Menghilangkan Ngantuk saat Nyetir? Simak Caranya Berikut

| 05 Jun 2023 19:05
Menghilangkan Ngantuk saat Nyetir? Simak Caranya Berikut
Ilustrasi mengantuk saat nyetir (Pixabay)

ERA.id - Kecelakaan di jalanan tentunya dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang cukup sering yaitu rasa kantuk pengemudi atau terjadinya microsleep. Sehingga kecelakaan ini tidak hanya terjadi pada kerusakan mobil, tapi pada beberapa kasus juga mengakibatkan cedera fatal hingga kematian pengemudi dan penumpang.

Sebuah penelitian dari AAA Foundation menyimpulkan bahwa sepanjang Oktober 2010 sampai Desember 2013, terdapat sekitar 700 lebih kecelakaan karena pengemudi mengantuk. Lantas, bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat nyetir? Berikut penjelasannya!

Ilustrasi (Foto: www.vistazo.com)

Ajak bicara penumpang lain

Mengemudi sendirian untuk sebagian orang mungkin merupakan hal yang biasa. Namun, ada juga orang-orang yang belum terbiasa dengan hal ini, terutama jika menempuh perjalanan jauh dan sedang dalam kondisi kelelahan berat. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengajak teman ataupun keluarga saat melakukan perjalanan.

Tentu ada banyak keuntungan dengan mengajak orang lain saat mengemudi. Salah satunya Anda dapat berganti posisi ketika tubuh sudah merasa lelah. Selain itu, Anda juga bisa mengisi kebosanan dengan mengobrol bersama penumpang lain. Secara tak langsung rasa kantuk Anda akan teralihkan dan tetap terjaga. Mengajak penumpang lain pun akan sangat membantu mengawasi perjalanan saat Anda mulai kehilangan kewaspadaan.

Cukupi kebutuhan istirahat

Cara menghilangkan ngantuk saat nyetir dapat dimulai dengan pola istirahat yang cukup. Terlebih jika Anda akan melakukan perjalanan jauh ke luar kota, misalnya, ada baiknya Anda memastikan jam tidur sudah tercukupi. Dalam artian, tidak kurang dari pola tidur normal agar badan terasa segar saat mengemudi kendaraan.

Tubuh yang kurang tidur juga berpotensi menimbulkan gangguan mental. Bahkan, gangguan ini hampir serupa dengan orang mabuk. Risiko lainnya ketika kurang tidur dalam waktu 24 jam dinilai sama dengan menyimpan kadar alkohol dalam darah 0,1 persen. Oleh sebab itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan istirahat sehari-hari, terutama sebelum berkendara.

Menepi dan lakukan power nap

Cara mengusir kantuk saat nyetir yang paling baik yaitu dengan menepi sejenak. Untuk perjalanan jauh, pengemudi bisa beristirahat idealnya setiap dua jam sekali. Saat menepi ini, Anda dapat melakukan power nap atau tidur sejenak selama kurang lebih sekitar 15-20 menit. Geserlah kursi dengan posisi yang pas agar Anda dapat tidur dengan nyenyak meskipun hanya sebentar.

Selanjutnya, saat terbangun, lakukanlah peregangan secukupnya. Setidaknya ini hal ini bisa membuat tubuh rileks kembali dan melemaskan sejenak otot-otot yang tegang selama mengemudi. Namun, carilah tempat yang cukup ramai seperti pom bensin atau rest area. Kemudian, pastikan kendaraan dalam kondisi aman saat ditinggal tidur sejenak. Hal ini penting untuk dilakukan agar hal-hal yang merugikan seperti aksi pencurian dapat dihindari, terlebih jika Anda membawa barang berharga.

Konsumsi minuman dengan kafein

Selain mendapatkan istirahat yang cukup dan melakukan peregangan, cara paling mudah yang lain untuk menghilangkan kantuk yaitu dengan cara mengonsumsi minuman yang mengandung kafein tinggi. Selama ini, kafein dipercaya dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesadaran pengendara ketika mengemudi.

Sebelum berkendara hindari minum obat

Apakah Anda pernah mengonsumsi obat seperti obat masuk angin dan obat anti-mabuk di perjalanan? Jika iya, sebaiknya selanjutnya jangan lakukan hal tersebut. Sebab, konsumsi obat-obatan dapat memberi pengaruh terhadap tingkat konsentrasi dan kewaspadaan selama berkendara.

Efeknya memang tidak bekerja secara langsung, tetapi perlahan-lahan akan membuat seseorang menjadi ngantuk dan hal tersebut cukup berbahaya di perjalanan. Jika Anda diharuskan untuk minum obat tertentu, jangan paksakan diri untuk menyetir mobil. Bila perlu, tundalah perjalanan hingga kondisi benar-benar sudah fit dan segar kembali.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan ngantuk saat nyetir, semoga perjalanan Anda lancar dan selamat hingga tujuan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi