Cara Mencairkan Daging Beku yang Benar agar Aman Dikonsumsi

| 10 May 2024 09:04
Cara Mencairkan Daging Beku yang Benar agar Aman Dikonsumsi
Cara mencairkan daging beku yang benar (unsplash)

ERA.id - Pernahkah Anda terburu-buru ingin memasak daging, namun teringat bahwa dagingnya masih beku? Jangan panik, Anda hanya perlu tahu cara mencairkan daging beku yang benar, agar masakan matang sempurna.

Perlu diketahui, mencairkan daging beku dengan cara yang salah dapat menyebabkan tekstur dan rasa daging yang tidak optimal, bahkan membahayakan kesehatan.

Artikel ini akan membahas panduan lengkap cara mencairkan daging beku yang benar, agar Anda dapat memasak daging segar dan lezat dengan mudah dan aman.

Cara Mencairkan Daging Beku yang Benar

Dilansir dari Good Housekeeping, cara terbaik untuk mencairkan daging dengan aman adalah didiamkan semalaman di dalam kulkas sampai benar-benar mencair.

Setelah dicairkan, daging giling, unggas, dan seafood dapat disimpan dengan baik di lemari es selama satu atau dua hari. Sedangkan daging merah (sapi, babi, domba, dan steak) dapat bertahan dengan baik selama tiga hingga lima hari lagi.

Meskipun mencairkan daging di lemari es membutuhkan waktu dan perencanaan sebelumnya, namun cara ini memberi Anda bonus tambahan untuk dapat membekukannya kembali dengan aman (walaupun mungkin mengalami sedikit penurunan kualitas).

Setelah dicairkan seafood dapat disimpan lagi di dalam kulkas maksimal 2 hari (unsplash)

Bisakah Mencairkan daging dengan air dingin?

Hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam, mencairkan gading dengan air dingin akan dengan cepat dan tepat mencairkan daging tanpa microwave.

Caranya, tempatkan potongan daging beku Anda dalam kantong plastik yang dapat ditutup kembali dan peras sebanyak mungkin udaranya. Isi mangkuk besar dengan air dingin dan rendam kantong di dalam air.

Kemudian ganti air setiap 30 menit untuk memastikan tetap dingin dan dapat mencairkan daging. Potongan daging, unggas, atau makanan laut yang lebih kecil (sekitar satu pon) dapat mencair dalam waktu satu jam atau kurang, kemudian jumlah yang lebih besar (tiga hingga empat pon) mungkin membutuhkan waktu dua hingga tiga jam.

Meskipun demikian, tidak direkomendasikan untuk membekukan kembali daging setelah dicairkan, kecuali jika Anda sudah memasaknya terlebih dahulu. Tips: Gunakan daging yang sudah dicairkan untuk membuat sup dan rebus dalam jumlah besar!

Bolehkah memasak daging beku?

Saat Anda benar-benar terdesak, Anda tidak perlu mencairkan daging beku sebelum dimasak. Percaya atau tidak, aman untuk memasak daging beku, potongan ayam utuh, dan steak beku.

Namun daging akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak, dan cara ini tidak ideal untuk mendapatkan kulit yang garing keemasan atau pemasakan yang sempurna.

Namun, cara ini adalah pilihan bagus, bahkan ketika daging yang dicairkan dengan sempurna tidak tersedia. Namun hindari memasak daging beku dalam slow cooker karena daging bisa terlalu lama mencair dan menjadi tidak aman untuk dimakan.

Bolehkah mencairkan daging dengan air panas?

Meskipun bagi sebagian orang mencairkan daging beku di air panas atau dibiarkan begitu saja di atas meja menjadi kebiasaan, Namun sebaiknya jangan melakukan hal ini karena aging yang dicairkan tidak boleh dibiarkan pada suhu ruang lebih dari dua jam.

Jika daging mulai mencair dan suhunya menjadi lebih hangat dari 40 °F, bakteri yang mungkin ada sebelum dibekukan dapat mulai berkembang biak.

Selain cara mencairkan daging beku yang benar, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : tips daging beku
Rekomendasi