Tips Frugal Travel agar Tetap Hemat di Tempat Tujuan Wisata

| 17 Sep 2023 08:25
Tips Frugal Travel agar Tetap Hemat di Tempat Tujuan Wisata
Tips frugal travel (unsplash)

ERA.id - Di masa kini bepergian tidak lagi harus menguras kantong karena ada frugal travel. Artikel ini akan membahas pengertian dan beberapa tips frugal travel yang harus Anda ketahui sebelum berangkat.

Jika Anda ingin menjelajahi tempat-tempat baru dan pengalaman-pengalaman yang luar biasa tanpa harus merogoh terlalu dalam ke dalam tabungan Anda, maka artikel ini adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Jika Anda ingin mempelajari segala trik menjadi pelancong hemat yang cerdas atau yang disebut sebagai frugal travel, maka ikuti tips-tips  sederhana ala pelancong backpacker berikut:

Tips Frugal Travel

  1. Lakukan perjalanan dengan lambat

Ini adalah aturan nomor satu dalam perjalanan hemat. Semakin lama Anda berada di satu tempat, semakin baik Anda dapat mengenalnya dengan baik.

Dengan cara ini, Anda dapat menemukan tempat-tempat terbaik untuk mendapatkan penawaran terbaik, seperti kafe murah di gang kecil, supermarket dengan harga terjangkau, atau museum, galeri seni, atau taman indah untuk dinikmati.

Selain itu, biaya akomodasi Anda dapat dikurangi karena seringkali penawaran lebih murah bisa dinegosiasikan untuk menginap dalam jangka waktu yang lebih lama.

  1. Lakukan penelitian sebelum pergi

Sudah banyak pelancong yang tiba di suatu tempat tanpa mengetahui apa-apa tentang tempat tersebut atau kemana seharusnya mereka pergi. Maka dari itu, setelah Anda memiliki pengetahuan tentang suatu tempat, Anda dapat fokus pada aspek-aspek yang paling Anda nikmati, apakah itu kota bersejarah atau daerah alam yang menakjubkan.

Anda akan menghemat banyak uang dengan tidak jalan-jalan  tanpa arah atau membayar mahal untuk seorang pemandu wisata. Dengan demikian, kunjungan Anda akan menjadi lebih bermanfaat.

  1. Buat anggaran perjalanan

Jika Anda ingin bepergian dalam jangka panjang dan menjelajahi dunia, Anda perlu menjaga keuangan Anda agar tidak kehabisan uang di tengah perjalanan.

Penting juga untuk memiliki anggaran perjalanan dan berusaha untuk mematuhinya. Kemudian selalu catat pengeluaran Anda setiap hari agar tahu uang yang harus disisakan di hari berikutnya.

Selain itu, jangan lupa buat anggaran Anda realistis. Jika anggaran rata-rata dalam seminggu mencapai batas, maka Anda sedang berada pada jalur untuk menjadi pelancong hemat yang sukses.

Anda akan menghemat banyak uang dengan tidak jalan-jalan tanpa arah (unsplash)
  1. Rencanakan dengan baik

Ini adalah hal yang kontroversial karena ada dua pandangan mengenai ini. Beberapa orang lebih suka merencanakan semuanya secara spontan tanpa jadwal yang pasti. Orang lain suka merencanakan perjalanan mereka secara rinci hari demi hari tanpa adanya fleksibilitas sama sekali.

Memang terdapat manfaat dari fleksibilitas karena dapat memiliki pilihan untuk tinggal lebih lama di tempat yang Anda sukai, atau pergi jika tempat itu mengecewakan.

Fleksibilitas juga menjadi menyenangkan ketika bisa mengubah rencana secara tiba-tiba jika ada kesempatan luar biasa yang muncul yang sering kali terjadi di perjalanan.

Namun, kerugian dari fleksibilitas adalah Anda akan membayar lebih mahal untuk penerbangan atau seringkali transportasi domestik jika Anda membeli tiket secara mendadak.

Selain tips frugal travel, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi