Cara Membuat Cold Brew Praktis, Bisa Dicoba di Rumah

| 05 Aug 2023 09:25
Cara Membuat Cold Brew Praktis, Bisa Dicoba di Rumah
Cara membuat cold brew (unsplash)

ERA.id - Apakah terpikirkan sebelumnya cara membuat cold brew ala-ala coffee shop? Jika iya, mari simak terus artikel ini.

Cold brew adalah minuman kopi yang semakin populer karena cita rasanya yang lembut dan menyegarkan, terutama saat cuaca panas.

Berbeda dengan metode tradisional menyeduh kopi dengan air panas, cold brew melibatkan proses perendaman biji kopi dalam air dingin selama beberapa waktu. Proses ini memungkinkan rasa kopi yang lembut dan sedikit manis tanpa pahitnya kopi yang dihasilkan dari ekstraksi panas.

Jika Anda ingin menikmati cold brew yang segar dan lezat di rumah, berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat cold brew yang sempurna.

Cara Membuat Cold Brew dengan Mudah

Membuat cold brew sangat mudah. Pertama giling kopi secara kasar, bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau di tempat Anda membeli biji kopi. Lalu campurkan bubuk kopi dengan air, kemudian biarkan meresap semalaman, atau sekitar 12 jam.

Selama waktu ini, kopi perlahan-lahan meresap ke dalam air, menciptakan minuman yang kaya dan pekat. Saring pada pagi hari berikutnya, dan kopi Anda siap dinikmati.

Tips Membuat Cold Brew (unsplash)

Mengapa Anda Harus Membuat Cold Brew Coffee?

Metode pembuatan kopi ini memiliki beberapa keunggulan:

●        Proses infus yang lambat menarik seluruh cita rasa kopi dari biji (dan, ya, kafeinnya - jangan khawatir karena relatif rendah).

●        Namun, metode ini juga meninggalkan sebagian besar senyawa yang dapat membuat kopi terasa pahit dan asam.

●        Ini berarti bahwa cold brew coffee memiliki cita rasa yang sangat lembut dan hampir manis. Sempurna untuk menikmati kopi dingin.

Tips Membuat Cold Brew Sukses

Berikut ini beberapa tips agar Anda sukses meracik cold brew:

●        Pastikan biji kopi Anda digiling secara kasar: Biji kopi yang digiling menjadi bubuk halus, seperti untuk kopi tetes, dapat menghasilkan kopi yang terlalu kaya dan membuat kopi yang disaring menjadi berbutir dan keruh. Biji kopi Anda seharusnya tampak kasar seperti  tepung jagung, atau bahkan sedikit lebih kasar.

●        Gunakan air saring, jika memungkinkan agar kopi Anda akan memiliki rasa yang lebih bersih dan manis.

●        Rendam selama minimal 12 jam: Tidak masalah untuk memendekkan waktu, tetapi jangan terlalu singkat. Kopi membutuhkan waktu penuh ini untuk sepenuhnya meresapkan ke air. Menyaring terlalu dini bisa membuat kopi Anda menjadi lemah. Juga berhati-hatilah dengan rendaman terlalu lama, yang bisa mulai mengekstrak beberapa rasa pahit yang ingin kita hindari. Disarankan untuk tidak merendam lebih dari 15 jam atau lebih.

●        Dinginkan cold brew Anda dengan es kopi: Ingin pengalaman kopi yang sepenuhnya murni? Buat es kopi untuk mendinginkan kopi es Anda!

Selain cara membuat cold brew, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi