat, tetapi jika Anda melakukan hal tersebut selama setahun, jumlah uang yang Anda amankan menjadi sangat besar.

5. Tahan keinginan belanja online

Ini adalah hal sederhana yang bisa memberikan dampak besar. Kemudahan belanja online tak jarang membuat orang gelap mata. Batasi keinginan Anda jika hal tersebut bukanlah sebuah kebutuhan. Belanjalah dengan bijak agar pengeluaran tidak membengkak. Jika Anda ingin membeli sesuatu di toko online, padahal bukan hal penting, alihkan uang tersebut ke celengan.

6. Kumpulkan uang kecil

Uang receh koin mungkin sering Anda abaikan. Hal tersebut membuat uang receh kerap terbuang dan tak terpakai. Alangkah baiknya jika Anda menyiapkan celengan khusus untuk uang-uang receh koin. Lakukan hal tersebut setiap Anda memiliki uang koin. Tanpa terasa, dalam setahun Anda akan mendapati sebuah celengan yang sangat berat.

7. Pindahkan ke bank

Ini adalah langkah yang bisa Anda lakukan dalam jangka waktu tertentu. Setelah Anda rutin menabung setiap hari, bahkan dalam jumlah yang kecil, uang akan terkumpul. Setelah beberapa bulan, pindahkan uang tersebut ke bank dengan potongan kecil atau bahkan tanpa potongan sama sekali. Dengan demikian, uang Anda menjadi lebih aman.

Itulah beberapa tips menabung harian yang bisa Anda lakukan. Langkah besar tidak akan terjadi tanpa adanya langkah kecil. Jadi, mulailah Anda menabung sekarang, bahkan dengan nilai yang masih kecil. 

Rekomendasi