8 Tips Liburan Bersama Bayi untuk Dapatkan Keceriaan, Kenyamanan, dan Keamanan

| 22 Jan 2023 12:02
8 Tips Liburan Bersama Bayi untuk Dapatkan Keceriaan, Kenyamanan, dan Keamanan
Ilustrasi liburan bersama bayi (freepik)

ERA.id - Salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga adalah liburan. Namun, jika Anda sedang memiliki anak yang masih kecil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tips liburan bersama bayi bisa menjadi salah satu gambaran agar liburan keluarga Anda menyenangkan dan aman.

Seperti kita ketahui, bayi belum memiliki fisik dan mental seperti orang dewasa. Berbagai kemampuan orang dewasa juga belum dimiliki oleh anak sehingga orang tua harus bijak saat mengajak anak bayinya berlibur agar tidak membahayakan keamanan si kecil. Dikutip Era dari orami, berikut adalah tips yang bisa Anda jadikan gambaran.

Tips Liburan Bersama Bayi atau Balita

Orang tua berlibur bersama anak (unsplash)

1. Tidak dikejar waktu

Hindari melakukan liburan bersama bayi saat Anda atau pasangan memiliki jadwal yang padat. Ini tampak sepele, tetapi bisa berdampak besar kepada anak.

Jika liburan dilakukan dengan saat Anda berada pada jadwal yang padat, Anda akan kelahan karena dikejar waktu. Efek lelah tersebut bisa lebih terasa pada bayi. Selain itu, Anda dan keluarga juga tidak bisa menikmati liburan dengan baik.

Jadwal kegiatan liburan juga perlu disesuaikan dengan jadwal rutinitas anak. Contohnya, pada siang hari (waktu tidur siang anak), Anda dan si kecil harus sudah ada di penginapan.

2. Lokasi ramah anak

Destinasi liburan bersama bayi juga harus dipertimbangkan dengan baik. Pilihlah kota dan tempat wisata yang ramah anak—bukan hanya untuk kesenangan orang tua.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait keamanan, kenyamanan, dan fasilitas untuk anak. Contohnya adalah restoran yang menunya cocok untuk anak dan ada fasilitas bermain untuk anak.

3. Penginapan nyaman

Standar liburan bersama keluarga berbeda dengan liburan bersama teman-teman. Penginapan untuk liburan bersama keluarga, terutama bersama bayi, perlu memperhatikan kenyamanan dan keamanan. Penginapan yang nyaman akan membuat bayi lebih tenang, senang, dan mudah beradaptasi.

4. Hindari Terlalu Banyak Berbelanja

Hindari belanja dalam jumlah yang terlalu banyak dan lama saat liburan bersama bayi. Keinginan belanja adalah keinginan dari orang tua, bukan si bayi, sehingga hal tersebut perlu dikendalikan.

Belanja yang terlalu lama bisa membuat bayi kelelahan. Selain itu, si kecil bisa merasa bosan jika terlalu lama di tempat belanja. Satu hal lagi, belanjaan yang banyak akan membuat orang tua kerepotan karena masih harus menjaga si kecil dan berbagai keperluannya.

5. Keperluan bayi

Ini adalah hal penting yang jarang terlupa, tetapi tetap kami ingatkan. Buatlah daftar keperluan bayi untuk liburan sebab hal-hal kecil belum tentu bisa didapatkan saat ada di lokasi wisata.

Beberapa hal terkait keperluan anak berkaitan dengan keperluan makan, tidur, bepergian, kebersihan, kesehatan, keamanan, dan semacamnya. Persiapkan hal-hal ini dengan baik agar Anda tidak kesusahan saat berada di tempat wisata.

6. Pilih Jadwal Pesawat Pagi Hari

Jika Anda ingin liburan bersama bayi menggunakan pesawat, sesuaikan jadwal penerbangan dengan jadwal aktivitas anak. Anda bisa memilih waktu pagi hari jika menggunakan pesawat.

Cuaca pada pagi hari lebih sejuk dan segar. Selain itu, jadwal pagi meminimalisir bayi kelelahan. Selain itu, terkadang penumpang pada pagi haru lebih sedikit.

7. Bawa tas secukupnya

Meski ada berbagai barang yang perlu dibawa, tetapi pertimbangkan untuk tidak membawa tas berlebihan. Pilihlah barang dan jumlahnya dengan seksama dan bijak—mana yang perlu dibawa dan mana yang tidak. Membawa tas dan barang secara berlebihan bisa membuat Anda kelelahan.

8. Manfaatkan promo

Liburan bersama keluarga bisa tetap hemat, salah satunya dengan memanfaatkan promo khusus anak. Ada beberapa keringanan yang bisa didapatkan dalam promo tersebut, seperti transportasi, pemandu pribadi, grup tur, dan  biaya masuk objek wisata.

Rekomendasi