Cara Menyimpan Daun Bawang di Kulkas Agar Tetap Segar dan Awet, Yuk Simak!

| 28 Jan 2023 16:15
Cara Menyimpan Daun Bawang di Kulkas Agar Tetap Segar dan Awet, Yuk Simak!
Ilustrasi daun bawang (Foto: Pixabay)

ERA.id - Mungkin daun bawang tidaklah sepopuler bawang merah dan juga bawang putih. Padahal rasa dan aromanya sangat berpotensi untuk bisa membuat masakan menjadi lebih lezat. Adapun cara mengolahnya pun dapat disamakan dengan bawang merah dan bawang putih yang biasanya ditumis atau dimasak pada tahap awal. Namun, daun bawang lebih sering dijadikan bahan taburan. Adapun untuk menjaga kualitasnya, ada beberapa cara menyimpan daun bawang di kulkas.

Ilustrasi daun bawang (Foto: Pixabay)

Cara Menyimpan Daun Bawang di Kulkas agar Awet

Untuk membuat daun bawang tetap terlihat segar, simak cara menyimpan daun bawang di kulkas di bawah ini.

Simpan di Dalam Plastik

Plastik merupakan salah satu wadah terbaik yang digunakan untuk menyimpan daun bawang. Sebab aroma daun bawang yang pada umumnya menyengat akan tersamarkan saat disimpan di dalam plastik. Namun, selain melindungi dari daun bawang yang menyengat, plastik juga dapat menjaga kelembapan daun bawang dan menjaga aroma lezat dari daun bawang itu sendiri.

Dengan demikian, saat akan digunakan atau diolah menjadi makanan, rasa dan aroma khas dari daun bawang akan tetap tercium dan menambah rasa yang khas.

Simpan di Dalam Air

Cara lain untuk menyimpan daun bawang, yaitu dengan menyimpannya di dalam air. Sebab ternyata cara ini mampu membuat daun bawang bertahan selama 1-2 hari. Caranya juga cukup mudah dilakukan dan sama seperti menyimpan bunga. Pertama, siapkan botol kosong yang bersih kemudian isilah dengan air. Selanjutnya masukkan daun bawang di dalam botol yang berisi air tersebut.

Simpan di Dalam Kulkas

Selain wadah yang dijadikan tempat bersentuhan langsung untuk menyimpan daun bawang, kondisi tempatnya juga ikut berpengaruh. Salah satunya yaitu kulkas. Kulkas juga dapat menjadi pilihan terbaik jika dapur Anda tidak memiliki pencahayaan yang cukup.

Bagaimana dengan wadah yang digunakan ketika akan menyimpannya di dalam kulkas? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Simpan di dalam freezer

Salah satu bagian kulkas, yaitu freezer juga dapat dijadikan pilihan untuk menyimpan daun bawang. Adapun secara durasi, menyimpan daun bawang di freezer memang akan membuat daun bawang lebih lama. Namun, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

Daun bawang sebaiknya tidak boleh dibekukan. Jika memang terpaksa dibekukan, Anda bisa mempergunakannya untuk diolah menjadi sup atau resep serupa. Sebab, pembekuan dapat membuat daun bawang jadi lembek dan membuat rasanya lebih pahit.

Anda dapat menyiasatinya dengan cara memotongnya menjadi irisan kecil atau dibiarkan utuh sekalian. Anda tidak disarankan memotongnya dengan ukuran yang tanggung. Selanjutnya Anda bisa memanfaatkan sealed atau disegel dalam kantong kedap udara dan dapat disimpan selama 3 bulan.

Simpan di Dalam Wadah Tertutup

Bagaimanapun atau dimanapun tempat menyimpan daun bawang yang Anda pilih, wadahnya wajib tertutup rapat. Hal ini juga dilakukan untuk menambah awetnya rasa serta kondisi daun bawang itu sendiri. Sebelum disimpan di dalam wadah tertutup, sebaiknya daun bawang dimatangkan terlebih dulu.

Caranya yaitu dengan merebus terlebih dahulu di air mendidih dengan tambahan garam selama 30 menit. Selanjutnya langsung celupkan daun bawang ke dalam air es dan keringkan. Cara ini umumnya disebut blansir, perpindahan suhu drastis dari rebusan ke air es menghentikan proses memasak sehingga kondisi daun bawang akan menjadi lebih awet. Selanjutnya, baru dimasukkan ke dalam toples atau wadah tertutup.

Agar lebih tertutup, lebih baik lagi jika wadah tersebut diikatkan dengan karet. Cara ini juga dapat diterapkan untuk sayuran lain seperti brokoli dan lainnya.

Simpan dengan Kertas Basah

Jika kulkas tidak terlalu besar untuk menyimpan daun bawang apalagi dengan toples atau wadah bervolume yang lain, Anda dapat menyiasatinya dengan membungkus daun bawang dengan kertas basah atau kain basah.

Namun, yang harus diperhatikan, kelembaban kertas atau kainnya juga harus tepat. Tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu basah. Sebab jika terlalu basah, daun bawang akan lebih cepat membusuk.

Simpan dalam Kondisi Kering

Cara terakhir yang paling sederhana yaitu dengan menyimpan daun bawang dalam kondisi yang benar-benar kering. Namun, bagaimanapun, setelah membeli daun bawang, sebaiknya dicuci untuk menghindari debu atau bakteri dan kuman yang menempel.

Anda disarankan membeli daun bawang yang masih segar dan tidak ada bagian yang layu. Cuci bersih dan selanjutnya keringkan hingga benar-benar tidak ada air tersisa. Sebab jika memang tidak disimpan di kulkas dan freezer, daun bawang sebaiknya tidak disimpan dalam keadaan basah. Karena jika dibiarkan basah, daun bawang akan lebih cepat rusak dan membusuk.

Demikianlah penjelasan tentang cara menyimpan daun bawang di kulkas yang dapat dilakukan. Selamat mencoba!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi