Jenis Sushi yang Aman untuk Ibu Hamil: Sehat dan Bebas Merkuri

| 29 Oct 2023 20:25
Jenis Sushi yang Aman untuk Ibu Hamil: Sehat dan Bebas Merkuri
Jenis sushi yang aman untuk ibu hamil (unsplash)

ERA.id - Ketika sedang hamil, makanan yang aman dan sehat menjadi sangat penting. Susahnya, Anda seringkali tidak disarankan memakan sushi ketika sedang mengandung. Kabar baiknya terdapat beberapa jenis sushi yang aman untuk ibu hamil.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan jenis-jenis sushi yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, serta makanan yang perlu dihindari untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi yang dikandung.

Sushi apakah aman untuk ibu hamil?

Dilansir dari laman AI Care, Makanan mentah dapat meningkatkan risiko terpapar bakteri atau merkuri yang berbahaya. Wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 2-3 porsi ikan setiap minggu, tetapi harus berhati-hati dalam memilih jenis ikan.

Penting untuk Anda ketahui, beberapa ikan mengandung tingkat merkuri yang berbahaya bagi perkembangan janin.

Namun bagi pecinta sushi, Anda masih dapat menikmati hidangan favorit Anda. Tidak semua sushi terbuat dari ikan mentah, beberapa di antaranya menggunakan ikan yang dimasak setengah matang atau matang.

Sushi apakah aman untuk ibu hamil (unsplash)

Jenis Sushi yang Aman untuk Ibu Hamil

Kabar baiknya adalah Anda bisa makan beberapa sushi roll saat hamil. Sushi yang dimasak (dengan seafood) serta roll sayuran aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.

Healthline merekomendasikan agar wanita hamil mengkonsumsi setidaknya dua porsi ikan rendah merkuri, seperti salmon, lele, dan ikan berlemak lainnya serta kerang yang mengandung asam lemak omega-3, setiap minggu.

Tapi sebelum Anda memilih salmon roll, pastikan jika sudah dimasak. Hal tersebut karena Anda perlu melindungi diri dan bayi Anda dari merkuri dan listeria.

Ketika memilih sushi roll dengan seafood yang dimasak, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) mengatakan kepada wanita hamil untuk menghindari ikan dengan merkuri tinggi sebagai berikut:

●        ikan pedang

●        ikan kerapu

●        mackerel raja

●        marlin

●        orange roughy

●        hiu

●        tuna mata besar

Perlu diketahui, ikan yang tinggi kandungan merkurinya cenderung memiliki tingkat merkuri lebih dari 0,3 bagian.

Salah satu rekomendasi sushi yang aman untuk ibu hamil adalah California roll (yang merupakan salah satu sushi roll yang lebih populer) seringkali terbuat dari daging kepiting palsu.

California roll menggunakan jenis daging kepiting yang dimasak dan terbuat dari ikan rendah merkuri, biasanya dianggap aman bagi wanita hamil untuk dikonsumsi.

Kemudian ketika berbicara tentang sushi roll dengan seafood, pastikan untuk menanyakan tentang bahan-bahannya. Anda mungkin berpikir hanya mendapatkan daging kepiting atau udang, tetapi mungkin ada jenis ikan lain di dalamnya yang mengandung merkuri tinggi.

Beberapa sushi roll yang biasa dimasak yang mungkin Anda temui di menu termasuk:

●        California roll

●        ebi roll (udang)

●        unagi roll (belut matang)

●        sushi roll ayam pedas

●        sushi roll kepiting pedas

●        sushi roll udang pedas

●        sushi roll ayam katsu

Selain itu, terdapat beberapa sushi roll vegan umum yang mungkin Anda temui di menu termasuk:

●        cucumber maki roll

●        cucumber avocado roll

●        shiitake mushroom roll

●        rol Futomaki (ketika vegan)

Selain jenis sushi yang aman untuk ibu hamil, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi