Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Tips Memilih dan Rekomendasi Produk

| 17 Dec 2022 12:05
Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Tips Memilih dan Rekomendasi Produk
Ilustrasi wanita menggunakan sunscreen untuk kulit sensitif (freepik)

ERA.idSunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk paparan sinar matahari terhadap kulit. Namun, pemilihan sunscreen untuk kulit sensitif perlu pertimbangan yang lebih matang sebab kulit sensitif butuh perawatan khusus.

Dengan demikian, perlindungan kulit bisa lebih optimal tanpa memberikan dampak buruk kepada kulit sensitif. Dikutip Era dari hellosehat, berikut adalah tips memilih sunscreen untuk kulit sensitif.

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Caption Ilustrasi sunscreen untuk tubuh (unsplash)

Cara teraman dalam memilih sunscreen untuk kulit sensitif adalah menggunakan produk bebas bahan kimia (hanya mengandung bahan organik). Hal lain yang perlu dicermati adalah membedakan produk sunscreen untuk wajah dan sunscreen untuk tubuh. Kulit wajah merupakan kulit yang lebih sensitif dibandingkan kulit tubuh.

1. Memilih sunscreen untuk kulit sensitif yang berminyak

Pemilik kulit berminyak saja perlu memilih sunscreen tertentu. Lalu, bagaimana jika seseorang memiliki kulit sensitif yang berminyak?

Tak perlu khawatir. Sunscreen yang dianjurkan untuk kulit sensitif yang berminyak adalah produk yang mengandung titanium oksida dan zinc oxide. Dua kandungan tersebut merupakan filter UVA dan UVB fisik yang disetujui oleh FDA sebagai pelindung kulit dari paparan matahari langsung.

Titanium dioksida merupakan mineral alami yang mampu memantulkan radiasi sinar UV dan tidak terurai di bawah paparan sinar matahari. Sementara, zinc oxide merupakan mineral sintetis yang mampu memecah panas dan energi dari sinar UV, serta menghalangi radiasi, bahkan sebelum mencapai permukaan kulit.

Zinc oxide juga memiliki kemampuan anti-iritasi dan pelindung kulit. Hal tersebut umumnya menjadi salah satu komposisi pendukung dalam produk perawatan kulit sensitif.

Titanium oksida dan zinc oxide merupakan yang paling sedikit menimbulkan reaksi alergi sebab tidak menyerap ke dalam kulit. Produk dengan filter UV ini bisa digunakan oleh anak-anak dan orang yang memiliki kulit sangat sensitif terhadap sinar UV.

Tips yang selanjutnya adalah memilih produk yang bebas minyak dan mengandung SPF 45 atau lebih. Ketika berenang, disarankan menggunakan sunscreen berbahan dasar gel dibandingkan yang berbahan dasar air. Selain itu, hindari produk sunscreen yang mengandung parfum atau pewangi.

2. Memilih sunscreen untuk kulit sensitif yang kering

Kulit kering menjadi lebih rentan terhadan cuaca terik dan dingin. Pemilik kulit sensitif yang kering dianjurkan menggunakan produk sunscreen berbentuk losion dengan kandungan protein gandum. Hal tersebut memiliki fungsi melindungi serta melembapkan kulit.

Tips yang lain adalah memilih produk sunscreen dengan kandungan sodium hyaluronate, Mexoryl SX, dan titanium oksida.

Tabir surya dengan UVB adalah produk yang populer di masyarakat. Namun, pemilik kulit sensitif yang kering butuh produk yang mencantumkan tulisan “broad spectrum”. Maksud dari tulisan tersebut adalah produk sunscreen yang tersebut mampu melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB.

Produk dengan tulisan broad spectrum memiliki kandungan titanium dioksida dan zinc oxide, avobenzone, octisalate, ecamsule, atau PABA (para-aminobenzic acid) yang memiliki fungsi menangkal radiasi sinar UV.

Rekomendasi Produk Sunscreen untuk Kulit Sensitif

Dilansir Her World, ada beberapa produk sunscreen yang bisa dicoba untuk Anda pemilik kulit sensitif. Berikut adalah rinciannya.

1.    Cetaphil Sun SPF 50+ Light Gel

2.    L'oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh SPF 50 PA+++

3.    Etude House Sunprise Mild Airy Finish SPF 50+ / PA+++

4.    Some by Mi Truecica Mineral 100 Calming Sunscreen

5.    Innisfree Tone Up Calamine Sunscreen Stick SPF 50+ PA+++

6.    Banana Boat Simply Protect Sensitive Sunscreen Lotion

Itulah beberapa tips memilih sunscreen untuk kulit sensitif dan beberapa produk yang bisa dicoba. Perlindungan kulit dari sinar matahari tidak hanya berkaitan dengan kecantikan, tetapi juga kesehatan sehingga harus dijaga. 

Rekomendasi