6 Tips Mencuci Pakaian agar Warna Tidak Pudar dan Kusut

| 29 Oct 2023 07:15
6 Tips Mencuci Pakaian agar Warna Tidak Pudar dan Kusut
Ilustrasi pakaian berwarna tajam (pexels)

ERA.id - Warna pudar pada pakaian membuat penampilan jadi kurang maksimal. Masalah ini bisa terjadi terjadi karena cara mencuci yang kurang tepat. Tips mencuci pakaian agar warna tidak pudar perlu Anda coba.

Ada beberapa hal yang jadi pemicu warna pudar setelah dicuci, pertama adalah penggunaan detergen yang tidak cocok dengan kain pakaian. Penyebab lainnya adalah cara pengeringan yang kurang tepat, baik alami maupun menggunakan mesin.

Penyebab lain warna pakaian pudar adalah mengucek terlalu keras. Pengucekan bisa membuat noda menempel hilang, tetapi warna pakaian juga bisa rusak.

Masalah lain yang terjadi saat mencuci pakaian berwarna adalah warna salah satu pakaian luntur kemudian mengotori pakaian lainnya. Hal ini bisa terjadi karena pakaian tidak dipisahkan saat pencucian.

Ilustrasi warna pakaian luntur (pexels)

Tips Mencuci Pakaian agar Warna Tidak Pudar

1. Cek label pakaian

Sebelum mencuci, cek label pakaian terlebih dahulu. Label baju biasanya ada di bagian kerah, sedangkan celana ada di bagian samping dalam. Pengecekan label bisa membuat Anda tahu panduan atau anjuran pencucian pakaian tersebut yang disesuaikan dengan jenis kainnya.

2. Pisahkan pakaian berwarna

Anda perlu memisahkan pakaian berwarna cerah, pakaian putuh, dan pakaian berwarna gelap. Hal ini dilakukan untuk mencegah pakaian kelunturan warna pakaian yang lain. Anda juga sebaiknya tidak mencuci pakaian yang baru di beli bersama pakaian lama. Kotoran atau warna pakaian baru lebih mudah luntur dan hal ini bisa mengotori pakaian lainnya.

3. Pakaian dibalik

Setelah dipisahkan berdasarkan ketentuan, balik pakaian tersebut sebelum merendamnya dengan air yang bercampir detergen. Pembalikan pakaian dilakukan untuk melindungi warna luar pakaian dan sablonan pada bagian luar pakaian.

4. Menggunakan air dingin

Perendaman sebaiknya dilakukan dengan air dingin. Mencuci pakaian dengan air panas menyebabkan pakaian kusut dan warna pakaian pudar. Jika Anda merendam pakaian berwarna, gunakan detergen khusus untuk pakaian berwarna, jangan gunakan pemutih pakaian.

5. Jemur di tempat teduh

Sinar Matahari bisa membantu pakaian untuk cepat kering, tapi sebaiknya pakaian tidak dijemur di bawah sinar Matahari secara langsung. Jemur pakaian di tempat yang teduh untuk mencegah warna pakaian memudar. Sinar UV Matahari bisa merusak warna pakaian dan membuatnya lebih kusut.

6. Pilih detergen yang tepat

Detergen sangat berpengaruh terhadap warna pakaian. Detergen yang tepat bisa membuat warna pakaian tidak mudah pudar. Anda bisa menggunakan detergen yang mengandung bright activator dan oksigen aktif untuk pakaian berwarna.

Bright activator dan oksigen aktif adalah kandungan yang bisa mempertahankan warna pakaian. Kedua kandungan tersebut bisa menyerap ke dalam serat kain dan ampuh mengangkat noda.

Kemudian, gunakan detergen dengan busa yang sedikit atau tuangkan detergen secukupnya saja agar tidak terlalu berbusa. Busa yang tidak banyak membuat Anda tak perlu mengucek dan membilas secara berlebihan. Anda bisa memilih detergen cair agar tidak ada bubuk detergen yang tersisa di pakaian.

Itulah berbagai tips mencuci pakaian agar warna tidak luntur. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi